Bahaya Tidur Setelah Subuh yang Harus Diwaspadai

Bahaya Tidur Setelah Subuh
Ilustrasi Bahaya Tidur Setelah Subuh. Foto: The Economic Times

Bahaya tidur setelah subuh bisa membuat orang yang sering melakukannya memiliki resiko tinggi. Tidur setelah subuh juga merupakan kegiatan yang mendapat larangan agama.

Orang biasanya merasa ngantuk dan tidur di pagi hari karena terlalu sering begadang, sehingga siklus waktu tidur terganggu.

Ketika malam hari akan merasa sulit untuk tidur. Ketika pagi terasa mengantuk sampai kemudian tidur dan bangun di siang hari merupakan gejala siklus tidur terganggu.

Sementara, tubuh membutuhkan pola tidur yang baik dengan waktu yang seimbang. Kurang tidur atau berlebihan juga memiliki resiko tinggi terhadap Kesehatan.

Kemudian, anjuran tidur yang baik adalah pada waktu malam dan ciri orang yang tidurnya tidak mengalami gangguan salah satunya bisa tertidur dalam waktu 15 – 20 menit setelah berbaring.

Baca juga: Doa Penenang Hati dan Pikiran, untuk Minta Pertolongan Allah SWT

Bahaya Tidur Setelah Subuh atau di Pagi Hari

Berikut beberapa bahaya yang bisa seseorang rasakan karena terlalu sering atau terbiasa tidur setelah subuh atau di pagi hari.

Meningkatkan Risiko Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit mematikan di dunia, orang yang sering tidur pagi hari akan berisiko tinggi terserang penyakit ini.

Resiko diabetes salah satunya berawal dari gangguan tidur yang dapat menyebabkan resistensi insulin pada tubuh.

Ketika terjadi resistensi insulin kadar gula dalam darah akan cenderung meningkat yang akhirnya menjadi penyebab penyakit diabetes.

Penyakit Jantung serta Pembuluh Darah

Bahaya tidur setelah subuh selanjutnya dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung serta masalah pembuluh darah.

Salah satu penyakit mematikan karena masalah ini adalah serangan jantung dan stroke di mana bagian dari penyebabnya adalah kurang tidur.

Saat seseorang mengalami masalah kurang tidur dapat menyebabkan tekanan darah naik dan beresiko mengalami peradangan dalam tubuh.

Tekanan darah tinggi serta peradangan dalam pembuluh darah membuat orang yang mengalaminya berisiko tinggi mengalami kedua penyakit mematikan tersebut.

Meningkatkan Risiko Kanker

Ketiga kalinya, resiko yang dapat seseorang alami karena tidur di pagi hari yang mematikan adalah berisiko lebih tinggi terkena penyakit kanker.

Sebuah studi mengatakan kalau sebagian besar pasien kanker mempunyai kebiasaan tidur yang tidak baik kurang dari 7 jam dan sering begadang.

Mengalami Obesitas

Bahaya tidur setelah subuh juga dapat membuat seseorang mengalami obesitas karena waktu tidur yang tidak baik.

Watu tidur normal dalam sehari adalah 7 – 8 jam, sementara dalam sebuah studi menjelaskan orang kurang tidur di malam hari akan meningkatkan nafsu makan.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan resiko terkena obesitas meningkat karena akan cenderung lebih banyak makan namun tidak seimbang dengan olahraga.

Sulit Berpikir serta Berkonsentrasi

Kualitas tidur yang baik dapat berpengaruh terhadap pirikan seseorang, jika pola tidur buruk dan tidak berkualitas pikiran pun cenderung akan terganggu.

Hal yang sangat merugikan adalah sulit untuk berpikir lebih jernih dan berkonsentrasi yang akan berdampak pada aktivitas keseharian seperti bekerja atau belajar.

Salah satu bahaya tidur setelah subuh ini bisa membuat seseorang kesulitan untuk mendapatkan ide atau memecahkan sebuah masalah.

Menjadi Pelupa

Menjadi orang yang mudah lupa merupakan sebuah pengalaman buruk dan menyebalkan dan hal ini bisa terjadi karena kebiasaan tidur pagi atau setelah subuh.

Penyebabnya adalah tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak yang seharusnya terjadi saat beristirahat di malam hari.

Pada kondisi tidur normal, tubuh akan memperbaiki sel serta jaringan tubuh, termasuk pada bagian otak yang rusak karena telah digunakan saat beraktivitas.

Namun, tidur sehabis subuh dapat mengganggu metabolisme itu dan membuat otak kekurangan oksigen serta energi, inilah yang akhirnya membuat seseorang mudah lupa.

Baca juga: Amalan Setelah Sholat Subuh yang Biasa Rasulullah SAW Ajarkan

Mood Tidak Teratur

Bahaya tidur setelah subuh yang terakhir yaitu dapat menyebabkan mood yang mudah berubah-ubah dan tidak terkotrol.

Ini terjadi ketika seseorang mengalami masalah tidur di malam hari dalam jangka waktu yang panjang.

Dengan tidur di pagi hari karena begadang, tubuh akan kelelahan yang akhirnya berpengaruh pada mood yang buruk bahkan bisa jadi penyebab seseorang mudah depresi.

Ketika Anda mengalami masalah dalam tidur pencegahan harus segera melakukan sesuatu supaya terhindar dari risiko-risiko yang bisa saja terjadi.

Bahaya tidur setelah subuh atau tidur di pagi hari bisa mencegahnya dengan aktivitas seperti olahraga, mengurangi konsumsi kafein dan mematikan lampu serta gadget saat akan tidur. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid