Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruBuah yang Mengandung Vitamin A dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah yang Mengandung Vitamin A dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah yang mengandung vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan, sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Terdapat beberapa buah yang kita sering dapati di sekitar kita yang kaya akan vitamin A.

Biasanya, buah dengan kandungan vitamin ini sangat banyak dan hampir termasuk semua jenis buah. Manfaat vitamin A yang sangat penting ini, seperti menjaga kesehatan organ mata, menguatkan sistem imunitas, bahkan sampai pada manfaat pertumbuhan sel.

Buah-buah ini sangat orang gemari dan paling banyak dicari. Lantas buah-buah apa saja yang mengandung vitamin tersebut? Simak ulasannya sebagai berikut beserta manfaatnya.

Macam-Macam Buah yang Mengandung Vitamin A

Buah memang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat pasti telah memperoleh asupan nutrisi baik dari konsumsi makanan atau minuman sehari-hari. Begitu pula dengan buah. Buah pun mempunyai peran yang penting dalam menjaga kesehatan tersebut.

Buah sangat dianjurkan dalam pemenuhan asupan nutrisi setiap hari untuk menu yang kita makan. Oleh karena itu, pemenuhannya pun dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita. Vitamin A menjadi vitamin yang tidak kalah penting dari semua jenis vitamin yang ada.

Jenis vitamin A mampu memberikan kepada tubuh manfaat yang baik, terutama untuk kesehatan mata serta kulit. Untuk memperoleh asupan vitamin A ini, dapat kita peroleh dari beberapa macam cara. Salah satunya adalah melalui konsumsi buah.

Buah-buah yang mengandung vitamin A pun sangat mudah kita dapat. Karena, hampir semua buah mengandung vitamin ini. Meskipun jenis vitamin ini dapat kita temukan pada hampir semua buah, akan tetapi terdapat sejumlah buah yang kandungan vitamin tersebut lebih tinggi daripada jenis buah yang lain.

Kemudian, sangat penting untuk kita ingat, yakni batasi konsumsi vitamin A. Jangan berlebihan karena jenis vitamin ini dapat menumpuk dalam tubuh kita, sehingga akan sangat berbahaya jika kita biarkan dan tidak kita perhatikan. Alih-alih memperoleh tubuh yang sehat, kita justru akan mengalami keracunan vitamin A.

Berikut ini adalah sejumlah buah-bahan yang mengandung vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Antara lain adalah sebagai berikut:

Apel

Jenis buah ini mungkin tidak asing lagi karena kemungkinan besar dari kita semua mengetahui jenis buah apel. Terdapat apel yang kulitnya berwarna merah, ada pula yang berwarna hijau. Bagi anda yang ingin mengkonsumsinya pun tidak perlu bersusah payah karena dapat dengan mudah memperolehnya.

Manfaat buah apel terdapat pada kandungan 58 IU dalam 100 gram daging buahnya. Kandungan tersebut menjadikan buah apel menjadi buah yang sangat bermanfaat dalam merawat kesehatan kulit dan juga mata.

Tentu saja, selain mengandung vitamin A, apel pun mengandung antioksidan yang tinggi serta fito nutrien yang mampu menangkal radikal bebas sehingga akan terhindar dari penyakit kanker.

Kiwi

Salah satu buah yang masuk dalam kategori buah asam adalah kiwi. kandungan vitamin A dalam kiwi ini pun jangan anda anggap remeh. Buah yang memiliki kulit berwarna hijau ini pun dapat untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin sehari-hari.

Dalam seratus gramnya, terdapat kandungan sekitar 87 IU vitamin A. Tak hanya itu saja, buah kiwi juga memiliki beberapa kandungan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tubuh. Nutrisi vitamin E, C, K, mineral, hingga fito chemical.

Jadi, agar memperoleh kesehatan tubuh, terutama organ mata yang tetap sehat, anda bisa mengkonsumsi kiwi dengan takaran yang tidak berlebihan.

Anggur

Buah yang menjadi salah satu buah yang kemungkinan besar orang sukai ini memiliki kandungan vitamin A yang sangat bermanfaat. Rasanya yang segar dan asam manis ini adalah salah satu jenis buah yang juga mendapatkan julukan “ratu buah”.

Kandungan yang terdapat dalam 100 gramnya sekitar 66 IU vitamin A. Tak hanya vitamin A saja yang melengkapi nutrisi dari anggur.

Namun, juga mengandung vitamin C, K, E, dan mineral yang banyak. Selain itu, anggur juga mengandung elektrolit serta fitonutrien yang penting dalam menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh.

Mangga

Kandungan buah mangga atas vitamin A yang bermanfaat ini yaitu sekitar 0,5 miligram dalam 100 gram daging buahnya. Buah mangga yang mempunyai rasa yang segar ini dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan kulit dan juga penglihatan anda.

Selain itu, buah yang rendah serat ini dapat menurunkan resiko penyakit diabetes, yaitu dengan konsumsi dua buah mangga setiap harinya. Namun, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu terkait langkah anda saat ingin mengkonsumsi mangga tersebut secara rutin.

Jeruk

Masih berasal dari buah yang memiliki rasa asam, yaitu jeruk. Jeruk termasuk memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Meskipun jeruk termasuk buah yang identik dengan vitamin C, namun jeruk adalah buah yang mana kandungan vitamin A cukup tinggi.

Dalam 100 gram jeruk, memiliki kandungan 225 IU vitamin A. Jadi, anda akan memperoleh banyak manfaat yang sangat banyak jika rutin mengkonsumsi jeruk dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

Manfaat mengkonsumsi jeruk pun dapat anda peroleh untuk terhindar dari kanker karena dapat menangkal radikal bebas dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Pepaya

Pepaya memang lebih identik dengan kandungan vitamin C-nya untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Akan tetapi, buah tropis ini pun mengandung vitamin A yang banyak dalam daging buahnya.

Kandungan vitamin A tersebut tidak tanggung-tanggung, yakni terdapat sekitar 950 IU dalam 100 gramnya. Buah pepaya pun mengandung nutrisi lainnya seperti mineral dan juga zat anti oksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Jambu Biji

Manfaat yang dapat anda ambil dari buah jambu biji ini ini pun sangat banyak. Kandungan vitamin A yang banyak yakni 624 IU dalam 100 gramnya, akan cocok untuk anda yang ingin memiliki tubuh yang sehat, terutama kulit yang lebih terawat. Selain itu, terdapat mineral, zat antioksidan, serta rendah kalori yang mendukung anda saat ingin melakukan diet.

Nangka

Nangka juga termasuk buah tropis yang sangat mudah kita jumpai. Buah ini pun menjadi buah yang memiliki manfaat penting, karena mengandung vitamin A yang cukup tinggi.

Sekitar 110 IU dalam setiap 100 gramnya. Selain vitamin A, nangka juga mengandung potasium, fosfor, dan juga kalsium.

Melon

Salah satu buah yang mengandung vitamin A ini mungkin menjadi pemegang kandungan vitamin A paling tinggi di antara buah lainnya. Dalam 100 gramnya, melon mengandung sekitar 3382 IU vitamin A.

Selain itu, melon juga termasuk buah dengan kalori yang rendah sehingga dapat menjadi camilan alternatif untuk anda yang sedang menjalankan diet seimbang.

Markisa

Buah yang memiliki rasa asam ini pun dapat anda konsumsi karena mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat. Setiap 100 gram markisa terdapat vitamin A sekitar 1247 IU.

Selain itu, markisa juga mengandung serat dan mineral yang tubuh perlukan untuk menunjang kesehatan dan juga melancarkan pencernaan.

Aprikot

Kandungan vitamin A dalam aprikot ini termasuk cukup tinggi yakni 1926 IU per 100 gram. Dengan kandungan sebanyak itu, aprikot mampu mencukupi kebutuhan vitamin A harian untuk tubuh sekitar 64 persen. Untuk itu, jangan lupa memasukkan buah aprikot ke dalam menu harian anda.

Semangka

Semangka yang kaya akan kandungan air ini ternyata mempunyai kandungan nutrisi lain, yaitu vitamin A. Jika kita mengkonsumsi semangka, kita dapat mencukupi sekitar 19 persen kebutuhan vitamin A untuk tubuh.

Kandungan dalam 100 gram semangka terdapat sekitar 569 IU vitamin A. Buah yang juga mengandung lycopen ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit, mata, mencegah kanker mulut, serta kanker paru-paru.

Tomat

Buah yang terkenal akan nutrisi vitamin C ini pun mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Dalam 100 gram tomat terdapat 642 IU vitamin A.

Tomat sangat baik untuk kesehatan penglihatan anda. Dengan warna kulitnya yang merah tersebut, tomat kaya akan lycopene serta rendah kalori.

Alpukat

Biasanya, alpukat sering kita temui dalam minuman seperti jus atau sebagai campuran es buah. Buah dengan daging berwarna hijau ini merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin A. Sekitar 146 IU dapat kita peroleh saat mengkonsumsi satu buah alpukat.

Kurma

Buah yang paling terkenal dan juga identik dengan bulan Ramadhan ini nyatanya mengandung banyak vitamin A yang tubuh perlukan. Dengan rasa yang lezat, kurma mengandung 149 IU vitamin A dalam 100 gramnya.

Terdapat kandungan nutrisi lain seperti fruktosa dekstrosa yang memberikan kecukupan energi, sehingga tidak heran jika orang yang menjalankan ibadah puasa dan mengkonsumsinya dapat memenuhi kebutuhan energi yang cukup tinggi.

Blewah

Blewah pun sama seperti kurma yang mana dengan mudah kita temukan saat bulan Ramadhan atau bulan puasa. Buah ini seringkali menjadi buah untuk menu buka puasa. Selain rasanya yang menyegarkan, blewah kaya akan nutrisi, salah satunya adalah vitamin A.

Kandungannya sekitar 1,69 gram untuk 100 gram daging buah blewah. Tak hanya vitamin A saja, blewah juga memiliki kandungan nutrisi penting seperti zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam mencegah terjadinya kanker.

Nanas

Buah tropis yang satu ini mempunyai penggemar yang banyak. Hal tersebut karena rasanya yang manis dan menyegarkan ini pun menjadi buah yang sangat digemari karena manfaatnya.

Salah satu kandungan nutrisi penting adalah vitamin A sekitar 58 IU untuk setiap 100 gram nanas. Selain itu, terdapat kandungan nutrisi lain seperti potasium, mineral, dan juga folat yang membantu dalam menjaga kesehatan tubuh.

Kesemek

Buah yang rendah akan lemak dan juga kaya serat ini merupakan buah dengan kandungan vitamin A yang dapat anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit dan juga mata. Terdapat kandungan vitamin A sekitar 81 IU per 100 gramnya.

Selain dapat menjaga kesehatan kulit dan mata, buah kesemek juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan, bagi anda yang mempunyai masalah dari sistem pencernaan atau sedang dalam masa diet, buah kesemek dapat menjadi salah satu rekomendasi untuk ada konsumsi.

Melihat banyaknya buah dengan manfaat yang penting, maka alangkah baiknya jika mulai dari saat ini mengkonsumsinya secara rutin. Namun jangan lupa, batasi konsumsinya agar tidak berlebihan.

Sesuatu yang berlebihan dan masuk ke dalam tubuh pun memiliki efek yang buruk untuk kesehatan. Jadi, lebih bijak dalam mengkonsmsi buah yang mengandung vitamin A tersebut agar dapat memperoleh manfaatnya dengan baik. (R10/HR-Online)  

Editor: Subagja Hamara     

- Advertisment -