Aplikasi Suara ke Teks yang Mampu Mempercepat Pengetikan

Aplikasi Suara ke Teks
Salah satu aplikasi suara ke teks yang ada di HP. Foto: Muhafid/HR

Aplikasi suara ke teks sangat membantu terhadap pekerjaan kita. Aplikasi tersebut mampu mempercepat proses kerja yang berhubungan dengan pengetikan.

Persaingan yang ketat serta perkembangan zaman yang begitu cepat, mendorong kita untuk mempercepat proses produksi. Tentunya proses tersebut harus dibantu dengan pendukung data yang lengkap serta akurat

Dalam situasi dan kondisi tertentu, kita sering mendapat pekerjaan yang menumpuk sedangkan waktu dan kekuatan kita terbatas atau misalnya jika kita sedang menjadi notulen rapat, tentu kecepatan dan ketepatan pencatatan merupakan hal yang utama.

Selain itu, kadang kala bagi kita yang profesinya adalah penulis, sering menemukan inspirasi namun malas untuk membuka laptop atau mengetik di HP.

Alasan itu tentu bukan tanpa sebab, seringkali setiap duduk di meja kerja depan komputer kita, energi dan pikiran kita terkuras habis yang berdampak pada kurang tidur, kelelahan, pegal-pegal seluruh badan.

Kecepatan pengetikan merupakan skill yang harus dimiliki oleh setiap orang yang pekerjaan sehari-harinya berhubungan dengan pengetikan. Karena itu, solusi untuk mempecepat produktifitas pengetikan adalah dengan menggunakan aplikasi.

Saat ini, ada aplikasi yang dapat mengkonversi dari suara (audio) ke bentuk teks dengan cepat dan mudah.

Baca juga: Aplikasi Cek IDpel PLN Mudah, Efektifkan Transaksi Listrik Pelanggan

Beberapa Aplikasi Suara ke Teks

Berikut ini ada beberapa aplikasi yang dapat mengubah suara ke dalam teks, di antaranya:

Speechnotes

Speechnotes merupakan aplikasi untuk mengkonversi bentuk ucapan ke dalam narasi teks. Aplikasi tersebut sudah didukung oleh perangkat teknologi yang canggih dari Google.

Perangkat ini dapat kita dapatkan di Google Play Store, dengan cara mencarinya di kotak pencarian kemudian masukan kata kunci Speechnotes lalu install, secara otomatis aplikasi tersebut akan dimiliki oleh kita.

Dalam penggunaannya, perangkat ini tidak ribet harus membuat akun terlebih dahulu. Cukup dengan mengaktifkan perangkatnya, kemudian menekan gambar mikrofon saat akan mengaplikasikannya.

Caranya sama halnya dengan saat kita mendiktekan naskah kepada seseorang yang sedang mencatat. Kita mengucapkan kemudian perangkat akan mengetik secara otomatis.

Kelebihan dari perangkat ini adalah dapat digunakan oleh kita yang minim jaringan internet atau offline. Selain itu, teks yang sudah ada bisa langsung kita edit meskipun aplikasi masih berjalan mendikte narasi dari ucapan kita.

Jika sudah selesai, maka kita juga dapat langsung membagikannya ke website wordpress dengan bentuk draft.

Google Keyboard

Perangkat selanjutnya yang dapat kita pakai untuk mengkonversi ucapan ke dalam narasi teks yaitu Google Keyboard.

Perangkat tersebut dapat kita miliki dengan cara menginstalnya secara gratis di App Store Apple untuk iOS dan di Google Play Store untuk Android, dengan cara masukan kata kunci Google Keyboard kemudian unduh dan instal.

Setelah diinstal, maka akan muncul tampilan aplikasi yang begitu sederhana namun bermanfaat untuk mempercepat proses pekerjaan kita.

Selain mengkonversi suara ke dalam teks, Gboard juga bisa kita rasakan manfaatnya sebagai papan ketik standar untuk ponsel.

Baca juga: Aplikasi Kartu Keluarga Online, Pengecekan dan Cetak Dokumen Mudah

Notulite

Perangkat selanjutnya yang dapat kita pakai untuk mengkonversi ucapan ke dalam narasi teks yaitu aplikasi Notulite.

Aplikasi Notulite adalah sebuah inovasi yang mampu mengkonversi voice ke dalam teks dalam durasi yang cepat, tepat dan akurat.

Kehadiran perangkat ini mampu memenuhi kebutuhan pasar dengan sistem transkipsi otomatis berbahasa Indonesia, akurat, cepat dan sangat ekonomis.

Kelebihan yang paling keren dalam aplikasi ini adalah mampu menerjemahkan 60 bahasa selain dari bahasa kita.

Fitur utama dalam aplikasi ini mampu membuat kita enggan untuk menutupnya. Beberapa fitur tersebut adalah sebagai berikut:

Diarisasi, yaitu fitur yang mampu mendeteksi karakteristik ucapan pembicara sehingga secara otomatis mampu mengenalinya siapa dan apa yang dibahas dalam percakapan.

Multi audio, yaitu fitur yang memberikan keleluasaan dalam menjalankan aplikasi Notulite dengan suara yang berasal langsung dari mikrofonnya atau rekaman suara yang kita punya dalam folder ponsel yang akan diunggahnya.

Penyuntingan transkipsi, yaitu fitur yang mampu mengatur format penulisan agar sesuai dengan EYD.

Format teks, yaitu fitur yang mampu menghapus teks ketika proses pengejaan suara sedang berlangsung.

Demikian 3 Aplikasi Suara ke Teks yang bisa kita manfaatkan untuk mempercepat proses kerja kita dalam mengetik. Jangan jadikan alasan malas kita sebagai penghambat kerja kita. Selagi ada solusi, ayo kita gunakan aplikasi tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid