Wisata Wayang Windu Panenjoan, Spot Menarik dan Harga Tiket Masuk

Wisata Wayan Windu Panenjoan
Wisata Wayan Windu Panenjoan. Foto: m.youtube.com

Wisata Wayang Windu Panenjoan salah satu destinasi wisata alam dengan keasrian perkebunan teh yang sangat sejuk. Bagi anda yang berkunjung ke Pangalengan Bandung, maka jangan lupa untuk singgah di Gunung Kembar Wayang Windu Panenjoan.

Selain memiliki suasana yang sejuk, kawasan ini juga menyuguhkan panorama sunset yang sangat mempesona. Pangalengan yang berada di Selatan Bandung tidak hanya terkenal sebagai penghasil susu murni dengan kualitas tinggi. Akan tetapi, juga terkenal dengan keindahan alam yang sangat indah.

Salah satu destinasi liburan yang wajib anda kunjungi pada kawasan ini adalah Wayang Windu Panenjoan, yang berlokasi di tengah perkebunan teh yang terhampar luas layaknya permadani.

Wisata Wayang Windu Panenjoan

Wayang Windu Panenjoan merupakan salah satu destinasi liburan yang masih satu kawasan dengan Wayang Windu Bike Park. Ini merupakan wisata alam Kota Bandung yang menyajikan pemandangan dengan hamparan perkebunan teh Kertamanah yang hijau.

Baca Juga : Gua Paling Angker di Pulau Jawa untuk Menguji Adrenalin

Selain itu, wisata ini juga menyuguhkan pemandangan sunset yang sangat mempesona yang disertai dengan kabut senja yang romantis. Wayang Windu Panenjoan berlokasi di Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

Daya Tarik Wisata Wayang Windu Panenjoan

Tidak hanya menyuguhkan keindahan alam yang berupa hamparan kebun teh yang asri. Destinasi wisata satu ini juga memiliki pemandangan sunset yang sangat menawan.

Dengan perpaduan kebun teh yang layaknya permadani hijau yang dihias kabut, semakin membuat nuansa terkesan romantis. Berwisata ke Wayang Windu Panenjoan dengan udara yang sangat sejuk, semakin membuat pengunjung betah berada di kawasan ini.

Wayang Windu Panenjoan merupakan salah satu pilihan tepat bagi anda yang mencintai ketinggian. Lokasi wisata ini terdapat pada ketinggian antara 1600 hingga 1800 mdpl, sehingga mampu menghadirkan hawa yang sangat sejuk.

Selain itu, destinasi wisata Wayang Windu Panenjoan berada antara dua gunung, yakni Gunung Wayang dan Gunung Windu.  Panenjoan sendiri berasal dari kata berbahasa Sunda yang berarti “Penglihatan”.

Hal yang menarik dari destinasi wisata alam ini adalah adanya jembatan kayu yang membentang pada tengah-tengah kebun teh. Jembatan ini menjadi salah satu latar berfoto paling favorit para wisatawan.

Baca Juga: Gua Lalay Majalengka, Pesona Wisata Alam Sudana di Balik Mitosnya

Selain memiliki lokasi yang nyaman dan sangat instagramable, wisata Wayang Bukit Panenjoan juga mempunyai kelengkapan fasilitas tambahan.

Hal menarik lain, Wayang Windu Panenjoan juga terkenal sebagai lokasi untuk olahraga sepeda gunung. Kawasan ini sering terselenggara kejuaraan olahraga sepeda.

Kejuaraan ini diikuti peserta dari berbagai kota seperti Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Jakarta. Bagi para pengunjung yang gemar bersepeda gunung, maka dapat mencoba pengalaman trek pada kawasan wisata Wayang Windu Mountain Bike Park Pangelengan.

Melalui trek ini, para pengguna akan memperoleh pengalaman yang berkesan saat naik sepeda. Anda akan memperoleh pengalaman bersepeda dengan berkeliling kebun teh yang sangat sejuk dan asri.

Dengan hadirnya beragam fasilitas tersebut, membuat liburan semakin seru dan berkesan. Fasilitas tersebut antara lain area berkemah, ATV, gazebo, spot foto, gardu pandang, mushola, dan lain sebagainya.

Rute Wisata Wayang Windu Panenjoan

Kawasan destinasi wisata ini terletak kurang lebih sekitar 65 km dari pusat Kota bandung, Dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam perjalanan.

Bagi para pengunjung yang memakai tol Purbaleunyi, bisa keluar GTO Moh Toha. Kemudian ambil jalur kanan serta lanjutkan perjalanan menuju arah Pangalengan, Kabupaten Bandung. Wayang Windu Panenjoan buka setiap hari selama 24 jam.

Harga Tiket Masuk Wisata Wayang Windu Panenjoan

Harga tiket masuk dari destinasi wisata ini cukup terjangkau. Para pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 10 ribu per orang.

Bagi anda yang ingin menyewa gazebo, anda hanya perlu menambah biaya Rp 20 ribu per jam. Sedangkan untuk pengunjung yang ingin berkemah, maka akan dikenakan tarif senilai Rp. 40 ribu per orang.

Baca Juga : The Lodge Maribaya, Wisata dengan Berbagai Wahana Ekstrem yang Unik

Selama masa pandemi, wisata Wayang Windu Panenjoan selalu menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Seperti adanya pengecekan suhu tubuh pada setiap pengunjung yang datang dengan batas tertentu. Selain itu, pengunjung juga wajib untuk mencuci tangan, menggunakan masker, serta saling jaga jarak dengan tiap pengunjung lainnya. (R10/HR-Online)

Editor : Dadang