Cara Menambah Pelanggan Baru yang Tepat dan Hemat

Cara Menambah Pelanggan Baru
Ilustrasi Cara Menambah Pelanggan Baru. Foto: Net/Ist

Cara menambah pelanggan baru sangat penting untuk meningkatkan bisnis. Cara menambah pelanggan yang tepat dan efisien menjadi hal utama yang perlu pelaku bisnis perhatikan.

Beberapa masalah yang terdapat dalam dunia usaha seringkali muncul salah satunya dari kemampuan pelaku usaha menciptakan pelanggan-pelanggan barunya.

Dalam hal ini, banyak faktor yang menyebabkan masalah tersebut terjadi, bisa jadi karena minimnya akses dan pengetahuan usaha atau karena menetapkan strategi bisnis yang tidak tepat.

Menetapkan strategi yang tidak tepat dalam usaha biasanya menjadi penyebab pebisnis mengalami kesulitan dalam mendapatkan pelanggan-pelanggan barunya.

Semangat yang tinggi tanpa ada strategi yang tepat bisa jadi satu masalah besar yang berpengaruh terhadap kemajuan atau kemunduran bisnis.

Baca juga: Jualan Online Paling Laris dan Banyak Dicari

Beberapa Cara Menambah Pelanggan Baru

Nah, supaya Anda dapat membangun usaha serta strategi bisnis yang baik beberapa hal berikut perlu menjadi perhatian dan penting untuk Anda lakukan untuk mendapatkan konsumen baru.

Ciptakan Jaringan Melalui Komunitas

Strategi bisnis satu ini sebenarnya cukup kuno karena banyak orang beranggapan hal ini terlalu membuang waktu.

Namun, hal yang paling penting dalam bisnis adalah pelanggan potensial yang mana mereka dapat menjadi pelanggan secara terus menerus.

Pelanggan potensial seringkali berkumpul dalam komunitas yang sesuai minatnya, mereka bisa sebagai sesama pedagang atau pedagang baru.

Melalui komunitas, Anda bisa membangun jaringan dari mulut ke mulut dengan strategi komunikasi marketing yang Anda miliki dan menciptakan jaringan pelanggan potensial dengannya.

Berbicara strategi komunikasi marketing sebagai cara menambah pelanggan baru, pastikan untuk menggunakan sikap “Bagaimana saya bisa membantu dan bermanfaat terhadap orang lain”.

Hal ini akan berpengaruh terhadap bagaimana respon dari para calon pelanggan yang akhirnya berdampak terhadap minat mereka terhadap usaha Anda.

Promosikan Keahlian serta Pengetahuan Anda

Mengetahui bisnis yang kita jalankan dengan sebaik-baiknya merupakan bagian dasar yang penting kita perhatikan bahkan sebelum memulai bisnis.

Karena, dengan mengetahui itu Anda dapat mengetahui seberapa jauh kemampuan yang dapat Anda tuangkan dalam bisnis.

Setelah semua itu sudah terkuasai, cara menambah pelanggan baru selanjutnya adalah mempromosikan keahlian serta pengetahuan Anda.

Calon pelanggan Anda akan tertarik terhadap pelaku usaha yang mengerti betul apa yang mereka usahakan.

Sebagai awal datangnya pelanggan, seringkali tidak hanya sebagai konsumen langsung, tapi bisa jadi bermula dari konsultasi seputar produk atau jasa yang berhubungan dengan usaha Anda.

Oleh karena itu, dengan mempromosikan keahlian dan pengetahuan yang dimiliki, calon pelanggan akan lebih tertarik.

Menciptakan Referal

Gurita bisnis menjadi strategi menarik untuk menciptakan pelanggan-pelanggan baru dan potensial, ini bisa kita ciptakan melalui pelanggan yang merasa puas.

Mereka yang merasa puas atas pelayanan yang kita berikan akan berpeluang besar untuk menawarkan bisnis terhadap teman atau kerabatnya.

Namun menunggu mereka menawarkan merupakan sesuatu yang terlalu lamban, strateginya adalah memegang kendali dengan membuat tindak lanjut terhadap mereka yang memberikan respon baik.

Misal dengan mengirim email atau pesan untuk memberikan review melalui media sosial pelanggan dan banyak hal lagi. Ini merupakan cara menambah pelanggan baru yang sangat efektif dan hemat.

Selain melalui konsumen yang merasa puas, Anda juga bisa menciptakan referal melalui reseller, yaitu dengan meminta mereka melakukan hal yang sama terhadap konsumen yang mereka dapatkan.

Menjaga Komunikasi dengan Pelanggan Lama

Komunikasi merupakan bagian penting dalam bisnis, komunikasi yang baik dengan pelanggan akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis.

Pelanggan lama bisa berupa konsumen langsung atau mitra bisnis, ketika mereka sudah lama tidak berinteraksi dengan usaha kita, penyebabnya bisa jadi karena lupa.

Memeriksa daftar kontak pelanggan lama dan menghubunginya kembali merupakan cara menambah pelanggan baru yang tepat dan hemat.

Kenapa demikian, karena semua yang lama bisa saja menjadi baru dengan merawatnya sebaik mungkin termasuk dalam urusan pelanggan.

Anda bisa menghubunginya dengan penawaran-penawaran yang menarik seperti penawaran khusus atau menawarkan produk terbaru.

Dengan itu, pelanggan lama Anda akan merasa senang dan akan berusaha membeli atau berminat untuk bekerjasama kembali.

Baca juga: Cara Daftar Gofood, Membangun Bisnis Makanan Dari Nol

Berpartisipasi dalam Acara Komunitas

Setelah bisnis mulai berkembang, melupakan partisipasi dalam komunitas bisa menjadi sesuatu yang di anggap sembarangan.

Membagi keuntungan untuk kepentingan umum merupakan bagian yang secara tidak langsung dapat berpengaruh dengan naiknya brand usaha.

Partisipasi usaha dalam komunitas seperti komunitas amal atau organisasi masyarakat, akan menciptakan kepercayaan dan minat yang besar.

Kemudian hal ini adalah bagian di mana masyarakat secara spesifik mengenal bisnis Anda. Partisipasi bisa berupa sponsor ataupun partisipasi berupa bantuan.

Cara menambah pelanggan baru yang terakhir ini bisa terbilang mahal dan seringkali terabaikan, padahal pengaruhnya yang bertahan lama membuat cara ini sebenarnya sangat effisien dan baik untuk dilakukan. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid