4 Nakes Positif Corona, Satu Puskesmas di Tasikmalaya Tutup Pelayanan

4 Nakes Positif Corona Satu Puskesmas di Tasikmalaya Tutup Pelayanan
Pelayanan Puskesmas Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, yang akan tutup sementara mulai Senin (25/1/2021), setelah 4 nakes positif Corona. Foto : Ist/Net

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Puskesmas Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mulai Senin (25/1/2021), tutup sementara setelah empat tenaga kesehatan atau nakes positif Corona.

“Iya, 4 orang nakes yang positif Covid-19 yaitu tenaga medis dan para medis,” ucap Kepala Puskesmas Rajapolah, Engkun, Minggu (24/1/2021).

Lebih lanjut Engkun mengatakan, awalnya pelayanan puskesmas tetap berjalan atau tetap buka.

Akan tetapi, setelah melakukan penelusuran terhadap 4 orang nakes yang positif Corona itu, ternyata banyak yang kontak erat. Dan itu tidak mungkin untuk melaksanakan pelayanan.

“Sehingga pada hari Senin besok akan dilakukan swab massal ke seluruh karyawan puskesmas. Dan pelayanan puskesmas pun akan tutup sementara waktu,” katanya.

Engkun mengungkapkan, bahwa para tenaga kesehatan tersebut, terpapar dari pasien positif yang sedang dirawat di puskesmas.

“Klaster pegawai puskesmas itu, penularan dari pasien yang tengah menjalani perawatan di Puskesmas Rajapolah. Karena kita sedang merawat yang positif Covid-19,” ungkapnya.

Sementara dari 4 orang nakes yang positif Corona ada yang tidak bergejala dan juga bergejala.

“Untuk yang bergejala itu merasakan flu dan mati rasa dari indra penciuman,” ucapnya.

Sedangkan untuk penutupan pelayanan puskesmas, Engkun belum bisa memastikan sampai kapan. Karena menunggu dulu hasil tes swab dari seluruh pegawainya.

“Jika swab test hari Sabtu kemarin, Rumah Sakit SMC kan tutup. Sehingga paling pemeriksaan tes tersebut hari Senin, kemudian hasilnya akan keluar antara Selasa dan Rabu,” katanya.

Kemudian jika hasil tes swab keluar hari Rabu dan 4 akes yang positif Corona tersebut ternyata negatif, maka pelayanan Puskesmas Rajapolah segera dibuka kembali.

“Karena tidak sedikit masyarakat yang membutuhkan pelayanan dari kami,” pungkasnya. (Apip/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto