Aplikasi Share Screen Fitur Terbaik, Aktivitas Berbagi Layar Lebih Praktis

Aplikasi Share Screen
Ilustrasi Aplikasi Share Screen. Foto: Ist/Net

Aplikasi Share Screen dapat anda manfaatkan dalam aktivitas meeting, mengerjakan project, atau bahkan untuk mendukung permainan game favorit anda. Share Screen adalah suatu aktivitas berbagi layar smartphone Android dengan perangkat lain, baik ponsel atau komputer.

Saat ini Share Screen dapat anda lakukan dengan menggunakan berbagai metode. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi yang dapat anda temukan dalam layanan Google Play Store.

Share Screen atau disebut juga dengan Screen Mirroring dapat menjadi solusi terbaik dalam mendukung berbagai kebutuhan anda.

baca juga: Aplikasi GIIAS Auto360 Aman dan Terpercaya, Inovasi Baru GAIKINDO

Jenis Aplikasi Share Screen Terbaik

Berbagai layar pada perangkat Android dengan perangkat lain cukup mudah. Yang perlu anda lakukan adalah menginstal aplikasi pada kedua perangkat serta menghubungkannya secara bersamaan.

Terdapat beragam jenis aplikasi Screen Mirroring yang dapat anda manfaatkan. Berikut ini beberapa pilihan aplikasi Share Screen terbaik untuk smartphone Android anda, antara lain:

Zoom

Salah satu aplikasi yang dapat memudahkan anda dalam melakukan panggilan dalam jumlah maksimal 25 orang pada versi gratisnya.

Kelebihan dari aplikasi Zoom adalah mempunyai fitur Share Screen atau dapat memperlihatkan layar komputer atau laptop anda kepada orang lain yang sedang ada dalam panggilan tersebut.

Dengan demikian, anda dapat menampilkan slide presentase, buku, jurnal, dan lain sebagainya sebagai pendukung materi meeting yang sedang anda lakukan.

Salah satu keunikan dari Zoom adalah dalam menggunakannya. Anda dapat mengganti latar belakang pada saat melakukan panggilan video. Hal ini dengan memanfaatkan gambar-gambar pada berbagai tempat atau menggunakan gambar anda sendiri.

SideSync

Pilihan terbaik aplikasi Share Screen selanjutnya adalah SideSync. Merupakan salah satu aplikasi besutan perusahaan smartphone raksasa Samsung. Dengan aplikasi ini, memungkinkan anda dapat membagikan layar smartphone ke perangkat Android lain.

Selain itu, SideSync juga dapat membantu anda dalam berbagai tampilan Android dengan PC atau Mac yang anda miliki. Akan tetapi, aplikasi ini hanya dapat anda gunakan pada perangkat Samsung yang kompatibel dengan versi ini.

Wondershare MirrorGo

Merupakan aplikasi yang khusus dikembangkan bagi mereka yang gemar bermain game yang tersedia pada perangkat seluler. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda, dapat menampilkan layar smartphone anda pada laptop atau komputer.

Sehingga anda dapat menikmati grafis yang lebih jernih, luas, serta memainkan game secara puas. Dengan menggunakan aplikasi ini, memungkinkan anda untuk mengirim pesan dengan mouse.

ApowerMirror

Aplikasi Share Screen terbaik selanjutnya adalah ApowerMirror yang juga dapat anda gunakan untuk perangkat iOS. Aplikasi ini hadir agar dapat memantulkan layar Android yang anda miliki ke layar PC ataupun perangkat lainnya.

Sehingga dapat memberikan pengalaman yang lebih mengesankan dengan layar yang lebih besar. Anda dapat menggunakan keyboard serta mouse dari perangkat PC guna mengontrol ponsel Android yang anda gunakan.

Selain itu, ApowerMirror dapat memungkinkan anda untuk bisa merekam layar dari komputer atau mengambil screenshot. Bahkan, anda juga dapat menerima notifikasi atau mengirim pesan pada smartphone dari perangkat PC ketika Share Screen berlangsung. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, setidaknya anda menggunakan Android 5.0 atau yang lebih tinggi.

Vysor

Merupakan aplikasi Share Screen Android ke PC yang terhubung dengan Google Chrome. Pasalnya, aplikasi ini merupakan ekstensi khusus untuk browser Chrome.

Lalu hanya dapat anda gunakan pada browser tersebut. Dalam hal ini, anda perlu mempunyai browser Google Chrome untuk dapat menjalankan aplikasi tersebut untuk mirroring ke PC.

Meskipun demikian, Vysor cukup mudah anda gunakan serta dapat anda unduh secara gratis. Kelemahan dari aplikasi ini adalah fitur yang kurang begitu lengkap dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Kinerjanya pun sangat tergantung dengan Chrome.

Baca juga: Aplikasi Kasir Toko Fitur Lengkap, Maksimalkan Pengelolaan Bisnis

Mobizen Mirroring

Aplikasi keren selanjutnya yang dapat menghubungkan layar Android ke PC adalah Mobizen. Selain dapat bermanfaat untuk aktivitas Share Screen, anda juga dapat mengontrol ponsel anda dari jarak jauh.

Untuk dapat menggunakan aplikasi Share Screen satu ini, anda perlu mengunduhnya ke perangkat ponsel anda. Lalu instal perangkat lunak PC Mobizen pada perangkat komputer anda. Selanjutnya cukup hubungkan keduanya, maka anda pun dapat bermain game favorit dan juga streaming video game yang anda mainkan pada komputer anda. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid