Amal Ibadah Paling Utama di Bulan Ramadhan

Amal Ibadah Paling Utama
Ilustrasi Amal Ibadah Paling Utama. Foto: Getreligion

Amal ibadah paling utama yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan cukup banyak. Amal ibadah utama ini memiliki pahala lebih banyak berbeda dengan pada bulan-bulan biasanya.

Selain berpuasa selama 30 hari sebagai ibadah wajib umat muslim lakukan pada waktu itu, terdapat ibadah sunnah lainnya yang sebaiknya kita perbanyak.

Allah SWT memberikan keistimewaan yang sangat banyak serta peluang yang sangat besar bagi kita untuk memperbaiki diri.

Oleh karena itu, umat muslim sangat menantikan datangnya bulan ini, karena sangat istimewa hanya merasa senang karena kehadirannya saja sudah mendapat pahala.

Setiap kebaikan dalam akan mendapat pahala berlipat ganda, oleh karenanya akan menjadi kerugian besar kalau waktu-waktunya tidak kita manfaatkan untuk memperbanyak kebaikan.

baca juga: Amalan Setelah Sholat Subuh yang Biasa Rasulullah SAW Ajarkan

Beberapa Amal Ibadah Paling Utama

Karena keistimewaan dan pahalanya sangat besar, maka penting untuk kita mengetahui amalan apa Ramadhan apa saja yang paling utama.

Berikut ini beberapa amalan yang paling utama untuk kita lakukan di bulan Ramadhan supaya bisa mendapatkan berkah dan keutamaan yang besar.

Berpuasa

Berpuasa tentunya ibadah pertama dan paling utama saat Ramadhan, ini wajib kita lakukan sebagai umat muslim.

Pahala dari puasa sangat besar, salah satu yang paling besar adalah mendapat ampunan dosa di masa lalu seperti Rasulullah SAW sampaikan.

Tetapi, di samping keutamaan dan anugerahnya yang sangat besar ibadah ini termasuk memerlukan kesabaran ekstra.

Kesabaran dan keikhlasan benar-benar di uji untuk menahan hawa nafsu dan tidak melaksanakan kesalahan, tidak berbohong dan banyak lagi.

Shalat Malam

Terdapat tiga shalat malam yang harus kita lakukan saat Ramadhan, pertama Tarawih kemudian witir dan shalat di sepertiga malam terakhir atau tahajud.

Rasulullah tidak pernah meninggalkan ketiga shalat ini, oleh karenanya ini menjadi salah satu amal ibadah paling utama pada bulan ini.

Seperti dalam sabda Rasulullah SAW yang ada pada kitab hadist Imam Bukhari dan Muslim, melaksanakan shalat ini sama keutamaannya dengan berpuasa atau bisa mendapatkan ampunan dosa.

Semua ibadah ini hukumnya sunnah termasuk witir dan tahajud, tetapi meskipun kita lakukan di hari-hari biasa pahalanya sudah besar.

Nah, bagaimana kalau kita lakukan di bulan yang sangat istimewa itu, maka pahalanya yang kita dapatkan pun akan berlipat-lipat ganda.

baca juga: Keutamaan Sholawat Nabi, Dapatkan Berbagai Manfaat di Dalamnya

Membaca Al-Qur’an

Pada hari-hari biasa, hitungan berkah dan kebaikan yang Allah berikan saat membaca Al-Qur’an dihitung per satu huruf yang kita baca.

Nah bagaimana kalau itu kita lakukan saat Ramadhan tentu pahalanya akan sangat besar sekali. Oleh karena itu membaca Al-Qur’an termasuk amal ibadah paling utama di bulan ini.

Selain itu, Al-Qur’an juga diturunkan pada bulan ini, yaitu pada tanggal 17 Ramadhan yang biasa kita peringati dengan malam nuzulul Qur’an.

Oleh karena itu, sunnah bagi umat muslim menyelesaikan bacaan Qur’annya sejak awal sampai tanggal 17 tersebut.

Mengingat manfaatnya yang sangat besar, maka akan menjadi kerugian besar ketika waktu-waktunya tidak kita manfaatkan sebaik mungkin.

Memberikan Sedekah

Dalam sebuah hadist riwayat Imam Ahmad, Rasulullah SAW menyarankan umatnya untuk bersedekah dengan memberi makan orang yang berpuasa.

Ini artinya dengan kita memberi makan terhadap orang yang sedang berpuasa pahalanya sama dengan berpuasa secara penuh.

Ini menjadi amal ibadah paling utama pada bulan Ramadhan dengan cara saling berbagi yang juga besar manfaatnya untuk kehidupan sosial.

Umrah dan Zakat Fitrah

Nah, bagi kita yang sudah memiliki kemampuan untuk berangkat ke Makkah, melaksanakan umrah saat bulan Ramadhan sangat besar pahalanya.

Pahala umrah di bulan ini sama halnya dengan melaksanakan haji, ini merupakan sabda dari Nabi Muhammad SAW.

Namun meskipun pahalanya sama dengan ibadah haji tentunya bukan berarti sama dengan berhaji karena umrah tidak bisa menggantikan haji.

Baca juga: Doa untuk Orang Meninggal, Mampu Meringankan Beban Jenazah

Selain umrah, Zakat fitrah juga termasuk kedalam ibadah yang utama, selain karena wajib pahalanya juga sangat besar.

Ibadah ini kita lakukan di penghujung Ramadhan dan bertujuan untuk menyempurnakan puasa kita selama 30 hari.

Dengan mengeluarkan zakat akan menyucikan diri kita dari kesia-siaan dan kata-kata yang keji serta membuat kita kembali fitrah seperti halnya bayi yang baru lahir.

Amal ibadah paling utama di atas terasa berat ketika kita jalankan di hari-hari biasa, tapi karena istimewanya bulan itu kita akan lebih ringan melaksanakannya karena pada bulan Ramadhan setan dibelenggu. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid