Aplikasi Cek IDpel PLN Mudah, Efektifkan Transaksi Listrik Pelanggan

Aplikasi Cek IDPel PLN
Ilustrasi Aplikasi Cek IDPel PLN. Foto: youtube.com

Aplikasi cek IDpel PLN merupakan salah satu alternatif yang efektif untuk melakukan mengetahui IDpel PLN yang anda miliki. Dalam hal ini, anda dapat melakukannya dengan mengakses aplikasi PLN. Bagi pengguna listrik pascabayar atau token PLN Prabayar, tentu sudah sangat familiar dengan adanya ID pelanggan PLN.

ID pelanggan pada umumnya bermanfaat untuk mengetahui tagihan listrik yang harus mereka bayar dalam setiap bulannya atau untuk mengetahui jumlah token yang tersisa.

Namun terkadang, kita bisa lupa ataupun kehilangan ID PLN yang kita miliki tersebut. Anda tidak perlu khawatir, terdapat beberapa cara untuk mengetahui ID pelanggan PLN yang dapat anda lakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi PLN Mobile.

Baca juga: Kelebihan Aplikasi BiP dengan Fitur Menarik, Siap Saingi WhatsApp

Aplikasi Cek IDPel PLN

ID pelanggan PLN merupakan nomor unik yang dimiliki masing-masing para pengguna listrik. Dengan adanya ID pelanggan, dapat anda gunakan dalam melakukan keseluruhan transaksi listrik. Nomor yang terdapat pada ID pelanggan PLN cukup unik dan tidak akan sama antara pelanggan satu dengan pelanggan lainnya.

Oleh karena itu, apabila anda sampai kehilangan ID pelanggan tersebut, anda harus mengetahui bagaimana cara cek ID pelanggan PLN untuk dapat melakukan transaksi listrik.

Hampir semua pengguna listrik mengetahui dimana mereka harus melihat adanya ID PLN. Akan tetapi, bagi anda pelanggan baru PLN dan pertama kali menggunakan listrik secara mandiri, tentu akan merasa kebingungan dalam melakukan pengecekan ID pada saat akan melakukan transaksi listrik.

Sebenarnya terdapat banyak cara untuk melakukan pengecekan ID PLN. Anda dapat melakukan cek ID PLN dengan cara manual atau dengan akses aplikasi cek ID PLN.

Manfaat ID Pelanggan PLN

Sebelum anda mengetahui cara akses aplikasi cek IDpel PLN, maka penting bagi anda untuk mengetahui manfaat dari ID PLN yang antara lain:

Untuk Pembelian Token Listrik

Cara pengisian listrik yang paling praktis adalah dengan menggunakan aplikasi online. Dalam hal ini, anda harus menggunakan atau memasukkan ID PLN yang anda miliki.

Selain dengan cara online, transaksi pembelian token listrik dapat anda lakukan melalui ATM tanpa lupa dengan menyertakan ID PLN anda.

Untuk Pembayaran Listrik

Tagihan listrik adalah suatu hal wajib yang harus dibayar oleh para pelanggan listrik. Hal ini bertujuan untuk mempermudah beragam aktivitas sehari-hari.

Apabila pelanggan listrik tidak melakukan pembayaran tagihan listrik secara tepat waktu, maka saluran listrik akan diputus oleh pihak PLN.

Dalam melakukan transaksi pembayaran listrik secara online, anda harus menyertakan ID pelanggan PLN. Jika anda lupa dengan nomor ID PLN yang anda miliki, maka anda dapat akses aplikasi cek IDpel PLN melalui aplikasi PLN Mobile.

Menerima Potongan Pembayaran Listrik

Selama pandemi Covid ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai pemberian potongan harga, bahkan bantuan berupa listrik gratis kepada masyarakat dengan ketentuan daya tertentu.

Namun tanpa mengetahui ID pelanggan PLN, maka anda pun tidak dapat login untuk mendaftar menjadi peserta yang berhak menerima bantuan listrik gratis atau menerima potongan token listrik.

Cara Akses Aplikasi Cek IDpel PLN

Salah satu cara untuk mengetahui ID PLN secara online dapat anda lakukan melalui aplikasi PLN. Jika anda belum memilikinya, maka anda harus mengunduhnya melalui App Store bagi para pengguna iOS.

Sedangkan bagi para pengguna Android, dapat mengunduh aplikasi ini pada layanan Google Play Store. Melalui aplikasi PLN, maka anda dapat melihat informasi yang berhubungan dengan listrik yang anda gunakan.

Seperti cek IDpel PLN, mengetahui biaya tagihan listrik, jumlah pemakaian listrik, dan lain sebagainya. Dalam akses aplikasi cek ID PLN ini, dapat anda lakukan dengan mudah.

baca juga: Aplikasi Investasi Terbaik dan Terpercaya, Cocok Bagi Investor Pemula

Cek ID PLN Melalui Website Resmi PLN

Selain dengan akses aplikasi cek IDPel PLN melalui aplikasi PLN Mobile, anda juga dapat melakukan pengecekan melalui website resmi PLN.

Hal tersebut dapat anda lakukan pada https://portal.pln.co.id/. Caranya dengan memasukkan nama pemilik rekening listrik yang ingin anda cari nomor ID pelanggannya.

Selanjutnya anda tinggal memasukkan nama tersebut. Apabila informasi telah muncul, maka anda dapat mencocokkan terlebih dahulu data yang tertera.

Apakah sudah sesuai atau tidak. Jika sudah sesuai, anda dapat mencatat ID PLN yang telah muncul pada data tersebut. Cara ini sama halnya dengan saat anda menggunakan aplikasi cek IDpel PLN sebelumnya. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid