16 Nakes Puskesmas Puspahiang Terpapar Covid-19, Layanan Tutup

Puskesmas Puspahiang
Pelayanan Puskesmas Puspahiang Tasikmalaya tutup sementara karena Nakes Covid-19. foto: Apip/HR

Berita Tasikmalaya (Harapanrakyat.com),- 16 tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, terkonfirmasi positif Covid-19. Akibatnya untuk sementara pelayanan kesehatan tutup beberapa hari kedepan.

Selama tutup, petugas akan melakukan sterilisasi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu juga melakukan tracing kontak erat terhadap para nakes agar virus corona tidak menyebar luas.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya, Atang Sumardi, membenarkan 16 Nakes Puskesmas Puspahiang positif corona.

Atang menjelaskan 16 Nakes tersebut adalah bidan, perawat dan pegawai administrasi puskesmas.

“Untuk pelayanan kesehatan kami alihkan sementara ke Puskesmas Taraju dan Puskesmas Salawu,” kata Atang melalui sambungan telepon, Jumat (22/1/2021).

Menurut Atang, dalam dua minggu ini sedikitnya ada 3 puskesmas yang sempat tutup sementara karena nakes yang positif Covid-19. Yakni Puskesmas Salawu, Puskesmas Manonjaya dan yang baru adalah Puskesmas Puspahiang.

“Untuk Puskesmas Salawu dan Puskesmas Manonjaya kini sudah buka berjalan normal, melaksanakan pelayanan seperti biasa.  Untuk puskesmas yang sekarang masih tutup sampai beberapa hari mendatang,” jelas Atang.

Langkah selanjutnya, petugas juga kini harus melaksanakan kontak tracing terhadap beberapa warga yang sempat melakukan kontak erat dengan para Nakes tersebut. Selama proses itu diharapkan masyarakat melaksanakan isolasi mandiri dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Guna mencegah penularan semakin menyebar. (Apip/R9/HR-Online)

Editor: Dadang