Selasa, Mei 24, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Tes Buta Warna Terbaik, Mampu Berikan Hasil Lebih Akurat

Aplikasi Tes Buta Warna Terbaik, Mampu Berikan Hasil Lebih Akurat

Aplikasi tes buta warna dapat anda manfaatkan untuk melakukan uji coba sejauh mana kemampuan mata anda dalam mendeteksi warna.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini hadir khusus untuk menyediakan beberapa proses pengecekan keadaan buta warna seseorang dengan beberapa metode tertentu.

Buta warna merupakan salah satu gangguan mata paling umum yang terjadi pada masyarakat. Secara medis, buta warna terdiri dari tiga jenis yakni buta warna biru-kuning, buta warna merah hijau, hingga buta warna total.

Pada kasus yang paling parah yakni buta warna total, maka penderita hanya mampu melihat jenis warna monokrom atau hitam putih. Gangguan buta warna tidak dapat diobati secara total.

Baca juga: Khasiat Black Garlic untuk Kesehatan, Bawang Hitam yang Anti Kanker

Aplikasi Tes Buta Warna

Tes buta warna seringkali menjadi salah satu syarat penting pada beberapa perusahaan bagi para pelamar kerja. Dengan menggunakan aplikasi untuk penderita buta warna, dapat menjadi simulasi pengecekan buta warna yang sedang dialami.

Berikut ini beberapa jenis aplikasi tes buta warna yang dapat anda manfaatkan, antara lain:

Ishihara Color Blindness Test

Salah satu aplikasi ini menggunakan metode Ishihara, yakni sistem yang cukup sederhana. Dengan menggunakan aplikasi tes buta warna satu ini, para pengguna akan menemukan berbagai macam pola warna yang tersedia.

Layaknya tes buta warna pada umumnya, para pengguna diminta menentukan pola atau angka apa yang terdapat dalam kumpulan warna.

Selanjutnya, dengan rangkaian tes tersebut, aplikasi akan secara otomatis memberikan rangkuman hasil kesehatan mata anda.

Dalam rangkuman tersebut, terdapat presentasi untuk masing-masing kategori, yakni normal, buta warna biru kuning, buta warna merah hijau, serta buta warna total.

Aplikasi yang satu ini memiliki tampilan serta pilihan menu yang cukup sederhana sehingga mudah untuk anda pahami. Hasilnya pun cukup akurat dan telah mampu menjadi acuan yang tepat.

Farnsowrth Munsell D-15

Salah satu aplikasi tes buta warna berbasis komputer yang selanjutnya ini hasil tes akan tersimpan dalam database. Dengan demikian, petugas kesehatan dapat melihat data serta memberikan hasil laporan yang dicetak langsung dengan menggunakan printer.

Dalam proses pengembangan perangkat lunak, aplikasi ini menggunakan model Waterfall. Pengecekan buta warna dengan menggunakan aplikasi ini dapat anda lakukan setelah pasien melakukan registrasi parsial.

Tes buta warna dengan menggunakan Farnsworth Munsell D-15 sangat recommended. Pasalnya, aplikasi ini dapat mendiagnosis dengan lakukan skrining terhadap kelemahan warna tertentu.

Misalnya kelemahan akan warna protan (merah), warna tritan (biru), serta kelemahan warna deutan (hijau). Tingkat akurasi dalam menangani pasien dari aplikasi Tes Farnworth Munsell sebesar 96,8%.

Tes Buta Warna

Layanan untuk cek buta warna terbaik selanjutnya adalah Tes Buta Warna. Dengan ukuran aplikasi yang lebih kecil dari aplikasi sejenis lainnya. Dengan demikian, menjadikannya salah satu aplikasi untuk cek buta warna yang cukup banyak memiliki penggemar.

Hampir sama dengan tes buta warna lainnya yang juga tersedia tingkatan level soal yang harus pengguna lalui. Yang berakhir dengan adanya kuis, kemudian penggunaan dapat memperoleh hasil tes dalam bentuk presentasi.

Menariknya lagi, para pengguna juga akan memperoleh penjelasan mengenai gejala serta tingkat keparahan dari buta warna yang pengguna alami secara lebih detail.

Baca juga: Spesifikasi HP Vivo S5 dengan Snapdragon 712, Ini Keunggulannya

Color Blind Test

Merupakan salah satu aplikasi tes buta warna yang dapat anda manfaatkan secara gratis. Melalui aplikasi ini, anda akan memperoleh soal yang mendetail untuk buta warna secara lebih banyak.

Color Blind Test dapat anda download melalui Play Store. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengetes kesehatan mata dengan kemampuan analisis warna yang lebih terjangkau.

Dalam aplikasi ini juga tersedia beragam jenis model tes yang dapat anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Tes soal yang terdapat pada Color Blind Test dapat anda gunakan untuk melatih dalam pengenalan warna yang terdapat pada tumpukan warna yang hampir sama.

Selain itu, anda juga dapat melatih kejelian mata dalam menganalisa benda atau barang melalui perbedaan warna yang ada.

Masih banyak lagi jenis aplikasi tes buta warna yang dapat anda manfaatkan dengan beragam kelebihannya. Dengan hadirnya aplikasi tersebut, sangat membantu anda untuk melakukan pengecekan tanpa harus pergi ke dokter. (R10/HR-Online)

- Advertisment -