6.200 Vaksin Covid-19 Untuk 3.100 Tenaga Medis di Tasikmalaya

Vaksin Sinovac Tiba untuk tenaga medis di Tasikmalaya
Vaksin Sinovac Tiba untuk tenaga medis di Tasikmalaya, Rabu (27/1/2021). Foto: Apip/HR

Berita Tasikmalaya (Harapanrakyat.com),- Sebanyak 6.200 vaksin Sinovac sampai di Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (27/1/2021) pukul 10.20 WIB. Vaksin tahap awal ini prioritas untuk 3.100 tenaga medis Tasikmalaya, TNI dan Polri.  

Vaksin disimpan di Gedung Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKKP) Tasikmalaya dengan pengawalan ketat dari Polres Tasikmalaya. Pemprov Jawa Barat mengirimkan vaksin untuk Kabupaten Tasikmalaya ini menggunakan mobil boks logistik berpendingin. Kemudian petugas langsung memasukkannya ke ruangan berpendingin.

Dalam waktu dekat, Pemkab Tasikmalaya akan segera menyalurkan vaksin Sinovac ini untuk 40 Unit Perangkat Teknis Puskesmas. Selain itu juga untuk 9 layanan fasilitas kesehatan (Faskes) penunjang. Sebab, prioritas untuk tenaga medis Tasikmalaya.

Kadis Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya Heru Suharto mengatakan, vaksin Covid-19 dari Pemprov Jawa Barat ini sebanyak 6.200. 

“Dalam tahap awal ini, proses vaksinasi untuk para tenaga medis sebanyak 3.100 orang. Sisanya untuk TNI, Polri dan selanjutnya masyarakat. Kita juga akan mendistribusikannya ke 40 puskesmas dan 9 klinik wilayah Kabupaten Tasikmalaya,” ucapnya.

Dalam proses vaksinasi, Pemkab Tasikmalaya telah melakukan berbagai persiapan untuk vaksinasi Covid-19. Terutama proses simulasi yang telah dilakukan di setiap puskesmas dan fasilitas kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi.

“Kita telah melaksanakan simulasi dan sudah mempersiapkan segalanya. Termasuk tempat atau fasilitas kesehatan penunjang untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk tenaga medis di Tasikmalaya,” pungkasnya. (Apip/R9/HR-Online)

Editor: Dadang