Sabtu, Desember 4, 2021
BerandaBerita TerbaruArti Muhasabah Diri, Hakikat dan Manfaat Menurut Ajaran Islam

Arti Muhasabah Diri, Hakikat dan Manfaat Menurut Ajaran Islam

Arti muhasabah diri bermanfaat untuk mengevaluasi akan apa yang sudah anda kerjakan selama ini. Karena alasan inilah mengapa hal ini perlu anda lakukan.

Menurut ajaran agama Islam, hal ini memang adalah sesuatu yang perlu anda lakukan karena manfaat yang bisa anda dapatkan cukup banyak.

Selain bermanfaat dalam kehidupan dunia, juga untuk akhirat. Jika hal ini bisa anda lakukan dengan baik, maka memberikan hasil yang baik pula.

Mungkin sebagian besar orang masih belum paham akan arti sebenarnya. Bahkan tidak sedikit umat Islam yang justru salah paham akan arti yang sebenarnya.

Mungkin hanya sebagian orang yang tahu melalui ceramah para ustadz, khatib, maupun mubaligh. Ada makna dari muhasabah yang dijelaskan dalam QS Al-Hasyr: 18.

Isi dari ayat tersebut intinya memerintahkan pada orang-orang yang beriman untuk bertaqwa kepada Allah SWT. Selain itu, hendaklah memperhatikan apa yang terjadi untuk hari esok (akhirat).

Dari ayat yang menjelaskan tersebut memang benar adanya. Akan tetapi, masih banyak orang yang menjelaskan arti muhasabah diri dengan artian yang tidak memadai.

Bahkan hal ini bisa mengakibatkan kesalahpahaman akan makna yang sebenarnya. Karena yang ada dalam ayat tersebut membicarakan makna masa lalu, masa kini, dan masa mendatang.

Bahkan untuk peristiwa yang telah, sedang, hingga akan anda laksanakan. Sebenarnya masa lalu yang telah terjadi memang tidak akan bisa terulang.

Namun, bisa anda renungkan akan hal yang sudah pernah terjadi. Sehingga dari perbuatan tersebutlah, anda bisa tahu mana yang benar dan salah.

baca juga: Macam Macam Sholat Sunnah, Bisa Menambah Pahala Jika Dilakukan

Arti Muhasabah Diri Menurut Islam

Ketika anda sudah melakukan kesalahan, saatnya untuk memperbaikinya. Hal ini untuk kepentingan pada masa depan. Dengan harapan menjadi lebih baik daripada masa lalu. Dalam agama Islam, arti muhasabah diri memiliki arti yang mendalam.

Jika anda paham secara baik dan benar, hal ini menjadi cara introspeksi diri akan apa saja yang telah dilakukan untuk memperbaiki masa depan.

Maka dari itu, sebagai umat Islam, anda perlu tahu arti yang sebenarnya, baik untuk kehidupan akhirat maupun di dunia. Muhasabah berasal dari kata hasiba yahsabu hisab.

Secara etimologis, hal ini berarti perhitungan. Namun, secara terminologi syari makna dari hal ini yaitu sebuah upaya evaluasi diri.

Akan terhadap kebaikan atau keburukan beserta semua aspek yang terjadi. Evaluasi yang perlu dilakukan meliputi hubungan dengan semua hal.

Baik dengan sesama manusia, dengan Allah SWT, bahkan kepada hewan, tumbuhan, dan benda-benda mati. Senantiasa melakukan muhasabah menjadi jalan yang bisa anda lakukan untuk lebih baik.

Hakikat Muhasabah

Dengan mengetahui arti muhasabah diri yang sebenarnya, membuat anda bisa menjadi lebih baik. Sebenarnya musahabah diri menjadi hal yang wajib dilakukan oleh semua umat Islam.

Hal ini mampu memberikan banyak manfaat, baik untuk kepentingan dunia maupun akhirat. Sementara Allah SWT menurunkan firman yang sudah dijelaskan melalui QS Al Hasyr ayat 18.

Sedangkan Rasulullah SAW juga telah menjelaskan mengenai hal ini. Intinya mengatakan jika seseorang yang pandai yaitu yang mau menghusab atau mengevaluasi perbuatannya sendiri.

Selain itu, beramal untuk bekal pada masa di akhirat. Namun, untuk orang lemah yaitu dengan angan-angan terhadap Allah SWT dan mengikuti hawa nafsunya.

Baca juga: Amalan Penghapus Dosa, Lakukan untuk Mengurangi Kesalahan

Manfaat Keutamaan Muhasabah

Selain arti muhasabah diri yang memacu anda untuk intropeksi diri, ada banyak juga manfaat yang bisa anda dapatkan. Keutamaan ini bisa anda dapatkan dari muhasabah. Dengan bermusahabah, anda akan tahu apa saja kelemahan serta kesadaran dari diri sendiri.

Dengan mengetahui kesalahan dari yang pernah terjadi, anda bisa membuat diri sendiri lebih baik. Dari segi rohaninya memiliki arti tersebut yaitu membuat anda lebih sadar memahami arti ibadah.

Semua karena adanya Allah SWT semata. Sehingga bisa membuat anda menjalankan semuanya secara hati-hati. Dengan melakukan introspeksi diri ini, anda juga bisa membedakan mana yang baik dan buruk. Sebab, apa yang anda kerjakan nanti akan butuh pertanggungjawaban kelak dalam akhirat.

Inilah yang bisa anda dapatkan dari hikmah muhasabah diri. Sehingga anda benar-benar tahu arti muhasabah diri dan menggunakan cara ini dengan tepat. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -