Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Membaca Ukuran Velg Motor, Memudahkan Anda Saat Membeli

Cara Membaca Ukuran Velg Motor, Memudahkan Anda Saat Membeli

Cara membaca ukuran velg motor sebenarnya cukup mudah. Sebab, sudah ada nomor seri dan ukuran yang tercetak pada komponen tersebut.

Setiap kendaraan memiliki tipe dan jenis yang berbeda. Maka dari itu, ukuran velg tidak sama. Itulah salah satu alasan mengapa sebagai pemilik kendaraan, anda perlu tahu ukuran saat akan melakukan penggantian.

Velg menjadi salah satu komponen sepeda motor yang penting. Sebab, letaknya yang berada pada bagian roda ini menunjang kendaraan bisa berjalan.

Bahkan ketika komponen bermasalah, maka akan menimbulkan bahaya saat berkendara. Setiap velg memang hadir dengan berbagai macam ukuran dan bisa disesuaikan dengan tipe sepeda motor itu sendiri.

Pada umumnya, ukuran komponen tersebut yang sudah beredar di pasaran menjadi ukuran standar DOT (Department of Transportation).

Jika anda masih bingung dengan bagaimana cara membacanya, jangan khawatir. Semua informasi yang ada pada komponen tersebut memiliki istilah sendiri-sendiri.

Jika dari segi ukurannya saja, bisa terbaca pada bibir bagian luar. Sehingga dengan ukuran standar yang sudah ditentukan, komponen tersebut beredar menggunakan satuan inci.

Misalnya yang tertulis pada komponen ukuran 5,00×17, maka membacanya komponen memiliki lebar 5 inci dengan diameter ring 17 inci. Begitu cara membaca ukuran velg motor.

Namun, ada juga penulisan ukuran yang ada pada velg dengan terbalik semua tergantung dari perusahaan. Meski demikian, membacanya tetap sama.

Karena meski berbeda letak tulisan, namun ukuran tetap menggunakan inci bukan centimeter atau milimeter. Jika anda tidak bisa mengetahuinya secara jelas, tentu akan bingung ketika melakukan penggantian komponen.

Cara Membaca Ukuran Velg Motor

Komponen penting pada sepeda motor cukup banyak. Salah satunya yaitu velg. Komponen ini berada pada bagian roda yang memiliki peranan guna membuat kendaraan bisa berjalan.

Mungkin sebagian besar orang belum tahu informasi yang ada pada velg. Padahal salah satunya anda bisa melihat ukuran yang terdapat pada komponen tersebut.

Ada spesifikasi yang bisa anda lihat sebagai informasi dengan adanya kode. Bagi anda yang belum tahu bagaimana cara membaca kode dan ukuran velg, bisa melihat informasi yang ada pada komponen tersebut.

Berikut ini ada informasi yang bisa anda baca pada velg, yaitu:

Ukuran

Cara membaca ukuran velg motor sebenarnya mudah saja, anda tinggal cari tulisan kode yang terdapat pada komponen tersebut. Pada umumnya, kode yang tersedia tertulis pada komponen tersebut secara jelas.

Sebagai contoh, velg Honda CBR250RR. Pada bagian depan 17X2.75, hal ini menandakan velg memiliki diameter lingkar 17 inci dan lebar 2,75 inchi.

Baca Juga : Motor Oleng Saat Jalan Tidak Rata, Sebaiknya Cari Tahu Penyebabnya

Sedangkan untuk bagian belakang 17×4.00 yang artinya memiliki diameter 17 inchi dan lebar 4 inchi. Namun, jika tulisannya terbalik, cara bacanya pun tetap sama.

Dengan mengetahui informasi yang ada, tentu memudahkan anda dalam pembelian. Bahkan memudahkan anda saat mengganti komponen tersebut.

Peruntukan

Selain cara membaca ukuran velg motor, ada informasi yang bisa anda dapatkan yaitu peruntukan komponen tersebut. Velg motor tersedia untuk Tube Type dan Tubeless Type.

Untuk komponen yang digunakan ban Tubeless biasanya terdapat tulisan FOR TUBELESS pada bagian palangnya. Jika tidak, juga terdapat kode MT sebelum lebar velg, misalnya MT 4.00.

Merek

Dalam velg tersedia spesifikasi lain yaitu merk dari komponen itu sendiri. Anda bisa mengetahui dari perusahaan mana komponen tersebut dibuat.

Sehingga anda bisa memilih dan membandingkan mana merk yang bagus dan berkualitas. Sehingga tepat untuk anda kenakan pada kendaraan.

Cara membaca ukuran velg motor juga bisa mengetahui tempat produksinya. Selain itu, anda juga bisa tahu merk mana yang biasa digunakan pada kendaraan.

Standar dan Sertifikasi

Semua komponen kendaraan yang menyangkut dengan safety tentu memiliki standar. Ada standar SNI, DOT yang dikeluarkan oleh NHTSA (National Highway Traffic Safety Association) di Amerika.

Baca Juga : Jangan Gunakan Sabun Colek atau Deterjen saat Cuci Velg!

Sedangkan untuk JWL sebuah sertifikasi roda yang teruji dan terdaftar pada Asosiasi Inspeksi Kendaraan Jepang. Sebenarnya ada banyak informasi yang bisa anda ketahui dari beberapa kode yang ada pada velg.

Salah satunya yaitu cara membaca ukuran velg motor. Sehingga memudahkan anda dalam membeli komponen tersebut. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -