Aplikasi Signal Messenger Aman dan Anti Sadap, Berikut Fitur Menariknya

Aplikasi Signal Messenger
Ilustrasi Aplikasi Signal Messenger. Foto: youtube

Aplikasi Signal Messenger merupakan salah satu pesaing WhatsApp yang diklaim lebih aman dan anti sadap. Dalam hal ini, pendiri WhatsApp Brian Acton telah mantap untuk membawa aplikasi Signal dalam menaklukkan eksistensi WhatsApp.

Sebelumnya, pendiri WhatsApp tersebut sempat meninggalkan perusahaan akibat selisih pahamnya dengan Bos Facebook, Mark Zuckerberg.

Pada tahun 2017, Brian Acron meninggalkan WhatsApp karena ketidaksetujuannya dengan rencana Facebook untuk memonetisasi WhatsApp dengan iklan.

Selanjutnya, ia bergabung dengan perusahaan nirbala Signal Fondation yang mengelola Signal Messeger. Yang merupakan aplikasi chatting dengan fitur end-to-end encryption terkuat saat ini serta anti sadap.

Baca juga: Aplikasi Asisten Pribadi Terbaik Android 2021, Berikut Daftar Pilihannya

Mengenal Aplikasi Signal Messenger

Melalui Taipan Teknologi, Elon Musk menyarankan Signal sebagai pengganti aplikasi pesan WhatsApp yang berupaya membagi data pengguna dengan Facebook. Lalu apa itu aplikasi Signal?

Berikut ini beberapa fakta mengenai aplikasi Signal Messenger yang penting untuk anda ketahui, antara lain:

Pengertian Aplikasi Signal

Signal Messeger merupakan salah satu aplikasi bertukar pesan yang tersedia pada layanan Google Play Store serta App Store. Aplikasi ini hadir berkat adanya lembaga nirbala, yakni Yayasan Signal.

Hal menarik dari aplikasi ini salah satunya telah digunakan oleh tokoh publik dengan privasi tinggi, yakni Edward Snodwen. Tokoh ini mengaku sudah menggunakan aplikasi Signal selama bertahun-tahun.

Fungsi utama dari Signal berdasarkan Cnet adalah mengirim pesan teks, audio, video, serta gambar yang terlindungi dengan kode enkripsi end-to-end. Terdapat pula fitur panggilan audio dan video.

Cara Kerja Aplikasi Signal Messenger

Lain dengan aplikasi pesan singkat pada umumnya, Signal mengacaukan pada pesan anda sebelum mengirimnya. Dalam hal ini, hanya penerima pesan yang dapat membatalkan pengacauan tersebut.

Hal menarik dari aplikasi Signal adalah menawarkan sejumlah fitur privasi serta keamanan. Yang dapat anda peroleh dari kunci khusus aplikasi, pesan menghilang, hingga alat anti pengawasan yang memburamkan wajah.

Menurut Cnet, hal ini bertujuan untuk mencegah operator, penegak hukum, serta  pengintai lain dalam mengakses konten yang anda kirim.

Kelebihan Aplikasi Signal Messenger

Aplikasi Signal resmi rilis pertama kali pada 29 Juli 2019 yang merupakan aplikasi komunikasi terenskripsi atau dengan menggunakan kode sandi pada Android atau iOS.

Aplikasi ini dikembangkan oleh developer Open Whisper Systems. Selain itu, Signal tersedia untuk platform Windows, iOS, Android, Linux, serta macOS.

Versi dekstop dari Signal berdiri sendiri. Sehingga untuk menggunakannya, para pengguna harus menginstall serta mengkonfigurasi aplikasi seluler terlebih dahulu.

Kelebihan dari aplikasi Signal Messenger adalah mengenai keamanan yang ada karena terenskripsi serta anti sadap, yakni dengan menggunakan teknologi bernama The Signal Protocol.

Selanjutnya kunci enskripsi akan tersimpan pada ponsel serta komputer pengguna, bukan pada server pengembang. Dengan demikian, pengguna akan terhindar dari resiko potensial dari spoofing. Obrolan pada group Signal dapat mengikutsertakan jumlah orang yang tak terbatas.

Aplikasi Signal juga dapat anda gunakan sebagai aplikasi SMS default pada Android, meskipun pesan teks tidak bisa anda enskripsi. Menariknya lagi, aplikasi Signal Messeger juga tidak dapat disusupi iklan.

Fitur Menarik Aplikasi Signal Messenger

Selain mendukung percakapan personal, group, serta menggunakan metode enskripsi end to end, terdapat beberapa fitur menarik dari aplikasi signal. Fitur tersebut antara lain:

Disappearing Message

Dengan fitur ini, akan membuat pesan secara otomatis terhapus. Pilihan durasi mulai dari 5 detik hingga 1 minggu. Jika anda memilih mengirim pesan seperti ini, maka akan muncul ikon jam pasir pada setiap pesan.

Mendukung Berbagai File, Voice dan Video

Dengan aplikasi Signal Messenger, anda dapat melakukan panggilan suara dan video yang sudah menjadi standar komunikasi. Selain itu, anda juga dapat mengirim video, gambar, dokumen, atau audio. Anda dapat pula memilih koneksi dalam pengunduhan berkas tersebut, baik menggunakan data seluler atau WiFi.

Baca juga: Gyroscope Tidak Berfungsi pada HP, Berikut Tips Praktis Mengatasinya

Mendukung Tema Aplikasi

Dalam menggunakan aplikasi ini, anda dapat memilih tema terang atau gelap sesuai dengan yang anda inginkan.

Dengan menggunakan aplikasi Signal Messenger, anda dapat menguncinya sehingga pesan tidak dapat terlihat oleh mereka yang membuka aplikasi pada perangkat anda. Anda juga dapat membuka aplikasi seperti screen lock Android dengan menggunakan sidik jari. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid