Wisata Curug Kembar Pamarican Ciamis Mulai Dikembangkan

Wisata Curug Kembar Pamarican Ciamis Mulai Dikembangkan
Pemerintah Desa Pamarican, Kabupaten Ciamis, bersama warga mengembangkan Curug Kembar untuk dijadikan destinasi wisata desa. Foto:Suherman/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Pemerintah Desa Pamarican, Kabupaten Ciamis, bersama warga mengembangkan Curug Kembar untuk dijadikan destinasi wisata desa.

Curug Kembar merupakan lokasi wisata yang berada di Dusun Golempang Desa/Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis.

Lokasi wisata alam tersebut, tidak jauh dari pusat kota kecamatan Pamarican.

Wisatawan hanya cukup menempuh perjalanan sekitar 2 kilometer dari pusat kecamatan menuju arah Cikupa.

Setelah sampai di area parkir, wisatawan bisa berjalan kaki atau menaiki kendaraan roda dua sejauh kurang lebih 500 meter.

Perangkat Desa Pamarican Asep Zaenal Aripin, mengatakan, pihaknya saat ini tengah menata lokasi Curug Kembar untuk dijadikan destinasi wisata desa.

Menurutnya, berdasarkan hasil kesepakatan bersama, pihaknya saat ini tengah mulai mengembangkan lokasi wisata curug kembar.

“Kami juga telah melakukan koordinasi dengan pihak Perhutani, karena lokasinya ada di perkebunan milik perum Perhutani, Insyaallah dalam waktu dekat lokasi ini akan kita tata agar wisatawan bisa nyaman saat berkunjung kesini,” ujarnya, Rabu (2/12/2020).

Asep berharap, dengan penataan lokasi wisata curug kembar tersebut, akan mampu menjadi daya tarik wisatawan sehingga bisa menciptakan PAD.

Menurutnya, di lokasi wisata tersebut, nantinya wisatawan tidak hanya sekedar menikmati keindahan curug serta panorama alam yang membentang luas, namun ada beberapa lokasi yang akan kita kembangkan lagi.

“Seperti lokasi Sumur Bandung, Pasir Panenjoan, serta situs budaya Pamalayan. Lokasi lokasi ini jaraknya berdekatan atau bisa dikatakan satu paket, jadi nanti wisatawan bisa berjalan jalan sambil menikmati alam,” kata Asep.

BPD Pamarican Dukung Pengembangan Curug Kembar

Sementara itu, Ketua BPD Desa Pamarican, Iip Hadi Priatna mengaku sangat mendukung apa yang tengah dilakukan oleh pemdes Pamarican, termasuk warga Golempang yang dalam hal ini mereka secara sukarelawan membuka dan menata Curug Kembar untuk dijadikan lokasi wisata.

“Mudah mudahan lokasi wisata ini bisa berkembang, karena kita juga melihat potensi ya sangat besar,” ungkapnya.

Saat ini lanjut Iip, warga baru memulai menata lokasi baik di lokasi curug maupun akses jalan menuju curug.

“Insyaallah awal tahun 2021, lokasi curug kembar Pamarican ini sudah bisa kita buka untuk wisatawan,” terangnya. (Suherman/R8/HR Online)

Editor: Jujang

Aegis Boost Pro