Buah yang Mengandung Vitamin C Bagus untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Buah yang Mengandung Vitamin C Bagus untuk Tingkatkan Imun Tubuh
Ilustrasi Buah yang Mengandung Vitamin C. Foto: Ist/Net

Buah yang mengandung vitamin C banyak sekali macamnya. Saat anda mengkonsumsinya, maka anda bisa memenuhi kebutuhan harian anda dari sumber alami. Dengan begitu, kesehatan dan imunitas tubuh anda bisa terjaga.

Sebab, vitamin C bisa larut dalam air dan bisa anda temukan dalam banyak jenis makanan. Khususnya dalam beberapa jenis buah. Vitamin C juga sangat terkenal sebagai antioksidan yang kuat.

Selain itu, juga memiliki efek yang positif untuk menjaga kesehatan kulit serta meningkatkan sistem imun supaya tidak mudah sakit. Lantas, dari berbagai macam buah tersebut, mana yang jadi favorit anda?

Pilihan Buah yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C tidak bisa diproduksi tubuh manusia. Jadi, penting sekali mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan teratur.

Baca juga: Buah yang Mengandung Vitamin A dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Supaya kebutuhan vitamin C harian anda bisa terpenuhi, maka anda harus mengikuti standar yang telah ditetapkan sesuai Angka Kecukupan Gizi atau AKG.

Untuk anak usia diatas satu tahun, maka memerlukan vitamin C harian 40 hingga 45 miligram. Sementara remaja diatas 12 tahun memerlukan 65-90 mg per hari vitamin C. Nah, bagi orang dewasa diatas 18 tahun, mereka membutuhkan sebanyak 75-90 mg per hari Vitamin C. 

Berikut ini berbagai macam jenis buah yang mengandung vitamin C yang bisa anda konsumsi. Dengan mengkonsumsinya sesuai anjuran, maka kebutuhan vitamin C harian anda akan terpenuhi.

Jeruk

Saat ditanya dimana kita bisa mendapatkan vitamin C, pasti kita akan menjawab jeruk. Jeruk memang dikenal sebagai sumber vitamin C. Bahkan jumlah vitamin C per porsi jeruk dengan berat 100 gram adalah sebanyak 53 mg.

Ada berbagai macam jenis jeruk yang semuanya mengandung vitamin C bagus untuk kesehatan tubuh anda. Seperti jeruk manis, jeruk bali, jeruk siam, jeruk keprok, jeruk nipis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jambu Biji

Dalam satu jambu biji ternyata memiliki kandungan vitamin C sebanyak 126 mg. Itu artinya buah ini bisa mencukupi kebutuhan harian hingga 140 persen.

Selain itu, jambu biji juga memiliki kandungan antioksidan yang kaya dengan likopen. Likopen sendiri juga berpotensi untuk memperlambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Saat anda konsumsi satu buah jambu biji, maka akan bermanfaat dalam menurunkan hipertensi secara signifikan.

Kiwi

Buah yang mengandung vitamin C selain jeruk adalah kiwi. Dalam satu kiwi memiliki kandungan vitamin C sebanyak 84 gram. Ternyata vitamin C yang ada dalam buah kiwi lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk.

Karena tinggi vitamin C dan antioksidan, kiwi bisa membantu tubuh anda untuk melawan radikal bebas dan infeksi dalam tubuh. Selain kaya kandungan vitamin C, kiwi juga memiliki berbagai macam kandungan vitamin, seperti vitamin A, E dan K.

Baca juga: Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan, Waspada Efek Sampingnya

Sementara itu, mineral dalam buah kiwi seperti zat besi, kalium, mangan, dan magnesium. Bukan hanya itu saja, kiwi juga kaya asam lemak omega 3 yang bisa menurunkan resiko stroke dan jantung.

Markisa

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, buah yang satu ini biasanya dibuat menjadi sirup. Namanya adalah buah markisa. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam markisa cukup banyak. Setiap 100 gram markisa mengandung 72 mg vitamin C.

Inilah yang membuat markisa menjadi buah yang mengandung vitamin C tinggi dan mempunyai sejuta manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Manfaatnya buah ini adalah membantu menangkal radikal bebas. Markisa juga bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Konsumsi markisa juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas. Selain itu, juga berkhasiat untuk mencegah sel kanker.

Anggur Hitam

Anda pasti tak asing lagi dengan buah anggur. Buah ini juga banyak jenisnya. Ada anggur merah, anggur hitam, anggur hijau, dan berbagai jenis lainnya.

Salah satu anggur yang tinggi vitamin C adalah anggur hitam. Dalam 56 gram anggur atau setengah cangkir memiliki kandungan 101 mg vitamin C. Ini berarti memiliki sebanyak 112 persen dari nilai asupan harian yang telah direkomendasikan.

Selain bagus untuk anda konsumsi, buah yang satu ini juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh anda. Anggur hitam menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin C yang direkomendasikan untuk anda konsumsi.

Buah ini kaya dengan kandungan flavonoid atau antioksidan yang sering disebut dengan antosianin. Fungsinya adalah untuk menangkal radikal bebas.

Manfaat konsumsi buah anggur bisa mengurangi kerusakan oksidatif yang berhubungan dengan berbagai penyakit kronis. Seperti kanker, jantung, sampai penyakit kerusakan pada saraf. Ibu hamil juga bisa mengkonsumsi anggur hitam ini. Sebab buah ini memiliki kandungan gula yang relatif rendah.

Stroberi

Tahukah anda bahwa mengkonsumsi 152 gram atau secangkir potongan stroberi dapat menyediakan sebanyak 89 mg vitamin C. Ini berarti bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian sampai dengan 99 persen.

Bukan hanya kaya vitamin C, stroberi juga memiliki kandungan zat gizi lain seperti flavonoid, mangan, antioksidan, dan folat.

Kandungan oksidan tinggi dalam buah yang mengandung vitamin C seperti stroberi bisa mencegah terjadinya kanker serta penyakit pembuluh darah. Penyakit seperti demensia dan diabetes juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi stroberi ini.

Belimbing

Salah satu buah tropis yang mudah anda temui di Indonesia adalah belimbing. Buah ini juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Buah yang saat anda potong-potong bentuknya mirip seperti bintang ini sangat bagus untuk menjaga imunitas tubuh.

Sebab dalam 100 gram belimbing memiliki kandungan vitamin C sebesar 49 mg. Buah ini juga memiliki kandungan serat hingga 4 gram dan 40 kalori.

Baca juga: Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Prostat, Otot dan Vitalitas

Berbagai manfaat buah belimbing untuk kesehatan tubuh seperti halnya mencegah berkembangnya bakteri yang menyebabkan infeksi.

Belimbing juga bisa membantu menjaga metabolisme tubuh serta bisa menurunkan resiko stroke dan jantung. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk mengkonsumsi belimbing yang kaya dengan vitamin C ini.

Blackcurrants

Blackcurrants ini juga termasuk dalam jenis buah-buahan yang mengandung cukup tinggi vitamin C. Konsumsi 56 gram blackcurrant atau setengah cangkirnya memiliki kandungan vitamin C sebanyak 101 mg.

Itu artinya blackurrants ini bisa mencukupi kebutuhan vitamin C harian anda hingga 112 persen. Bukan cuma vitamin C, blackcurrants ini juga kaya kandungan flavonoid antioksidan yang disebut sebagai anthocyanin.

Anthocyanin inilah yang membuat blackcurrant menjadi buah yang memiliki warna gelap. Saat anda rutin konsumsi blackcurrants, maka ini bisa mencegah penyakit saraf, mencegah penyakit kanker, jantung, dan membantu menjaga imunitas tubuh lebih baik lagi.

Mangga

Mangga juga terkenal sebagai salah satu jenis buah yang tinggi kandungan vitamin C. Saat anda konsumsi setengah buah mangga yang memiliki ukuran sedang, itu artinya anda sudah mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian kurang lebih 70 persen.

Buah mangga memiliki kandungan antioksidan berupa polifenol. Kandungan ini terbukti bisa membantu melindungi anda dari kanker usus besar dan kanker payudara.

Selain mengandung vitamin C tinggi, ternyata mangga juga memiliki kandungan vitamin lain di dalamnya. Sebut saja vitamin A, B6, E, bahkan memiliki kandungan tembaga dan kalium. Buah yang satu ini juga kaya serat serta fitonutrien seperti polifenol dan karotenoid.

Buah Nanas

Tidak jauh berbeda dengan stroberi, nanas juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dalam setengah gelas buah nanas atau 125 ml memiliki vitamin C sebesar 39-49 gram.

Selain kaya vitamin C, nanas juga cukup populer dengan kandungan bromelain yang terdapat di dalamnya. Bromelin adalah enzim pencernaan yang bisa memecah protein di dalam makanan serta membantu mengurangi kembung.

Selain itu, bromelain juga bisa berfungsi sebagai anti peradangan. Nanas juga mengandung vitamin A dan B kompleks dengan jumlah sedikit.

Leci

Ada lagi jenis buah yang mengandung vitamin C dan baik untuk imunitas tubuh. Namanya adalah buah leci. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah ini bukan?

Hampir 7 mg kebutuhan vitamin C atau sebanyak 7,5 persen kebutuhan harian anda bisa terpenuhi oleh satu leci saja. Dalam buah leci juga terkandung asam lemak omega-3 serta omega-6.

Kandungan ini sangat bermanfaat bagi jantung, otak, dan pembuluh darah dalam tubuh anda. Vitamin C yang terdapat dalam leci memiliki peran dalam sintesis kolagen serta kesehatan pembuluh darah.

Mulai sekarang anda bisa mengkonsumsi berbagai macam jenis buah yang mengandung vitamin C yang bagus untuk kesehatan tubuh. Cara konsumsinya juga beragam, bisa anda makan secara langsung, anda jadikan jus, salad buah, dan lainnya sesuai favorit anda. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara