Akibat Hujan Deras, TPT Irigasi di Ciamis Longsor Timpa 1 Rumah

TPT Irigasi di Ciamis
TPT irigasi Nusawiru di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, longsor dan menimpa rumah warga, Selasa (12/1/2021). Foto: Ferry/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Akibat hujan deras yang mengguyur daerah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menyebabkan tembok penahan tebing (TPT) irigasi Nagawiru di Sumur Bandung, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, longsor. Bukan itu saja, TPT irigasi di Ciamis tersebut menimpa salah satu rumah milik warga, Selasa (12/1/2021).

Kepala Desa Karangkamulyan, Mochamad Abdul Haris mengatakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Karangkamulyan dan sekitarnya pada Selasa (12/1/2021) sore hari menyebabkan TPT irigasi Nagawiru longsor.

“Material longsor dari TPT tersebut menimpa rumah milik Tono Julianto, dan dapurnya ambruk karena beban dari material longsoran tersebut besar,” katanya.

Selain menimpa salah satu rumah warga, lanjut Haris, longsornya TPT irigasi Nagawiru ini juga mengancam satu rumah yang berada di atas tebing tersebut.

“Di atas TPT itu ada salah satu rumah, sedangkan di bawahnya itu ada madrasah, balai RW dan Posyandu. Semuanya terancam,” terangnya.

Dengan adanya kejadian tersebut, aparatur Desa Karangkamulyan bersama dengan Babinsa serta masyarakat setempat melakukan evakuasi dengan membersihkan material longsor.

“Kejadian ini telah kami laporkan kepada BPBD Ciamis untuk ditindak lanjuti. Penanganan sementara oleh warga dan Babinsa, untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan,” ucap Haris.

Haris mengimbau kepada seluruh masyarakat agar senantiasa selalu waspada terhadap segala bentuk bencana alam, mengingat saat ini musim hujan.

“Tetap waspada dan sigap. Karena saat ini cuacanya ekstrem hampir setiap sore hari diguyur hujan sampai tengah malam. Maka dari itu, selalu siaga untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam,” pungkasnya. (Feri/R7/HR-Online)

Editor: Ndu