Selasa, Januari 18, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Tanda Tangan Digital Fitur Lengkap, eSignature Lebih Praktis

Aplikasi Tanda Tangan Digital Fitur Lengkap, eSignature Lebih Praktis

Aplikasi tanda tangan digital mungkin masih terasa asing bagi sebagian besar masyarakat. Secara khusus, mungkin beberapa kalangan belum mengetahui jenis aplikasi yang dapat digunakan untuk membubuhkan tanda tangan.

Tanda tangan digital merupakan tanda tangan yang dilakukan secara digital serta menunjukkan adanya persetujuan pada suatu kontrak atau dokumen. Dalam era serba modern ini, semua hal dapat anda lakukan secara digital, termasuk dalam membubuhkan tanda tangan.

Tanda tangan digital pada umumnya dilakukan pada posisi seseorang yang akan dimintai tanda tangan sedang berada di luar jangkauan. Maka menggunakan tanda tangan digital pun menjadi solusi untuk meneken dokumen yang diperlukan.

baca juga: Aplikasi Share Screen Fitur Terbaik, Aktivitas Berbagi Layar Lebih Praktis

Jenis-Jenis Aplikasi Tanda Tangan Digital

Seperti yang kita ketahui, tanda tangan memiliki peranan penting dalam berbagai hal. Sebagian besar dokumen penting memerlukan adanya tanda tangan sebagai bukti persetujuan.

Maka tidak heran jika banyak kalangan yang rela bersusah payah untuk mengirim sebuah dokumen, baik secara fisik atau digital. Hal ini mereka maksudkan untuk memperoleh pembubuhan tanda tangan.

Dengan kehadiran smartphone yang semakin canggih saat ini, memberikan kemudahan bagi anda yang memerlukan adanya tanda tangan seseorang pada suatu dokumen penting.

Jika awalnya harus menandatangani dokumen fisik, akan tetapi saat ini, anda dapat dengan mudah menggunakan layanan tanda tangan yang dapat anda lakukan secara digital. Berikut ini beragam pilihan aplikasi tanda tangan digital terbaik yang dapat anda manfaatkan, antara lain:

Adobe Fill & Sign

Salah satu layanan ini cukup populer serta terpercaya dalam membubuhkan tanda tangan secara digital. Cara menggunakan Adobe Fill & Sign cukup mudah dan sederhana.

Anda hanya perlu melakukan screenshot pada dokumen yang akan anda tandatangani, mengatur gambar agar lebih proporsional, kemudian membubuhkan tanda tangan pada dalam aplikasi dengan instan.

SignEasy

Aplikasi tanda tangan digital terbaik selanjutnya adalah SignEasy. Dalam aplikasi ini, tersedia beragam fitur yang dapat memudahkan setiap penggunanya dalam membuat serta menggunakan tanda tangan kapanpun saat anda butuhkan.

Cara menggunakannya mudah, pengguna cukup memasukkan email pada kolom permintaan yang tersedia. Selanjutnya pengguna akan memperoleh email berisi link tanda tangan elektronik.

Hal ini juga dapat anda gunakan secara sharing dengan orang lain yang memerlukan tanda tangan seorang pengguna aplikasi SignEasy.

Dengan demikian, aplikasi ini tidak membatasi para penerimanya hanya pada satu orang saja. Akan tetapi, dapat untuk beberapa orang sekaligus dalam satu dokumen.

Oleh karena itu, SignEasy dapat mengumpulkan banyak tanda tangan serta bisa anda gunakan kapanpun. Aplikasi tanda tangan digital satu ini juga memperoleh dukungan berbagai format dokumen yang dapat anda gunakan untuk tanda tangan elektronik.

Seperti PDF, JPG, Pages, MS Word, MS Excel, serta PNG. Menariknya lagi, SignEasy dapat anda akses secara offline tanpa menggunakan jaringan internet guna memudahkan penggunanya kapanpun.

HelloSign

Rekomendasi pilihan aplikasi tanda tangan digital selanjutnya adalah HelloSign. Aplikasi ini hadir untuk memudahkan para penggunanya dalam melakukan eSignature atau tanda tangan digital pada dokumen ataupun kontrak perjanjian.

HelloSign merupakan aplikasi terbaik sehingga sangat cocok untuk semua kalangan. Aplikasi ini dapat anda gunakan secara gratis, akan tetapi penggunaan tanda tangan terbatas hanya 3 dokumen dalam sebulan.

HelloSign juga menyediakan berbagai jenis paket yang dapat anda beli, seperti paket business, pro, serta enterprise. Masing-masing fitur tersebut memiliki harga dan fitur yang berbeda-beda.

baca juga: Aplikasi Suara ke Teks yang Mampu Mempercepat Pengetikan

Sign Doc

Aplikasi Sign Doc menawarkan beragam variasi warna tinta pada tanda tangan anda, sehingga tidak hanya berwarna hitam saja. Akan tetapi, anda dapat menggunakan warna tinta biru, jingga, merah, dan pilihan warna lainnya.

Fitur yang terdapat dalam aplikasi tersebut dapat anda gunakan untuk pindahkan letak lampiran tanda tangan dengan tepat. Apabila posisi sudah tepat, maka anda dapat langsung mengunci posisi agar seketika tersentuh serta mengubah kembali posisi tanda tangan.

Bahkan layanan aplikasi tanda tangan digital ini juga memperoleh dukungan fitur canggih lain. Seperti pemindai, baca sisi-sisi berkas, potong bagian-bagian tertentu, serta fitur lainnya. Jangan lupa untuk menyimpan file tanda tangan dengan menghubungkan pada dropbox atau drive yang anda miliki. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -