Angin Puting Beliung di Ciamis, Belasan Rumah Luluh Lantak

Angin Puting Beliung Ciamis
Atap rumah warga di Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis luluh lantak diterjang angin puting beliung. Foto: Tagana Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Belasan atap rumah di Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, luluh lantak diterjang angin puting beliung, pada Minggu (17/01/2021) sore.

Ketua Tagana Kabupaten Ciamis, Ade Waluya yang diwakili anggotanya, A Latif menerangkan, bencana angin puting beliung terjadi di Dusun Cisaray, Desa Margaluyu, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Insiden tersebut diperkirakan terjadi pada Minggu pukul 15.00 WIB.

“Banyak atap rumah warga yang rusak. Genting berjatuhan, bahkan rumah yang pakai kanopi dari baja ringan sampai roboh. Dari catatan kami ada belasan rumah yang rusak. Tetapi, tidak sampai timbul korban jiwa,” ucapnya saat dikonfirmasi HR Online, Senin (18/01/2020).  

A Latif menerangkan, rumah yang rusak parah akibat puting beliung tersebut diantaranya merupakan rumah Dede Juandi (45), Rani (40), Uyeh Suryana (65), Enceng Solihin ( 47) dan H Uye Sugianto (60).

“Kita terus mendata untuk masyarakat yang terkena dampak pada hari kemarin. Dari keterangan warga, anginnya itu memutar dan putarannya juga cepat sampai merusak semua genting rumah warga,” katanya.

Ade mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Menurutnya, saat ini hujan kerap disertai angin. Bahkan di beberapa tempat hujan menyebabkan banjir.

“Masyarakat diharapkan terus waspada. Apalagi kalau melihat intensitas curah hujan yang terus menerus terjadi Minggu ini,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

Editor: Ndu