Akhlak Kepada Orang Tua Sebagai Bukti Bakti Dalam Ajaran Agama

Akhlak Kepada Orang Tua Sebagai Bukti Bakti Dalam Ajaran Agama
Ilustrasi akhlak kepada orang tua. Foto: brilio

Akhlak kepada orang tua sudah menjadi hal wajib yang anak lakukan. Sebab, banyak sekali yang orang tua berikan bahkan anak pun tidak bisa membalasnya.

Orang tua merupakan pasangan yang sudah memberikan jiwa dan raganya untuk mengasuh, mendidik, dan membesarkan tanpa pamrih. Maka dari itu, sebagai anak, perlu membalas jasa-jasanya dengan akhlak.

Akhlak terpuji merupakan segala sesuatu yang berkaitan, mulai dari perbuatan dan perkataan. Selain itu, perasaan yang dapat meningkatkan iman dan mendapatkan pahala.

Dalam agama Islam, perintah menghormati orang tua menjadi kewajiban anak. Maka dari itu, sebagai seorang anak menjalankan akhlak yang baik terhadap orang adalah wajib.

Sehingga anda perlu melakukannya dengan ikhlas dan penuh kasih sayang. Sebenarnya ada beberapa macam akhlak terpuji yang bisa anda lakukan terhadap kedua orang tua.

Kedua orang tua memiliki jasa yang cukup banyak dari melahirkan hingga anak tumbuh dewasa. Bahkan kedua orang tua mampu bertaruh nyawa demi anak.

Lantas bagaimana cara anda menerapkan akhlak kepada orang tua dalam kehidupan sehari-hari? Namun, sayangnya saat ini sudah banyak anak yang tidak melakukan hal tersebut.

Bahkan sudah banyak terdengar jika hubungan antara anak dan orang tua tidak seharmonis dulu. Tidak sedikit anak yang melawan dan berkata kasar terhadap orang tuanya.

Sebagai umat Islam, anda perlu mempelajari apa saja akhlak yang sesuai dengan Al Qur’an dan hadits. Dengan mengetahuinya, anda bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

baca juga: Nama Malaikat Beserta Tugasnya, Wajib Diketahui dan Diimani

Bentuk Akhlak Kepada Orang Tua

Berbakti kepada orang tua atau dalam agama Islam memiliki istilah birrul walidain. Birrul walidain merupakan sesuatu kewajiban yang diperintahkan Allah SWT dalam agama Islam.

Maka dari itu, sebagai umat Islam berbakti dan berbuat baik kepada orang tua bukan hanya memenuhi norma saja, melainkan mentaati perintah Allah SWT dan Rasul. Bahkan hal ini sudah tertulis jelas dalam Alqur’an bukan sekedar anjuran saja. Sehingga memiliki hukum wajib.

Bagi anda yang belum tahu bagaimana cara melakukan perintah Allah SWT ini, cara yang bisa dilakukan. Sebab, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuktikan ketaatan akan perintah Allah SWT yang satu ini.

Berkata Sopan

Bentuk akhlak kepada orang tua yang pertama yaitu dari segi ucapannya. Sebaiknya anda selalu berkata sopan dan penuh kelembutan.

Selain itu, sebaiknya anda hindari kata-kata yang menyakiti perasaan orang lain. Seperti pada firman Allah SWT yang mengatakan jika memerintahkan untuk menyembah Allah SWT.

Selain itu, berbuatlah baik pada ibu bapak dengan sebaik-baiknya. Bahkan ada juga hadist yang menjelaskan jika larangan memperdengarkan kepada orang tua perkataan buruk.

Bahkan hanya sekedar kata “ah” yang menjadi tingkatan kata paling buruk. Maka sebaiknya sebagai anak perlu memahami akan arti akhlak yang baik.

Bersikap Tawadhu’

Akhlak kepada orang tua selanjutnya yaitu bersikap tawadhu’ penuh kasih sayang. Allah SWT berfirman dalam QS Al Isra: 24 yang intinya rendahkanlah diri terhadap kedua orang tua dengan penuh kasih sayang.

Sehingga tetap memberikan rasa kasih sayang dengan ucapan “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”.

Mengutamakan Kepentingan Orang Tua

Akhlak kepada orang tua juga bisa anda lakukan dalam mengutamakan kepentingannya daripada diri sendiri. Sehingga sebaiknya anda tidak mendahului seperti makan, minum, maupun yang lainnya.

Dalam dalilnya terdapat 3 orang yang ber-tawassul dengan amalan salih. Salah satunya yaitu dengan beramal baik terhadap orang tua.

Jaga Kehormatan

Selain perkataan, anda juga perlu menjaga kehormatan terhadap orang tua. Sehingga bersikaplah baik dan selalu menjaganya.

Dari Abdullah bin Umar ra menjelaskan jika Rasulullah SAW bersabda intinya jika haram atas sesama darah kalian (untuk ditumpahkan) serta kehormatan untuk dirusak.

baca juga: Surga di Telapak Kaki Ibu, Kiasan Kata yang Penuh Makna

Tidak Meninggikan Suara

Menghormati orang tua memang menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang anak. Sehingga untuk menghormatinya, jangan sampai meninggikan suara.

Sebab, hal tersebut bisa menyakiti hati orang tua. Sebagaimana para sahabat yang merendahkan suara dan pandangan tajam sebagai bentuk penghormatan terhadap Rasulullah SAW.

Akhlak kepada orang tua menjadi salah satu kewajiban seorang anak. Ada banyak cara yang bisa anda terapkan mulai dari perkataan hingga perbuatan. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid