Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita BisnisCara Membuat Neraca Saldo Sederhana yang Penting untuk UKM

Cara Membuat Neraca Saldo Sederhana yang Penting untuk UKM

Cara membuat neraca saldo yang benar penting bagi pelaku bisnis, khususnya usaha kecil. Pengetahuan dalam membuat laporan neraca ini yang baik akan memberikan hasil laporan yang akurat dan bukan hasil rekayasa.

Dalam sebuah bisnis laporan neraca keuangan memiliki peranan penting. Seperti untuk menentukan keakuratan perhitungan berbagai biaya dan lainnya. Selain berguna untuk memantau perkembangan bisnis, laporan ini juga penting bagi investor atau pihak ketiga.

Neraca saldo pada dasarnya bisa kita lakukan secara manual ataupun membuatnya otomatis oleh sistem akuntansi. Dalam laporan keuangan ini tercantum semua data dari setiap akun Buku Besar yang biasanya ditutup pada akhir periode akuntansi.

Cara Membuat Neraca Saldo Secara Mudah

Keberadaan neraca ini sangat penting dalam pembukuan sebuah usaha. Dari laporan ini bisa mencerminkan semua saldo kredit dan debit dari semua akun yang terdapat dalam buku besar.

Baca juga: Akuntansi Dasar untuk UMKM Perlu Dikuasai Agar Lebih Kredibel

Karena itu setiap pembuatan neraca keuangan wajib memastikan bahwa setiap akun memiliki data yang akurat dan tidak ada kesalahan.

Dalam pembuatan laporan neraca membutuhkan persiapan dan bahan yang detail agar hasil laporan keuangan ini akurat. Berikut cara-cara membuat neraca saldo yang benar yang penting bagi pelaku usaha kecil.

Memantau Keseluruhan Data

Langkah pertama adalah melakukan pencatatan dari setiap transaksi ke dalam sebuah jurnal. Hasilnya kemudian kita masukkan ke dalam buku besar sehingga pada tahap terakhir bisa untuk menyiapkan neraca keuangan.

Proses ini penting kita melakukannya sebagai metode verifikasi bahwa laporan total debit telah sama dengan total kredit.

Dalam pembuatan pencatatan manajemen ini kita membutuhkan catatan saldo akhir dari semua akun yang terdapat pada buku besar, buku kas, hingga pembukuan bank. Sehingga masing-masing akun buku besar tersebut haruslah seimbang.

Memahami Aturan

Cara membuat neraca saldo yang baik juga penting memahami aturan yang ada. Saldo akun seperti aktiva, akun biaya, saldo tunai, saldo bank, hingga kerugian harus tercatat dalam kolom debit laporan ini.

Begitu juga saldo seperti kewajiban atau liabilitas, akun pendapatan, akun modal, hingga profit penempatannya pada kolom kredit. Aturan dalam pembuatan laporan keuangan ini penting Anda tahu.

Memahami Dua Bentuk Utama

Dalam pembuatan neraca saldo terdapat dua bentuk utama atau metode umum yang biasanya berlaku dalam akuntansi. Kedua bentuk utama tersebut meliputi:

Total Method

Pada bagian sisi debit dan bagian kredit yang terdapat pada akun Buku Besar harus kita pindahkan. Kemudian total sisi debit kita tempatkan pada kolom debit, begitu juga dengan bagian sisi kredit.

Baca juga: Cara Membuat Laporan Keuangan untuk Usaha Kecil dan Mikro

Sehingga jumlah pada kolom kredit dan kolom debit dari akun buku besar, kita pindahkan ke dalam buku neraca. Dengan begitu keduanya harus memiliki jumlah yang sama.

Balance Method

Sedangkan cara membuat neraca saldo dalam bentuk balance method ini agak berbeda. Umumnya saldo semua akun yang terdapat pada buku besar akan ditampilkan dalam laporan keuangan ini.

Untuk memberikan contoh pembuatan kolom untuk laporan neraca yang paling mudah adalah dengan cara membuat empat kolom yang terdiri dari Nomor Akun, Nama Akun, Debit, dan Kredit.

1) Pada kolom nama akun bisa Anda isi dengan nomor kode akun.

2) Pada kolom nama akun bisa Anda isi dengan nama akun sesuai dengan urutan nomor akunnya.

3) Pada kolom debit bisa Anda isi dengan jumlah saldo akun yang saldonya debit.

4) Pada kolom kredit bisa Anda isi dengan jumlah saldo akun yang saldonya kredit.

Ketelitian dalam Pembuatan Neraca Saldo

Dalam cara membuat catatan manajemen yang baik, ketelitian merupakan faktor yang sangat penting. Untuk memastikan benar atau tidaknya laporan keuangan tersebut, Anda bisa memperhatikan jumlah total dari debit dan kredit yang telah tercatat.

Apabila jumlah keduanya sama, artinya posting laporan neraca keuangan yang Anda buat telah benar. Agar pembuatan neraca bisa Anda pahami dengan baik Anda bisa melakukan simulasi sendiri supaya bisa lebih cepat dalam menguasainya.

Itulah beberapa hal penting cara membuat neraca saldo yang baik. Keberadaan laporan keuangan ini sangat penting bagi pelaku bisnis, terlebih jika usaha Anda masih skala kecil. Laporan neraca bisa merefleksikan manajemen usaha yang baik. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img