Anggota Polair Edukasi Prokes ke Ribuan Wisatawan di Pangandaran

Anggota Polair Edukasi Prokes ke Ribuan Wisatawan di Pangandaran
Anggota Polair Polres Ciamis, saat memberikan edukasi prokes ke para wisatawan di Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (2/1/2021). Foto : Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Selama libur panjang akhir tahun ini, Polair Polres Ciamis, menempatkan anggotanya di beberapa titik di pantai barat Pangandaran, Jawa Barat.

Hal tersebut mengingat volume kunjungan wisatawan ke obyek wisata pantai Pangandaran, yang menjadi tempat favorit para wisatawan terus meningkat.

“Tujuannya selain untuk pengamanan, juga mengawasi para wisatawan yang sedang beraktivitas di pantai,” ucap salah seorang anggota Polair Polres Ciamis, Ipda Nanang Tri, Sabtu (2/1/2021).

Selain itu, pihaknya juga mendatangi para wisatawan yang berada di bibir pantai, sekaligus memberikan edukasi tentang protokol kesehatan (prokes).

“Dan kami juga mengimbau untuk berenang tidak ke tengah laut. Karena berbahaya bisa terseret arus air laut. Oleh karena itu, para wisatawan wajib mengikuti rambu- rambu yang terpasang oleh petugas pantai,” imbau anggota Polair Polres Ciamis.

Sejauh ini, kata Nanang, di lokasi obyek wisata pantai Pangandaran masih nihil atau tidak ada klaster baru pandemi Covid-19.

“Oleh karena itu, untuk mempertahankannya kami terus memberikan pemahaman ke para wisatawan tentang protokol kesehatan, agar bisa terhindar dari penularan Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Salahudin, salah seorang wisatawan asal Jatinagir, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, mengatakan, bahwa sebelum datang ke Pangandaran, ia bersama keluarganya terlebih dulu melakukan rapid test.

“Dan alhamdulillah tidak ada kesulitan saat masuk ke objek wisata Pangandaran,” katanya kepada HR Online, Sabtu (2/1/2021).

Salahudin mengaku setuju dengan adanya petugas gabungan yang memberikan edukasi prokes di obyek wisata.

“Mengingat saat ini pandemi Covid-19 belum reda. Dan saya yakin para wisatawan menerima edukasi positif yang anggota Polair sampaikan,” ucapnya. (Entang/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto