Cara Daftar Grabfood dan Persyaratannya yang Mudah untuk Usaha

cara daftar grabfood
Begini cara daftar grabfood. Foto: ist/Net

Cara daftar Grabfood tidaklah sulit. Persyaratannya agar bisa bergabung juga mudah. Jika Anda memiliki atau mengelola usaha kuliner, mendaftar Grabfood akan bisa memaksimalkan penjualan dengan memasarkannya secara online.

Grabfood merupakan operator layanan antar online. Seperti halnya GoFood milik Gojek, layanan ini telah menjadi tren baru pemesanan makanan secara online oleh konsumen. Sehingga masyarakat tak harus datang ke warung untuk membeli makanan.

Dengan cara bergabung dan menjadi mitra Grabfood, peluang kesuksesan usaha kuliner Anda tentu akan menjadi lebih besar lagi. Namun agar bisa menjadi mitra Grabfood, tentu Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Baca Juga: Usaha Ayam Geprek Rumahan Modal Kecil yang Menguntungkan

Tahapan Cara Daftar Grabfood

Untuk cara daftar Grabfood cukup mudah. Yang penting semua persyaratan untuk bergabung dengan grabfood sudah Anda penuhi terlebih dahulu. Lantas apa saja persyaratannya dan bagaimana prosedur pendaftaran ke Grabfood, berikut ulasannya.

Syarat-Syarat Mendaftar Grabfood

Sebelum mulai mendaftarkan usaha kuliner Anda ke Grabfood pastikan Anda sudah melengkapi semua persyaratan yang ada. Berikut ini berbagai syarat-syarat agar bisa tergabung dalam layanan antar online ini.

  1. Profil lengkap warung atau restoran usaha kuliner Anda yang meliputi nama, alamat warung, nomor telepon, serta email yang aktif.
  2. Fotokopi KTP pemilik restoran atau rumah makan tersebut.
  3. Foto diri pemilik yang sedang memegang KTP.
  4. Scan atau foto NPWP yang asli, bukan foto NPWP hasil fotokopi
  5. Gambar atau foto daftar atau list menu makanan yang di tempat usaha kuliner Anda beserta harga dari masing-masing menu.
  6. Untuk melengkapi cara daftar Grabfood siapkan juga foto masing-masing dari setiap menu makanan yang Anda jual.
  7. Gambar atau foto tampak depan atau dari luar tempat usaha kuliner Anda. Pastikan pada bagian depan tempat usaha Anda terdapat spanduk atau apapun yang memperlihatkan nama restoran/warung/tempat usaha kuliner Anda.
  8. Anda juga perlu menyiapkan foto tampak dalam rumah makan atau tempat usaha kuliner Anda. Pastikan meja kasir, meja makan, serta dapur terlihat jelas.
  9. Foto logo rumah makan (jika ada)
  10. Foto buku rekening bank atau tampilan e-banking Anda. Pastikan nomor rekening tersebut terlihat jelas dalam foto.

Detail Cara Pendaftaran ke Grabfood

Setelah semua syarat-syarat tersebut Anda siapkan, selanjutnya tinggal mengikuti tahapan proses pendaftarannya. Berikut ini detail cara daftar Grabfood agar usaha kuliner Anda bisa menjadi mitranya.

Silahkan akses halaman website resmi Grab yaitu https://www.grab.com/id/merchant/food/ di browser kesayangan Anda.

Setelah masuk Anda tinggal mengisi formulir pendaftaran yang ada. Pastikan Anda mengisi semuanya dengan identitas nyata, seperti nama rumah makan atau restoran, alamat, kota, nama pemilik, nomor ponsel, email, serta catatan.

Jika sudah pastikan kesesuaian data yang Anda isikan pada formulir pendaftaran. Selanjutnya klik captcha atau autentifikasi lalu lanjutkan dengan memilih menu “Daftar”.  Selanjutnya akan terkirim konfirmasi ke email yang Anda masukkan saat mendaftar tadi.

Langkah cara daftar Grabfood selanjutnya adalah masuk ke email Anda untuk mengecek email konfirmasi dari Grab. Jika ada Anda tinggal melanjutkan pendaftaran GrabFood dengan meng-klik tulisan “Registrasi Restoran di Grabfood” pada email tersebut.

Selanjutnya secara otomatis Anda akan diarahkan ke laman help.grab.com. Scroll sampai kebawah laman tersebut untuk menemukan  menu formulir.

Baca Juga: Membuka Usaha Sendiri di Rumah yang Menghasilkan, Begini Caranya!

Silahkan isi formulir pendaftaran tersebut dengan data-data yang benar. Sebaiknya Anda tidak terburu-buru dalam mengisi data agar terhindar dari kesalahan. Jika sudah selesai selanjutnya tekan tanda panah berwarna hijau pada bagian paling bawah.

Tahapan cara daftar Grabfood selanjutnya adalah mengisi jadwal restoran yang mencakup jadwal buka tutup restoran dari Senin hingga Minggu. Sesudah selesai selanjutnya tekan tanda panah hijau agar proses pendaftaran bisa berlanjut.

Langkah selanjutnya isi menu restoran. Dari nama restoran, jenis makanan, nama menu, dan daftar harganya masing-masing. Untuk penambahan menu makanan tinggal pilih tanda plus (+). Setelah semua selesai, silahkan klik “Kirim”. Selesai proses pendaftaran ke grabfood.

Sesudah selesai pendaftaran Anda tidak langsung diterima. Tim GrabFood perlu melakukan pemeriksaan data-data yang telah Anda kirimkan terlebih dahulu. Jika pendaftaran Anda diterima, akan ada pemberitahuan melalui SMS atau Email yang Anda daftarkan.

Demikianlah tahapan cara daftar Grabfood dan informasi persyaratan yang harus Anda penuhi. Bergabung dalam layanan antar online terbukti bisa meningkatkan penjualan tanpa perlu repot membuat banyak lapak. (R11/HR Online)

Editor: Jujang