Aplikasi Berbahaya di Play Store, Harus Waspada Jangan Asal Download

Aplikasi Berbahaya di Play Store
Ilustrasi Aplikasi Berbahaya di Play Store. Foto: pcmag.com

Aplikasi berbahaya di Play Store kehadirannya semakin masif. Aplikasi tersebut terdeteksi oleh Google dan telah terinfeksi adanya malware Joker.

Seperti yang telah kita ketahui, dalam layanan Google Play Store terdapat beragam jenis aplikasi. Mulai dari pemutar musik, games, penyimpanan berkas, edit foto dan video, serta lain sebagainya.

Akan tetapi, perlu menjadi perhatian anda bahwa tidak semua aplikasi yang beredar tersebut bagus dan bermanfaat. Bahkan terdapat beberapa aplikasi yang justru merugikan penggunanya.

baca juga: HP Xiaomi dengan Fitur Slow Motion, Nikmati Gerak Objek Lebih Detail

Aplikasi Berbahaya di Play Store

Dalam waktu terakhir ini, VPN Pro telah menemukan beberapa layanan cukup berbahaya yang beredar bebas pada Google Play Store.

Menurut laporan terbaru dari VPN Por menyatakan bahwa perusahaan Tiongkok bernama Shenzen Hawk nampaknya sudah meluncurkan 24 aplikasi tersebut pada ke dalam Google Play Store.

Aplikasi tersebut telah berhasil terunduh hingga total 382 juta kali. Meskipun demikian, aplikasi-aplikasi tersebut tidak secara langsung datang dari Shenzen Hawk.

Akan tetapi, perusahaan tersebut menggunakan sejumlah nama pengembang yang berbeda guna mengaburkan motif jahat mereka.

Selain itu, VPN Pro juga memberi bukti bahwasanya aplikasi Android yang telah terdata ini juga meminta izin praktik yang tak sesuai dengan fungsinya.

Daftar Aplikasi Berbahaya di Play Store

Berikut ini beberapa daftar layanan berbahaya yang terdapat dalam layanan Google Play Store antara lain:

  • Care Message
  • Part Message
  • Paper Doc Scanner
  • Blue Scanner
  • Hummingbird PDF Converter – Photo to PDF
  • All Good PDF Scanner
  • Style Photo Collage
  • Meticulous Scanner
  • Desire Translate
  • Talent Photo Editor – Blur focus
  • All Good PDF Scanner
  • Mint Leaf Message-Your Private Message
  • Unique Keyboard – Fancy Fonts and Free Emoticons
  • Tangram App Lock
  • Direct Messenger
  • Private SMS
  • One Sentence Translator – Multifunctional Translator

Tips Menghindari Aplikasi Berbahaya di Play Store

Dengan hadirnya aplikasi yang terdapat pada Play Store yang dapat merugikan para pengguna, maka anda perlu berhati-hati dalam memilih atau menggunakan aplikasi Android.

Berikut ini beberapa tips sederhana agar terhindar dari aplikasi berbahaya, antara lain:

Perhatikan Izin Aplikasi

Sampai saat ini masih banyak pengguna smartphone yang asal unduh aplikasi tanpa perhatikan izin aplikasi. Perlu anda ketahui, izin aplikasi merupakan salah satu hal penting yang perlu anda perhatikan. Pasalnya, sebuah aplikasi harus mempunyai izin akses sesuai dengan fungsinya.

Cek Reputasi Sumber Aplikasi

Dalam pengunduhan aplikasi, sebaiknya jangan hanya melihat nama aplikasi serta gambarnya saja. Akan tetapi, juga cek sumber atau perusahaan penerbit dari aplikasi tersebut.

Hal ini bertujuan agar anda terhindar dari berbagai aplikasi berbahaya di Play Store yang justru dapat merugikan pengguna. Untuk menemukan mengenai informasi penerbit, dapat anda temukan pada bagian informasi aplikasi yang terdapat pada bagian paling bawah.

Selanjutnya dapat anda cek kembali informasi mengenai penerbit tersebut pada mesin pencarian Google. Dengan demikian, anda dapat mengetahui reputasinya dari perusahaan penerbit aplikasinya. Lalu dapat mempertimbangkan apakah aplikasi tersebut aman atau tidak.

Aktifkan Google Play Protect

Yang ialah alat terbaru yang terdapat pada Google yang dituju untuk membantu para pengguna Android dalam jaga perangkat supaya tetap aman dan bebas dari aplikasi berbahaya di Play Store.

Perhatikan Penilaian serta Ulasan Pengguna Lain

Aman atau tidaknya hingga bagus tidaknya aplikasi dapat anda lihat dari ulasan serta penilaian pengguna lain. Untuk menghindari layanan berbahaya pada Play Store, maka sebaiknya anda terlebih dahulu melihat penilaian yang berupa bintang serta ulasan komentar dari pengguna lain akan layanan yang anda gunakan.

Baca juga: Game Terpopuler di Dunia 2021, PUBG Salah Satunya

Mengenal Malware Joker

Malware Joker atau dengan istilah lain spyware hadir untuk mencuri pesan SMS, informasi perangkat, hingga daftar kontak. Bahkan yang cukup riskan, Joker dapat mendaftarkan korban pada layanan protokol aplikasi berbayar premium (WAP).

Atau dengan kata lain, orang tersebut dapat berlangganan aplikasi premium berbayar. Lalu yang cukup berbahaya, tanpa sepengetahuan pengguna aplikasi tersebut juga mencuri data pribadi korban.

Untuk menghindari berbagai jenis aplikasi berbahaya di Play Store, maka pengguna harus cermat. Sebaiknya anda unduh aplikasi yang benar-benar anda butuhkan. Pastikan semua informasi yang terdapat pada aplikasi adalah benar dan aman. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid