Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Chatting Aman Anti Sadap, Berikut Rekomendasi Terbaiknya

Aplikasi Chatting Aman Anti Sadap, Berikut Rekomendasi Terbaiknya

Aplikasi chatting aman cukup beragam yang dapat anda temukan pada layanan Google Play Store. Beragam aplikasi chat tersebut menawarkan fitur enkripsi end-to-end yang dapat menghindarkan dari adanya peretasan.

Pasalnya, melalui fitur tersebut, tidak akan anda seorang pun, kecuali anda dan penerima pesan yang dapat melihat isi pesan tersebut. Dalam hal ini, tentu semua orang tidak suka jika percakapannya bocor ke pihak lain.

Memang saat ini mengenai keamanan merupakan salah satu hal penting yang belum menjadi perhatian banyak pihak dalam memilih aplikasi chat.

Akan tetapi, untuk masa yang akan datang, sangat memungkinkan adanya aplikasi chat yang mampu menyediakan jaminan keamanan bagi para penggunanya. Aplikasi yang mampu menyediakan jaminan keamanan kepada penggunanya tentu akan memiliki banyak peminat.

baca juga: Tips Memilih Casing HP yang Tepat Sesuai Kebutuhan, Simak Ulasannya!

Daftar Aplikasi Chatting Aman

Salah satu lembaga survey yang beroperasi di dunia bernama Amnesty Internasional resmi merilis daftar aplikasi messaging.  Atau aplikasi pesan yang dianggap paling aman bagi pengguna.

Dengan menggunakan aplikasi pesan aman tersebut, maka aktivitas chat anda tidak mudah untuk diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Berikut ini beberapa pilihan aplikasi chatting aman berdasarkan Amnesty Internasional, antara lain:

Signal

Salah satu aplikasi chatting yang hampir sama dengan WhatsApp. Aplikasi chat satu ini sempat mencuri perhatian bagi para pengguna Twitter, karena aplikasi ini cukup direkomendasikan langsung oleh Elon Musk.

Mengenai privasi dari aplikasi ini, sangat diharapkan sebagai aplikasi chat yang tidak menyimpan data pengguna sama sekali.

Berdasarkan Nextren.com, Forbes menjelaskan jika perbandingan metadata dari beberapa aplikasi pesan seperti Facebook, Messenger, iMessage, WhatsApp, serta Signal. Ternyata aplikasi Signal merupakan salah satu aplikasi chatting aman yang tidak menghimpun data dalam bentuk apapun.

WhatsApp

Salah satu aplikasi chatting yang cukup populer dengan 1,5 milliar pengguna di seluruh dunia. Sama halnya dengan aplikasi Signal.

Aplikasi ini juga menggunakan metode enskripsi end-to-end. Hal ini berarti Facebook tidak dapat mengakses konten pesan anda. WhatsApp juga merupakan aplikasi chatting yang tidak menyimpan pesan pengguna pada servernya.

Akan tetapi, apabila pengguna memilih untuk mencadangkan riwayat obrolan mereka dari aplikasi WhatsApp ke Google Drive atau iCloud, maka hal tersebut rentan diretas apabila platform tersebut dilanggar.

FrozenChat

Aplikasi chatting aman selanjutnya yang memiliki sifat open source. Memiliki nama yang cukup unik serta masih cukup asing bagi masyarakat Indonesia.

FrozenChat memiliki desain yang sangat bagus serta keamanan yang paling menonjol. Aplikasi chat satu ini menawarkan enskripsi end-to-end dengan teknologi Off The Recoerd (OTR).

Dengan hadirnya teknologi ini, memungkinkan pengguna menghapus bukti percakapan setelah percakapan tersebut selesai tanpa meninggalkan bukti percakapan dalam bentuk apapun.

FrozenChat memiliki sifat yang open source. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung protokol XMPP yang dapat anda gunakan pada ribuan server. Lalu juga dijalankan oleh ribuan sukarelawan.

Maka hal yang mustahil apabila aplikasi caht ini mengalami down karena adanya gangguan server. Sayang sekali aplikasi FrozenChat untuk sementara ini belum tersedia untuk perangkat Android.

iMessage

Merupakan aplikasi chatting aman milik Apple. Pasalnya, iMessage telah menerapkan enskripsi backdoors yang membuat siapapun sulit untuk melakukan peretasan.

Enskripsi tersebut dinyatakan paling aman, bahkan pihak pemerintah pun tidak dapat meretas atau membobol isi chat pada aplikasi pesan satu ini.

Viber Messenger

Aplikasi pesan Android paling aman berikutnya adalah Viber. Dengan memiliki fitur yang paling lengkap dari aplikasi pesan lainnya.

Fitur tersebut antara lain publicchats, dukungan gift, enskripsi end-to-end, menghapus pesan terkirim, dukungan karakter teks yang lebih banyak, hingga pengiriman uang melalui Westren Union.

baca juga: Aplikasi Musik DJ Rekomendasi Terbaik 2021, Cocok Bagi Para Pemula

Telegram

Adalah salah satu aplikasi olah pesan yang berfokus terhadap keamanan dalam penggunaannya. Hadir sejak 2013 dan telah memiliki pengikut sekitar 200 juta pengguna aktif.

Dalam aplikasi Telegram terdapat opsi untuk menghancurkan sendiri pesan yang ada. Lalu membatalkan pengiriman pesan atau bahkan secara otomatis menghapus keseluruhan obrolan, baik pada sisi pengirim atau penerima.

Akan tetapi, enskripsi end-to-end pada aplikasi chatting aman satu ini tidak aktif secara default. Oleh karena itu, untuk mendapatkannya, maka pengguna harus menggunakan obrolan rahasia. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img