Cara Berjualan di Shopee Bagi Pemula Agar Laris Manis

cara berjualan di shopee
Begini cara berjualan di shopee. Foto: Ist/Net

Cara berjualan di Shopee bisa menjadi alternatif mendongkrak penjualan. Para pebisnis online banyak yang menggunakan marketplace untuk berjualan karena tingginya tingkat kunjungan calon pembeli setiap hari.

Saat ini ada banyak marketplace atau e-commerce yang menyediakan layanan bagi para penjual untuk menawarkan barangnya. Marketplace ini ada yang merupakan buatan anak bangsa namun tak sedikit pula yang merupakan milik asing.

Sebut saja seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, dan masih banyak lagi. Tiga tersebut pertama merupakan marketplace terbesar dengan jumlah kunjungan mencapai jutaan orang setip harinya.

Shopee, mengutip data dari CupoNation, menjadi situs belanja online terbesar kedua setelah Tokopedia. Sepanjang tahun 2019, jumlah trafik Shopee mencapai 837,1 juta mengalahkan Bukalapak dengan trafik 823,5 juta. Sedangkan trafik Tokopedia mencapai 1,2 miliar.

Dengan kunjungan sebanyak 837,1 juta selama setahun, jumlah orang yang mengunjungi Shopee setiap bulan tercatat 69,75 juta. Artinya dalam setiap hari tak kurang dari 2,3 juta orang yang mengunjungi situs belanja ini.

Hanya dengan bermodalkan lapak yang kita buat secara gratis dan penerapan strategi yang tepat, cara berjualan di Shopee berpotensi laku terjual dalam waktu cepat. Terlebih jika barang yang kita jual memang populer dan banyak yang mencarinya.

Shopee mampu menjadi marketplace terbesar kedua karena berbagai kemudahan layanan yang ada. Karena itu banyak pedagang dan pelaku bisnis yang tertarik berjualan di Shopee.

Baca Juga: Cara Jualan di Bukalapak Agar Cepat Laku, Begini Triknya!

Cara Berjualan di Shopee Bagi Pemula

Dari sekian banyak marketplace yang ada, Shopee merupakan salah satu marketplace yang cocok untuk berjualan. Selain mudah membuat lapak dan banyaknya pengunjung, terdapat banyak fitur yang membantu para penjual agar produk mereka bisa laris.

Kesuksesan berjualan di Shopee akan sulit jika hanya membuat lapak lalu tinggal menunggu pembeli. Butuh penerapan strategi dan cara berjualan yang tepat khususnya bagi yang baru memulai. Berikut cara berjualan di Shopee bagi pemula.

Buat Voucher Promosi

Membuat voucher promosi merupakan salah satu strategi jitu yang perlu Anda lakukan untuk menarik pembeli sebanyak-banyaknya. Sebab, dengan penawaran voucher dan diskon, tentunya bisa menarik minat pengunjung untuk membelinya.

Shopee menyediakan fitur voucher promosi barang jualan. Cara membuatnya pun cukup mudah, tinggal membuka Shopee terlebih dahulu. Setelah itu klik “Voucherku” pada bagian “Promosiku”.

Selanjutnya tinggal klik “Buat Voucher Baru”. Nah di sini Anda perlu mengisi semua kolom informasi yang tertera. Jika semua sudah selesai, tinggal klik “Simpan” dan selesai.

Gunakan Fitur “Naikkan Produk”

Cara berjualan di Shopee yang juga perlu Anda lakukan agar barang jualan laris adalah dengan memanfaatkan fitur “Naikkan Produk”. Fungsi ini membantu jualan Anda agar bisa berada pada posisi teratas.

Saat produk jualan Anda berada pada bagian teratas tentunya calon pembeli yang berkunjung ke Shopee lebih mudah menemukannya.  Semakin mudah ditemukan, tentu potensi terjualnya produk tersebut akan semakin besar pula.

Baca Juga: Cara Jualan Online untuk Pemula Tanpa Modal Bisa Jadi Peluang Usaha

Perbanyak Variasi Gambar Produk Jualan

Cobalah Anda memposisikan diri sebagai calon pembeli yang berkunjung ke Shopee untuk berbelanja. Saat melihat lapak-lapak yang menawarkan produk tersebut, tentu Anda lebih tertarik pada lapak yang menampilkan banyak gambar untuk satu produk bukan? 

Salah satu cara berjualan di Shopee yang ampuh mendongkrak penjualan adalah dengan menyertakan banyak gambar untuk setiap produk yang Anda jual. Usahakan untuk membuat gambar asli produk Anda sendiri dan bukan mengambil dari Google.

Selain itu, variasikan gambar produk tersebut dengan menampilkan gambar dalam beberapa bagian. Seperti tampak depan, belakang, samping, gambar dengan kemasan, dan sebagainya. Semakin banyak gambar dari berbagai sisi tentunya akan terlihat semakin menarik.

Pasang Harga Produk yang Tepat

Saat memasang harga, pastikan tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Jika terlalu mahal, tentu orang tidak mau membeli produk Anda karena mereka bisa mendapatkan produk serupa dari lapak lain dengan harga lebih murah.

Sebaliknya jika terlalu murah, besar kemungkinan calon pembeli malah khawatir untuk membeli karena merasa kalau produk tersebut palsu atau tidak berkualitas. Karena itu lakukan survei harga agar Anda bisa mematok harga yang paling tepat.

Jika Anda bisa menerapkan beberapa cara berjualan di Shopee tersebut lalu memaksimalkan promosi ke social media, potensi terjualnya produk akan besar. Namun kesuksesan tidaklah instan. Butuh kesabaran, ketekunan, dan sikap pantang menyerah untuk sukses. (R11/HR Online)

Editor: Jujang

Aegis Boost Pro