Cara Mematikan Auto Download WhatsApp, Hemat Kuota dan Memori HP

Cara Mematikan Auto Download WhatsApp
Ilustrasi Cara Mematikan Auto Download WhatsApp. Foto: youtube.com

Cara mematikan auto download WhatsApp penting untuk anda ketahui. Hal ini dapat menjadi alternatif bagi anda untuk mengatasi storage smartphone yang penuh ataupun untuk menghemat data.

Kenapa hal ini dapat terjadi? Pasalnya, foto atau video yang terunduh secara otomatis pada grup WhatsApp atau kiriman teman anda akan secara otomatis tersimpan dalam memori ponsel anda. Secara default, aplikasi olah pesan satu ini akan mengunduh foto maupun video ke perangkat HP secara otomatis.

Apabila hal ini terjadi, tentu dengan keadaan memori yang mudah penuh karena foto dan video tersebut. Dapat membuat kinerja HP menjadi sedikit terganggu.

Ini Cara Mematikan Auto Download WhatsApp

Menggunakan aplikasi pengiriman pesan, salah satunya adalah WhatsApp dapat membuat aktivitas komunikasi berjalan lebih interaktif dan menyenangkan. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat mengirim berbagai jenis file, baik foto, video, ataupun suara.

Baca Juga : Cara Menggunakan WhatsApp Business yang Mudah untuk Pemula

Akan tetapi, banyak orang yang tidak sadar apabila aplikasi ini dapat mengkonsumsi paket data yang cukup besar pada saat proses mendownload file tersebut. Selain itu, awalnya dengan adanya fitur berbagi video, meme, image, serta GIF pada WhatsApp adalah suatu hal yang menarik.

Namun seiring berjalannya waktu, banyak pengguna yang mengeluhkan memori penyimpanan pada perangkat mereka mudah penuh karena kiriman foto atau meme yang kurang menarik.

Namun anda tidak perlu khawatir, berikut ini terdapat cara untuk mematikan auto download WhatsApp secara mudah dan efektif, antara lain:

Cara Mematikan Auto Download WhatsApp pada Android

Berikut ini beberapa langkah dalam menonaktifkan fitur auto download pada WhatsApp, antara lain:

  1. Langkah pertama buka aplikasi WhatsApp yang telah terinstal pada perangkat HP
  2. Klik tombol “Menu” dan kemudian “Setting” atau pengaturan.
  3. Cara menonaktifkan auto download WhatsApp berikutnya adalah klik ” Media auto-download”. Disini anda dapat mengatur opsi auto download pada saat terhubung dengan mobile data atau Wifi
  4. Kemudian pilih “When Using Mobile Data” dan hapus semua centang pada media yang akan anda block. Hal ini bertujuan agar tidak terdownload secara otomatis pada saat menggunakan mobile data.

Cara Mematikan Auto Download WhatsApp pada iOS

Bagi anda yang menggunakan perangkat iOS, cara untuk menonaktifkan fitur auto download yang terdapat aplikasi WhatsApp tidak terlalu berbeda dengan perangkat Android.

Pada perangkat iOS, anda hanya perlu menuju Settings lalu Data and Storage Usage. Kemudian klik Photo serta pilih Never, maka saat opsi muncul untuk menghentikan fitur unduhan otomatis pada aplikasi WhatsApp.

Pada langkah ini, anda dapat menghilangkan centang yang terdapat di sebelah Audio, Video, dan Document pada masing-masing bagian.

Baca Juga : Aturan Privasi Baru Whatsapp, Pengguna Wajib Tahu!

Hal ini bertujuan untuk mencegah bentuk media apapun yang terkirim dari pihak lain untuk diunduh pada perangkat smartphone.

Dengan demikian, fitur auto download pada aplikasi WhatsApp akan secara otomatis dinonaktifkan pada semua device serta platform. Selain itu, kondisi jaringan apapun yang terhubung dengan perangkat yang anda gunakan.

Baik menggunakan data seluler, menggunakan internet melalui koneksi WiFi atau hotspot, dan ketika roaming. Cara mematikan auto download WhatsApp PC ataupun WhatsApp Web juga dapat anda lakukan dengan cara ini.

Selanjutnya tidak ada gambar yang dibagikan atau dikirim seseorang melalui aplikasi WhatsApp yang akan tersimpan secara otomatis pada smartphone Android, iPhone, hingga perangkat PC atau laptop anda.

Baca Juga : Aplikasi Chatting Buatan Indonesia Fitur Lengkap, Wajib Dicoba

Apabila anda ingin melihat atau membuka gambar, video, sticker, dokumen, ataupun file lainnya yang telah dibagikan. Maka anda dapat mengunduh semua gambar, video, ataupun file lainnya secara manual.

Untuk menyimpan foto pada perangkat, anda hanya perlu klik ikon download pada tengah gambar saat menerimanya. Menyeleksi gambar yang terdownload, maka anda dapat membersihkan dari berbagai jenis video ataupun gambar yang tidak anda inginkan pada galeri smartphone yang anda miliki.

Dengan mengetahui cara mematikan auto download WhatsApp, maka banyak manfaat yang dapat anda peroleh. Selain dapat menghemat memori yang ada, maka anda juga bisa menghemat penggunaan mobile data ataupun storage pada smartphone anda. Pasalnya, saat fitur download otomatis dalam keadaan aktif, maka data internet akan tetap mengalir seperti sungai. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto