Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruAuto Correct Android, Simak Fungsi dan Cara Menonaktifkan

Auto Correct Android, Simak Fungsi dan Cara Menonaktifkan

Auto Correct Android atau yang menyebut dengan Auto Text memiliki fungsi untuk membenarkan kata-kata yang salah ketik. Namun pada umumnya, fitur ini hanya mendukung beberapa bahasa saja, seperti dalam bahasa Inggris.

Apabila anda melakukan kesalahan dalam mengetik suatu kata dalam bahasa Inggris dan jika fitur Auto Correct aktif, maka kesalahan tersebut langsung terkoreksi. Akan tetapi pada kenyataannya, kita lebih sering mengetik dengan bahasa Indonesia.

Sehingga pada saat kita salah ketik dalam bahasa Indonesia, fitur Auto Text akan secara langsung mengoreksi kata tersebut ke bahasa Inggris. Hal ini tentunya menyebabkan kata yang muncul tidak sebagaimana mestinya.

Cara Menonaktifkan Fitur Auto Correct Android

Bagi anda yang sering melakukan kesalahan pada saat melakukan pengetikan pada perangkat, salah satu fitur menarik yang terdapat pada Google Keyboard adalah Auto Correct.

Yang merupakan salah satu fitur yang dapat anda andalkan. Dengan menggunakan fitur ini, maka kesalahan mengetik dapat langsung terkoreksi dan dapat anda minimalisir.

Fungsi Auto Correct Android

Auto Correct hadir untuk mempermudah pengguna pada saat proses pengetikan sebuah tulisan pada layar ponsel. Ketika melakukan penulisan terkadang kita salah dalam pengetikan tulisan.

Baca Juga : Mengaktifkan 3D Touch Android Mudah Tanpa Adanya Akses Root

Oleh karena itu, untuk mempercepat proses pengetikan, anda tidak perlu menghapus kata yang salah. Hal ini justru akan memperlambat anda dalam proses pembuatan tulisan.

Sehubungan dengan masalah ini, Google menghadirkan sebuah fitur yang dapat memahami serta mengoreksi tulisan jika dalam tulisan tersebut terdapat kelebihan serta kekurangan kata. Fitur tersebut adalah Auto Correct.

Kendala Penggunaan Fitur Auto Correct Android

Seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya bahwa fitur Auto Text atau Auto Correct hanya mendukung pada bahasa Inggris saja.

Baca Juga : Fungsi Fitur Hibernasi Android 12, Sebagai Alternatif Menghemat Memori 

Selain adanya kendala mengenai hanya dukungan terhadap bahasa Inggris saja pada fitur ini, sebenarnya dalam beberapa tipe HP terdapat dukungan Auto Text atau Auto Correction bahasa Indonesia.

Namun tetap saja terdapat kendala dalam penggunaannya, karena seringnya pengguna yang gemar menyingkat kata sehingga hasil koreksi yang muncul tidak sesuai.

Hal ini tentunya sangat mengganggu para pengguna Android. Untuk menghindari adanya hal tersebut, anda dapat menonaktifkan fitur Auto Correct secara lebih mudah.

Cara Menonaktifkan Auto Correct Android

Pada umumnya, fitur Auto Text ada secara default. Bagi pengguna perangkat Android, semua sudah memperoleh kelengkapan dengan fitur ini. Terdapat 2 cara untuk mematikan fungsi Auto Correct yang antara lain:

Cara Menonaktifkan Auto Correct Google Keyboard

Fitur Auto Correct telah terpasang secara otomatis pada perangkat Android yang anda gunakan. Namun terdapat pula beberapa merk atau type HP yang memang belum ada sama sekali.

Bagi anda yang ingin mematikan fitur Auto Correct dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Buka logo aplikasi Google Keyboard
  2. Pergi ke Menu Koreksi Teks atau “Teks Correction”
  3. Selanjutnya anda dapat menghilangkan tanda centang hijau yang terdapat pada “Show Strips and Suggestions” atau “tampilkan trip dan saran”
  4. Langkah berikutnya hilangkan juga tanda centang hijau pada “koreksi otomatis” atau “auto correction”

Cara di atas berlaku pada Android versi Marshmallow ke bawah. Pasalnya, pada pengaturan tidak terdapat fungsi matikan atau off otomatis Auto Correct pada Google Keyboard.

Cara Mematikan Auto Corect Keyboard Bawaan Android (AOSP)

Langkahnya antara lain:

  1. Buka menu Pengaturan atau Setting
  2. Pilih Bahasa dan masukkan atau Language anda input
  3. Pilih Android Keyboard AOSP atau papan ketik
  4. Selanjutnya pada panel setelan keyboard, anda dapat pilih “Tab Correction atau koreksi teks”
  5. Kemudian anda dapat menonaktifkan “Show Correction Suggestion”. Maka proses menonaktifkan fitur Auto Correct Android pada keyboard bawaan pun berhasil.

Semua langkah di atas dapat anda terapkan pada semua type serta merk HP seperti Samsung, Lenovo, Sony, Nokia, dan lain sebagainya. Dengan cara yang tetap sama, namun mungkin dalam panel menu yang sedikit berbeda.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Vulkan di Android Nougat dan Oreo, Simak Ulasannya!

Namun bagi anda yang tetap menginginkan adanya fitur Auto Correct Android tersemat pada perangkat anda, dengan tujuan untuk mendukung pekerjaan anda, terutama bagi anda yang seorang penulis, maka anda dapat tetap menghidupkan fitur tersebut. Sehingga dengan adanya fitur Auto Text dapat menghemat waktu dalam proses pekerjaan anda. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img