Cara Kerja Aplikasi AirDrop yang Viral Karena Video Syur GA-MYD

CaraKerja Aplikasi AirDrop
Ilustrasi Cara Kerja Aplikasi AirDrop. Foto: m.youtube.com

Cara kerja aplikasi AirDrop ialah dengan memanfaatkan Bluetooth untuk membuat jaringan Wi-Fi peer-to-peer antar perangkat yang ada. Aplikasi AirDrop akhir-akhir ini cukup mencuri perhatian.

Pasalnya, Airdrop disebut-sebut sebagai aplikasi yang digunakan oleh Gisel dalam mengirim video syurnya kepada Michael Yukinobu Defretes (MYD).

Seperti yang kita ketahui, keduanya saat ini sedang tersandung kasus dalam penyebaran video yang tidak senonoh dan terbukti bahwa pemeran dalam video tersebut adalah Gisel dan MYD.

Terlepas dari kasus panas tersebut, lalu apakah yang dimaksud dengan aplikasi Airdrop dan bagaimana cara kerja pada perangkat smartphone?

Baca juga: Aplikasi Live Streaming VCS Fitur Terbaik, Paling Direkomendasikan

Mengenal Aplikasi Airdrop

Bagi anda yang semakin penasaran dengan aplikasi Airdrop, berikut ini akan kita ulas mengenai pengertian serta cara kerjanya.

Airdrop merupakan salah satu fitur besutan Apple untuk kepentingan dalam berkirim file antar perangkat iOS serta MacOS secara wireless dan lebih praktis.

Aplikasi Airdrop sebenarnya sudah ada sejak lama. Akan tetapi, baru dalam waktu belakangan ini semakin naik daun dengan adanya kasus panas antara Gisel dan MYD. Perusahaan Apple pertama kali memperkenalkan Airdrop pada Mac OS X Lion yang resmi meluncur pada 20 Oktober 2010 silam.

Saat itu, aplikasi ini memiliki fungsi untuk mempermudah dalam hal pengiriman file yang lebih aman dan praktis kepada pengguna Mac lainnya.

Seiring berjalannya waktu, Apple semakin memperluas penggunaan Airdrop pada perangkat iPhone serta iPad. Yang selanjutnya, fitur ini pun juga tersemat pada iOS 7.

Cara Kerja Aplikasi AirDrop

Apple menjelaskan bahwa AirDrop hanya dapat anda gunakan pada saat perangkat Apple lain berada dekat dengan pengirim. Hal ini dijelaskan langsung oleh perusahaan Apple melalui laman resmi mereka.

Fitur ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan Bluetooth. Proses berikutnya, pihak pengirim harus memastikan bahwa penerimanya telah mengatur AirDrop yang terdapat pada perangkat mereka. Hal ini untuk mempermudah pengiriman file yang akan diterima oleh satu ponsel saja.

Dengan demikian, pihak penerima harus memiliki alamat email atau nomor ponsel pengirim agar AirDrop dapat berfungsi. Apabila pengirim tidak terdapat pada kontak penerima, maka pengguna dapat melakukan pengaturan penerimaan AirDrop penerima ke semua ponsel untuk menerima file tersebut.

Selain itu, dalam cara kerja aplikasi AirDrop ini, pemilik perangkat juga bisa menetapkan pengaturan penerimaan Airdrop ke “hanya kontak” atau “penerimaan mati” kapan saja.

Hal ini bertujuan untuk mengontrol siapa saja yang dapat melihat perangkatnya serta mengirim konten kepada pemilik perangkat pada fitur AirDrop.

Baca juga: Daftar Harga Aki Mobil Berbagai Merek Terkenal di Indonesia

Cara Mengirim File Dengan Aplikasi AirDrop

Cara kerja aplikasi AirDrop yang pertama adalah mengenai bagaimana cara dalam mengirim file dengan menggunakan fitur AirDrop yang antara lain:

  1. Buka aplikasi AirDrop.
  2. Selanjutnya tekan tombol “Bagikan”. Apabila anda ingin berbagi foto dari app foto, maka anda dapat menggeser ke kiri dan ke kanan, yang kemudian pilih beberapa foto.
  3. Langkah berikutnya pilih pengguna fitur AirDrop yang ingin anda ajak untuk berbagi. Atau anda dapat menggunakan AirDrop antara perangkat Apple yang anda miliki.

Apabila tidak nampak pengguna AirDrop atau perangkat anda yang lain, dalam hal ini Apple menyarankan kepada anda untuk memeriksa kembali pengaturan sebelum memulai menggunakan fitur tersebut.

Cara Menerima File dengan Fitur AirDrop

Mengenai cara kerja aplikasi AirDrop dalam hal penerimaan file adalah:

  1. Pada saat seseorang berbagi sesuatu dengan menggunakan aplikasi AirDrop, maka akan memperoleh pemberitahuan dengan pratinjau yakni dengan cara mengetuk “terima” atau “tolak”.
  2. Jika anda ketuk “terima”, maka fitur AirDrop akan masuk lewat aplikasi yang sama seperti yang mengirimkannya.
  3. Apabila anda mengirimkan sesuatu melalui aplikasi AirDrop ke diri sendiri, maka anda tidak akan menerima pilihan “terima” atau “tolak”.

Dalam hal ini, konten akan secara otomatis terkirim ke perangkat yang anda miliki. Dengan memastikan bahwa pengguna sudah masuk ke kedua perangkatnya menggunakan ID Apple yang sama.

Setelah mengetahui cara kerja aplikasi AirDrop, maka pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengirim file berukuran secara lebih cepat dan nyaman. Selain itu, transfer data pun dapat berlangsung secara lebih cepat. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid