Cara Cepat Menghafal dengan Baik dan Efektif yang Wajib Dicoba

Cara Cepat Menghafal
Ilustrasi Cara Cepat Menghafal. Foto: nourluxury.com

Cara cepat menghafal yang mudah menjadi salah satu hal paling banyak orang cari dan selalu untuk dapat orang dijadikan acuan sebagai proses dalam menghadapi ujian atau pekerjaan. Mengingat memang bukan menjadi perkara yang mudah untuk sebagian orang.

Jika salah satunya adalah anda, maka anda mungkin dapat terbantu dengan menyimak beberapa tips atau cara mengingat yang mudah dan tentu saja cepat berikut ini.

Cara Cepat Menghafal yang Efektif

Pasti anda pernah mengalami bagaimana sulitnya mengingat saat akan menghadapi ujian atau keperluan pekerjaan. Menghafal memang harus anda cari tahu tips jitunya agar berhasil dengan mudah dan cepat. Tentu saja hal ini sangat berguna bagi anda yang ingin mengembangkan kemampuan dalam hal mengingat akan suatu hal.

Tips berikut ini sebenarnya terbilang sederhana. Akan tetapi, jika anda ikuti atau lakukan dengan baik, maka akan memiliki dampak positif dan besar atas kemampuan berpikir anda. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

Terus Mengulang-Ulang Informasi

Salah satu langkah untuk mempermudah anda dalam menerapkan ingatan dengan cepat adalah dengan terus mengulang apa yang ingin anda kuasai.

Hal ini mungkin terdengar sepele dan klise oleh sebagian orang. Namun dengan melakukannya, anda akan mudah mengingat akan informasi tersebut.

Baca juga: Jangan Dibuang, Manfaat Gelembung Ikan Bagus Untuk Kecerdasan Otak dan Kesuburan Wanita

Cara cepat menghafal ini sangat berperan penting pada saat anda akan melaksanakan ujian sekolah atau semacamnya. Anda bisa terus membaca atau melihat akan informasi tersebut paling tidak lima kali atau bahkan lebih.

Hal tersebut juga sangat penting bagi kemampuan ingatan anda, baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Jadi, mulailah untuk menghalangi informasi tersebut dengan baik.

Tuliskan Informasi

Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mengingat adalah dengan menuliskan informasi yang akan anda kuasai tersebut.

Jika anda akan mempresentasikan mengenai pekerjaan untuk klien, maka anda dapat menuliskannya terlebih dahulu pada selembar kertas.

Jangan remehkan cara yang satu ini. Tips ini ternyata cukup ampuh untuk mengasah kemampuan ingatan anda akan informasi yang telah anda dapatkan tersebut.

Tinggalkan “Sistem Kebut Semalam”

Mungkin sebagian besar dari anda pernah menerapkan cara cepat menghafal yang satu ini. Langkah ini merupakan cara cepat dalam menghafal yang ketinggalan zaman dan juga sangat tidak efektif.

Bukannya anda dapat cepat mengingat, justru anda akan merasa pusing serta mengantuk pada saat waktu ujian atau menghadapi klien.

Apabila anda masih mempunyai waktu, maka sebaiknya anda dapat menghindari sistem mengingat yang satu ini. Karena menghafal dengan waktu yang lebih lama dan panjang merupakan cara yang efektif daripada mengingat semuanya dalam waktu satu malam.

Buatlah Sesi Tanya Jawab

Setelah anda menulis kembali atau mencatat bahkan mengulanginya berulang kali, maka selanjutnya anda dapat meminta bantuan kepada keluarga, teman, atau orang yang terdekat anda.

Bantuan berupa sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan catatan yang telah anda buat. Selanjutnya anda akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan benar. Hal ini cukup efektif untuk anda lakukan saat mengingat.

Melakukan Meditasi

Sesudah menerapkan beberapa cara cepat menghafal di atas, anda dapat melakukan meditasi. Meditasi dapat meningkatkan fungsi kerja otak dalam menguasai dan mengingat untuk jangka panjang maupun pendek.

Hasilnya, orang yang melakukan meditasi akan memiliki gambaran otak yang lebih sehat sehingga mudah untuk mengingat.

Hindari Distraksi

Pada saat anda akan “memindahkan” hafalan anda dari jangka pendek ke jangka panjang, maka anda wajib menghindari distraksi. Jauhkan segala sesuatu yang dapat mengganggu aktivitas mengingat anda seperti suara bising atau gaduh.

Terapkan Tidur yang Berkualitas

Bagaimana anda bisa menghafal jika anda mudah sekali mengantuk? Membaca atau mengingat sesuatu memerlukan fokus yang baik.

Baca juga: Ingin Kecerdasan Otak Anak Makin Encer? Berikan Makanan Ini!

Jadi, mengantuk dapat mengganggu proses tersebut berjalan dengan lancar. Cara cepat menghafal tidak akan efektif jika tidur anda tidak berkualitas pada saat malam hari.

Tidur merupakan salah satu hal yang penting. Pola tidur yang terganggu, maka akan mengganggu fungsi kognitif yang anda miliki. Jika anda akan menjalani presentasi atau ujian, maka terapkan pola tidur yang baik dan juga sehat.

Hal tersebut sangat bermanfaat bagi anda dan dapat mengingat informasi yang telah anda kuasai sebelumnya. Untuk pola tidur yang sehat, orang dewasa yakni sekitar 7-9 jam. Jalani dengan teratur, maka anda akan memperoleh manfaatnya dengan baik.

Jangan Hanya Fokus pada Informasi yang Mudah Saja

Ketika akan menghafal sesuatu, biasanya orang atau anda akan memilih untuk mempelajari informasi yang mudah terlebih dahulu. Padahal jika anda dapat menyisakan waktu yang lebih banyak untuk mengingat informasi yang sulit, maka anda pun dapat memperoleh waktu banyak untuk mempelajarinya.

Hal ini dapat menjadi salah satu cara cepat menghafal yang efektif. Intinya jangan menyerah sebelum bertanding atau jangan kalah sebelum menyerang.

Anda dapat menghadapi segala macam informasi yang sulit sekalipun untuk anda kuasai. Jangan lupa untuk memberikan waktu yang lebih dalam menguasai informasi tersebut.

Baca dengan Suara yang Keras dan Lantang

Salah satu cara ini dapat anda lakukan jika informasi tersebut berasal dari buku atau artikel dalam sebuah website. Inilah cara yang cukup efektif dalam mengingat cara cepat dan mudah.

Untuk membaca sebuah informasi yang mana akan anda pelajari, maka dapat anda lakukan dengan keras dan juga lantang. Sehingga, anda jangan pernah ragu untuk mencoba cara cepat menghafal yang satu ini.

Jangan Hanya Monoton

Bagi anda yang memutuskan untuk mencari tempat menyendiri dan juga sepi untuk mempelajari suatu hal, maka dapat dengan mencari tempat yang lebih bervariasi atau berganti tempat belajar. Ini dapat anda lakukan agar tidak monoton.

Contohnya, apabila anda sudah terbiasa mengingat sesuatu saat malam hari, maka coba untuk belajar pada waktu pagi hari. Jika anda terbiasa melakukannya dalam kamar sendiri, maka anda dapat berganti ke tempat yang baru.

Cari Tahu Cara Meningkatkan Konsentrasi

Selain memilih lokasi atau tempat belajar yang bervariasi, maka cara cepat menghafal yang baik dan benar adalah dengan mengetahui bagaimana cara anda bisa meningkatkan konsentrasi. Hal ini karena tidak semua orang mempunyai cara yang sama dalam memperoleh konsentrasi.

Pada umumnya, hal ini selalu berkaitan dengan kemampuan otak untuk merespon semua hal agar konsentrasi dengan baik. Seringkali, kita melihat orang yang bisa berkonsentrasi dengan mudah saat mendengarkan musik atau dengan cara yang lain.

Hal ini secara tidak langsung dapat kita tarik kesimpulan jika otak mempunyai ikatan yang erat dengan alunan musik tertentu. Itulah mengapa orang tersebut dapat memperoleh tingkat konsentrasi yang baik dengan mendengarkan musik.

Anda pun dapat mencoba menemukan hal apa yang mampu meningkatkan konsentrasi dalam mengingat. Sehingga proses tersebut dapat anda terapkan dengan mudah dan cepat.

Membuat Singkatan Tertentu

Pada umumnya, terdapat masalah atau kendala ketika anda mengingat yakni banyak huruf atau angka yang masuk dalam ingatan. Itu dapat anda akali dengan menemukan cara cepat menghafal saat mempelajarinya. Anda bisa membuat singkatan tertentu sebagai langkah solutif.

Baca juga: Ingin Kecerdasan Otak Anda Meningkat? Lakukan Olahraga Ini!

Biasanya, otak anda akan semakin mudah dalam mengingat sesuatu hal yang sifatnya minimalis atau sederhana. Semakin pendek kata atau angka yang anda ingat, maka akan kian mudah anda dalam mengingat dan merekamnya dalam memori anda.

Jangan Melupakan Dukungan Teman

Bagi anda yang ingin mengingat dengan cara yang cepat, maka jangan terlalu fokus pada kegiatan dalam rumah saja. Jangan lupa untuk memperhatikan kehidupan sosial anda. Dengan menjaga hubungan baik bersama teman, maka anda akan dapat terbantu dan lebih bermanfaat.

Bahkan, jika anda mempunyai banyak teman yang supportif, maka akan mempunyai dampak yang baik untuk perkembangan otak anda.

Terapkan Pola Hidup yang Sehat

Anda pasti akan kesulitan cara cepat menghafal seperti tips di atas secara optimal jika tidak menerapkan pola hidup yang sehat. Inilah mengapa sangat penting mempunyai tubuh yang sehat dan bugar agar memperoleh dampak yang baik untuk kesehatan otak anda. Misalnya, anda dapat melakukan olahraga yang berlangsung secara rutin. Dengan begitu, dapat menurunkan resiko pikun dan juga membantu dalam menjaga kesehatan otak.