Amalan Setelah Sholat Subuh yang Biasa Rasulullah SAW Ajarkan

Amalan Setelah Sholat Subuh yang Biasa Rasulullah SAW Ajarkan
Ilustrasi amalan setelah sholat subuh. Foto: kissparry.com

Amalan setelah sholat subuh yang Rasulullah lakukan bisa anda jadikan pedoman yang baik. Beberapa amalan tersebut bisa anda lakukan untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Sebagai orang Islam, sholat menjadi satu ajaran yang wajib adanya. Bahkan keutamaan sholat subuh pun mampu memberikan banyak keuntungan bagi yang menjalankannya.

Meski demikian, masih banyak orang yang enggan segera menjalankannya. Bahkan masih banyak juga yang tidak melaksanakannya dengan berbagai alasan.

Nabi Muhammad SAW merupakan panutan umat muslim di seluruh dunia. Beliau selalu memberikan ajaran yang baik dan benar untuk bisa menarik umatnya ke jalan Allah SWT.

Salah satu hal yang beliau ajarkan yaitu membaca doa setelah ibadah sholat subuh. Kebiasaan amalan tersebut yang Rasulullah SAW lakukan salah satunya dengan membaca doa.

Doa yang Rasulullah baca tersebut yaitu meminta ilmu yang bermanfaat dan memohon rezeki berlimpah untuk hari ini.

Kebiasaan ini bisa anda jadikan panutan dan inspirasi sebagai contoh perbuatan terpuji. Keutamaan sholat subuh pun tidak bisa anda ragukan lagi.

Apalagi jika bertambah dengan melakukan amalan setelah sholat subuh, maka akan berlipat ganda pahalanya.

Sehingga setelah sholat subuh, dianjurkan untuk berdzikir dan meminta ampun. Hal ini juga sering oleh Rasulullah SAW lakukan meski beliau merupakan kekasih Allah SWT.

Setelah sholat subuh merupakan waktu yang bagus untuk memanjatkan doa dalam meminta rezeki dari Allah SWT. Dengan amalan yang baik, Allah SWT akan mengabulkannya pula.

Rasulullah SAW saja seorang yang memiliki amalan baik dan banyak. Namun, beliau tidak pernah lupa melakukan amalan tersebut.

Maka dari itu, sebagai umat muslim, sebaiknya lakukan juga apa yang Rasulullah biasa kerjakan. Hal ini bisa memberikan banyak keberkahan dari Allah SWT.

Baca juga: Keutamaan Mengucapkan Salam Menurut Ajaran Rasulullah SAW

Amalan Setelah Sholat Subuh

Sebagai umat Islam, anda hanya boleh meminta ampun dan pertolongan kepada Allah SWT. Maka dari itu, untuk bisa sampai kepada Sang Pencipta, manusia harus berdoa dan menjalankan semua perintah Allah SWT.

Seperti Nabi Muhammad SAW yang telah menjalankan berbagai amalan untuk bisa mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Beliau tidak pernah merasa sombong akan semua amalan yang dimiliki.

Dengan mengetahui sifat dan ajaran Rasulullah, anda perlu mengambil pelajaran berharga. Bahkan hal tersebut bisa anda jadikan inspirasi.

Salah satu doa yang tidak pernah Rasulullah SAW lupakan yaitu meminta rizki saat pagi hari. Ada doa yang sering beliau panjatkan ketika selesai sholat subuh. Bunyi dari doa tersebut yaitu:

Dengan membaca doa tersebut setelah sholat subuh, sebenarnya ada 3 komponen dasar. Sehingga seseorang yang melakukannya bisa memperoleh keberkahan dan keberuntungan yang memiliki dasar ilmu.

Dzikir

Amalan setelah sholat subuh selanjutnya dan tidak pernah Rasulullah SAW tinggalkan yaitu berdzikir. Dengan melakukan hal tersebut, insyaAllah segala sesuatu yang akan anda kerjakan mulai pagi hari bisa lebih lancar.

Adapun firman Allah SWT yang menjelaskan tentang dzikir yaitu QS. Al-Ahzab : 41-42.

Sebaiknya lakukan hal tersebut di waktu pagi dan petang. Sehingga amalan tersebut bisa menambah pahala yang anda dapatkan.

Membaca Al Qur’an

Amalan setelah sholat subuh selanjutnya yang Rasulullah SAW lakukan yaitu membaca Al Qur’an. Amalan ini bisa anda lakukan kapan saja, termasuk pagi hari atau setelah sholat subuh.

Suasananya yang sunyi membuat hati tenang dan lebih fokus. Tidak hanya itu saja, dengan memanfaatkan situasi yang tenang, anda juga bisa menghafalnya.

Dalam menjalani kehidupan, maka butuh amalan dan ilmu. Untuk bisa menopang ilmu tersebut, ada biaya yang harus anda penuhi.

Maka dari itu, dengan memperbanyak doa, membuat kebutuhan serta memperoleh ilmu bermanfaat lebih dimudahkan. Memanjatkan doa saat pagi hari akan membantu melancarkan semua aktivitas.

Sebaiknya anda mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW dengan melakukan amalan setelah sholat subuh. Kebiasaan ini membantu anda lebih lancar dalam melakukan kegiatan sehari-hari. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid