4 SD di Ciamis Terdampak Bencana, Usia Bangunan Lebih dari 10 Tahun

SD di Ciamis Bencana
Asep Saeful Rahman, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Musim hujan yang mengguyur Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, beberapa Minggu ini membuat sejumlah Sekolah Dasar (SD) terkena bencana. Mulai dari atap sekolah yang ambruk sampai benteng sekolah jebol.

“Benar dari mulai cuaca ekstrim yang melanda Kabupaten Ciamis beberapa minggu ini, ada 4 sekolah yang terdampak. Dari mulai atap sekolah yang ambruk dan benteng jebol,” terang  Plt Kepala Dinas Pendidikan, Asep Saeful Rahman, kepada HR Online, Kamis (14/1/2021).

Keempat sekolah yang terdampak bencana tersebut adalah SDN 1 Sukadana, SDN 4 Gunung Cupu, SDN Margamulya, dan SDN 2 Sindangsari.   

“Kalau dianalisis dari semua kejadian yang terjadi, bangunan yang terkena dampak hujan bangunannya sudah berusia lebih dari 10 tahun. Sehingga tidak bisa menopang curah hujan yang terus mengguyur Kabupaten Ciamis,” katanya.

Untuk menindaklanjuti kejadian tersebut, lanjut Asep, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis langsung melakukan rapat koordinasi bersama seluruh korwil di Ciamis. Koordinasi tersebut untuk mendata sekolah yang memang bangunannya sudah lebih dari 10 tahun.

“Kita menginstruksikan kepada seluruh korwil kecamatan untuk mendata sekolah yang bangunannya sudah lebih dari 10 tahun. Setelah mendapatkan laporan kita langsung ke lapangan untuk mengecek lokasi bangunan sekolah bersama Dinas PUPR. Untuk mengetahui apakah bangunannya layak atau tidak,” ucapnya.

Asep berharap, kejadian rusaknya bangunan tidak terjadi kembali dan cuaca ekstrem segera berakhir. “Agar tidak ada bangunan SD di Ciamis yang rusak akibat bencana alam,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

Aegis Boost Pro