Aplikasi Sidik Jari Pribadi Aman dan Mudah, Simak Ragam Pilihannya

Aplikasi Sidik Jari Pribadi
Ilustrasi Aplikasi Sidik Jari Pribadi. Foto: appsapk.com

Aplikasi sidik jari pribadi saat ini dapat dengan mudah anda temukan pada layanan Google Play Store. Dalam menjaga keamanan atau privasi, sebuah perangkat HP memang memerlukan adanya suatu pengamanan untuk menjaganya.

Pengamanan tersebut dapat berupa password (kata kunci) atau sidik jari. Fitur sidik jari atau fingerprint saat ini menjadi salah satu fitur yang paling wajib ada untuk sebuah smartphone.

Setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda, maka fitur tersebut diklaim paling ampuh sebagai fitur keamanan, terutama pada smartphone Android.

baca juga: Kelebihan Aplikasi BiP dengan Fitur Menarik, Siap Saingi WhatsApp

Daftar Aplikasi Sidik Jari Pribadi

Dengan adanya fingerprint atau fitur sidik jari memungkinkan pengguna untuk melakukan lock serta unlock dengan menggunakan sidik jari saja.

Fitur fingerprint dapat dengan mudah anda temukan pada smartphone kelas high end. Namun anda tidak perlu khawatir, smartphone kelas menengah ke bawah pun dapat memiliki fitur tersebut dengan memanfaatkan aplikasi.

Berikuit ini beberapa jenis aplikasi sidik jari pribadi Android terbaik yang dapat anda manfaatkan pada perangkat anda, antara lain:

Fingerprint Lock Screen

Aplikasi ini akan menampilkan fingerprint ketika anda akan membuka layar HP. Dalam penggunaannya, anda hanya perlu tap pada bagian layar.

Yang selanjutnya layar HP akan terbuka secara otomatis. Selain menawarkan fitur sidik jari, aplikasi ini juga menawarkan wallpaper yang menarik dan sangat unik.

Bahkan Fingerprint Lock Screen juga memperoleh dukungan lebih dari 60 bahasa guna memudahkan para penggunanya dalam mengakses aplikasi ini.

App Locker

Merupakan aplikasi yang cukup populer dan terbaik sebagai salah satu aplikasi sidik jari. App Locker menyediakan fitur fingerprint guna mengunci perangkat HP hingga pada menu Pengaturan atau Setting.

Selain itu, aplikasi sidik jari ini juga menyediakan fitur keamanan lain selain sensor sidik jari. Fitur keamanan tersebut antara lain fitur keamanan dengan menggunakan pola atau pattern, menggunakan pin, hingga kata sandi atau password.

AppLock

Salah satu aplikasi sidik jari pribadi terbaik yang telah memiliki lebih dari 660.000 pengguna. Anda dapat memanfaatkan aplikasi Applock untuk mengunci setiap aplikasi yang terpasang pada perangkat Android anda.

Aplikasi sidik jari ini cukup ringan karena hanya memiliki ukuran 1,44MB. Untuk dapat menggunakannnya, pastikan perangkat Android anda telah memperoleh dukungan sistem Android versi 6.0 atau Marshmallow hingga lebih.

Aplikasi besutan Cheetah Mobile ini dapat mengunci semua aplikasi yang berjalan pada ponsel termasuk WiFi. Hal menarik dari aplikasi ini adalah mampu mendeteksi siapa saja yang berusaha membobol HP anda. Selain itu, aplikasi ini mampu melindungi panggilan masuk serta mencegah install dan uninstall tanpa seizin anda.

ICE Unlock Fingerprint

Adalah salah satu aplikasi sidik jari pribadi yang memperoleh dukungan dengan ONYX. Yang artinya para pengguna aplikasi ICE Unlock Fingerprint tidak hanya dapat melakukan lock unlock pada aplikasi yang terpasang pada smartphone yang digunakan.

Akan tetapi, aplikasi ini juga mampu memotret atau mengambil gambar hanya dengan sentuhan sidik jari anda. Selanjutnya hasil gambar yang tersimpan pada galeri tidak dapat dengan mudah dibuka oleh sembarang orang. Karena perangkat telah menjaganya keamanan dengan menggunakan aplikasi ICE Unlock Fingerprint.

Fingerprint Gestures

Aplikasi Fingerprint Gestures tersedia pada semua jenis HP yang memperoleh dukungan OS Android 5.0. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat menikmati segala fitur untuk menjaga keamanan HP anda.

Yang antara lain, pengguna dapat memilih beberapa mode untuk melakukan tap pada fitur sidik jari. Hal ini anda dapat melakukannya hanya dengan satu kali tap atau bahkan double tap pada smartphone anda.

Kelebihan lain dari aplikasi sidik jari pribadi ini, anda dapat dengan mudah sleep HP hanya dengan satu kali tap saja pada perangkat. Maka tidak heran jika aplikasi ini cukup praktis dan efektif untuk anda gunakan.

Baca juga: Aplikasi Berbahaya di Play Store, Harus Waspada Jangan Asal Download

Fingerprint Quick Action

Merupakan aplikasi fingerprint yang sangat simple dan sederhana. Anda hanya perlu menggunakan sidik jari untuk dapat membuka kunci layar smartphone dengan cara swipe atau tap layar.

Aplikasi sidik jari pribadi ini mempunyai beragam fitur menarik. Yang antara lain Go Back, Go Home, Show Recent Apps, Toogle Split Screen, Sleep, Launch App or Shortcut, dan lain sebagainya. Maka meskipun aplikasi ini cukup sederhana, akan tetapi fitur yang tersemat pun cukup lengkap untuk mengamankan ponsel anda. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid