Bahu Jalan di Langkaplancar Pangandaran Longsor Pasca Diguyur Hujan

Bahu jalan di Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, longsor pasca hujan mengguyur pada Rabu (06/01/2021) sore kemarin. Foto: Enceng/HR.
Bahu jalan di Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, longsor pasca hujan mengguyur pada Rabu (06/01/2021) sore kemarin. Foto: Enceng/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Bahu jalan di Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, longsor pasca hujan mengguyur pada Rabu (06/01/2021) sore kemarin.

Lokasi bahu jalan yang longsor dengan panjang sekitar 6 meter dan kedalaman sekitar 90 meter itu berada di Dusun Galunggung, RT. 05, RW. 06, Desa/Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran.

Kepala Dusun Galunggung, Tatang, mengatakan, longsor terjadi akibat hujan deras. Dengan kedalam longsor yang hampir mencapai 90 meter itu, ia pun menyarankan kepada para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati saat melintasi lokasi tersebut.

Baca Juga : Rumahnya Terancam Terbawa Longsor, Warga Ciakar Ciamis Ngungsi

“Kita akan membuat pagar pembatas jalan dengan bambu agar pengendara tidak terlalu mepet jika lewat sekitar sini,” kata Tatang, kepada HR Online, Kamis (07/01/2021).

Saat ini hujan deras dan angin kencang hampir terjadi setiap hari, Tatang juga mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Jika masih ada pohon tinggi sekitar pemukiman warga, sebaiknya segera menebangnya.

Karena, selain bahu jalan longsor, akibat hujan deras dan angin kencang juga sering mengakibatkan tumbangnya pepohonan.

“Sudah banyak rumah tertimpa pohon tumbang. Untuk itu, segera tebang jika ada pohon yang sekiranya membahayakan,” pungkasnya. (Cenk/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah