Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruAdab Membaca Al-Quran yang Baik dan Benar Sesuai Ajaran Islam

Adab Membaca Al-Quran yang Baik dan Benar Sesuai Ajaran Islam

Adab membaca Al-Quran adalah suatu aturan saat kita hendak membaca kitab suci tersebut. Sudah sepatutnya jika kita harus mengetahui hal tersebut.

Membaca Al-Quran juga akan bernilai ibadah dan kita mendapat pahala apabila kita membacanya dengan baik dan benar. Meski bisa terbilang akan sekedar membaca, tapi ada kekuatan luar biasa yang akan kembali kepada kita.

Kitab Allah ini adalah kitab terakhir yang Allah SWT turunkan kepada nabi akhir zaman, yaitu Baginda Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril.

Kitab suci tersebut turun secara berangsur-angsur, yakni 22 tahun, 2 bulan, 22 hari. Mulai dari 17 Ramadhan tahun 41 sampai 9 Dzulhijjah. Maa Syaa Allah. Betapa istimewanya kitab ini, karena ada hari khusus dalam Islam untuk memperingati turunnya Al-Quran, yaitu Nuzulul Quran.

Nah, supaya bacaan kita semua bernilai ibadah serta mendapatkan imbalan dari Allah SWT berupa pahala, hal utama yang paling penting adalah bagaimana adab membaca Al-Quran kita?

Baca juga: Adab dan Keutamaan Berdoa dalam Islam

Inilah Adab Membaca Al-Quran yang Harus Kita Ketahui

Tanpa kita sadari dan kita rasakan bahwa ternyata adab kita dalam membaca kitab suci itu masih kurang tepat atau kurang sempurna. Padahal hal tersebut akan berpengaruh terhadap penilaian Allah SWT terhadap kita.

Nah, supaya kita juga mendapatkan berkahnya, berikut ini adab membaca Al-Quran dan menurut Islam.

Sedang Dalam Keadaan Suci

Dalam sebuah kitab, Imam Haromian menyatakan bahwa “Orang yang membaca Al-Quran dalam keadaan najis, berarti ia tidak mengerjakan yang makruh, tetapi malah justru meninggalkan yang utama” (At-Tibyan halaman 58-59).

Dalam adab membaca Al-Quran, kita harus dalam keadaan yang suci. Namun masih boleh membaca dalam keadaan najis, tapi bukan najis mugholadzoh.

Membaca dengan Tartil, Pelan dan Tidak Tergesa-gesa

Sebagian sahabat membenci khatam membaca kitab suci ini dalam waktu sehari semalam. Pasalnya, hal tersebut akan mengakibatkan bahwa ketika membaca kita akan tergesa-gesa.

Adab membaca Al-Quran ini juga memiliki dukungan berupa hadits yang telah diriwayatkan oleh Ahmad yang berbunyi “Siapapun yang membaca Al-Quran (khatam) kurang dari tiga hari, berarti dia tidak memahaminya” (HR. Ahmad).

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam juga telah memerintahkan kepada Abdullah Ibnu Umar untuk merampungkan membaca Al-Quranya (khatam) selama satu minggu atau 7 hari (HR. Bukhari Muslim). Hal ini juga telah dilakukan oleh Abdullah bin Mas’ud, Utsman bin Affan, dan Zaid bin Tsabit.

Membaguskan Suara Saat Membaca

Dalam sebuah hadits, Baginda Muhammad SAW bersabda:

Maksudnya, jika membaca Al-Quran, hendaknya susunan bacaannya jelas dan benar makhorijul hurufnya, panjang pendeknya, dan juga tidak keluar dari kaidah dan aturan tajwid. Hal yang paling penting dalam adab membaca Al-Quran yang satu ini, kita tidak perlu melenggak-lenggokan suara.

Diawali dengan Isti’adzah

Dalam membaca kitab suci ini kita tidak boleh mengganggu orang yang sedang sholat dan juga tidak perlu membaca dengan suara keras atau di depan orang banyak. Bacalah dengan suara yang rendah dan rilih secara khusyu’.

Allah Tuhan semesta alam telah berfirman dalam Quran surat An-Nahl ayat 98 yang artinya: “Jika kamu sekalian membaca Al-Quran, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk.”

baca juga: Adab Memotong Kuku Berdasarkan Sunnah yang Akan Membawa Berkah

Keutamaan Membaca Al-Quran

Al-Quran sendiri merupakan kitab yang terdiri dari 114 surat, 6.236 ayat, dan 30 Juz. Ketika kita membaca kitab Allah dengan baik dan benar sesuai adab membaca Al-Quran, maka wahyu Allah ini akan memberikan kita petunjuk jalan yang lurus dan juga bimbingan kepada siapapun yang membacanya.

Kanjeng Nabi Muhammad SAW bersabda “Sebaik-baik kalian adalah yang mau belajar Al-Quran dan mengamalkannya” (HR. Bukhari).

Seseorang tidak akan pernah rugi sedikitpun karena membaca Al-Quran. Justru satu huruf akan berlipat ganda dengan sepuluh kebaikan. Maa syaa Allah, dengan kita membaca bacaan basmallah pun kita sudah mendapatkan berlipat-lipat kebaikan.

Seperti yang telah Allah firmankan dalam surat Fatir 29-30.

Setelah anda mengetahui bagaimana adab membaca Al-Quran yang baik dan benar, mulai sekarang mari kita amalkan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -