Sabtu, Oktober 16, 2021
BerandaBerita BisnisCara Menanam Hidroponik, Mengubah Hobi Menjadi Bisnis

Cara Menanam Hidroponik, Mengubah Hobi Menjadi Bisnis

Ingin tahu cara menanam hidroponik yang berhasil? Ada banyak kelebihan maupun kekurangan teknik menanam hidroponik ini. Namun dengan teknik ini mampu mengatasi kendala keterbatasan lahan seperti bercocok tanam biasa.

Hidroponik merupakan metode bertani yang tidak menggunakan media tumbuh dari tanah. Seperti pada istilah ini yang terdiri atas hidro dan agroponik. Secara harfiah berarti menanam dengan media air yang mengandung campuran hara.

Salah satu kendala yang sering kita alami saat ingin menanam sayur adalah karena sempitnya lahan atau tidak tersedianya lahan yang memadai. Namun kendala tersebut bisa kita atasi dengan bertanam menggunakan teknik hidroponik.

Cara menanam hidroponik pertama kali diperkenalkan Dr. WF. Gericke dari Universitas California, Amerika Serikat. Sejak itu metode bercocok tanam ini berkembang dan memiliki beberapa sistem praktis. Baik yang paling mudah hingga yang sulit. 

Baca Juga: Cara Menanam Porang yang Benar, Umbi Mahal yang Menguntungkan

Kelebihan Cara Menanam Hidroponik

Sebagaimana metode pertanian lainnya, budidaya secara hidroponik juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun dibandingkan bertani menggunakan media tanah, kebutuhan air pada hidroponik justru lebih sedikit.

Untuk Anda yang hobi berkebun, teknik hidroponik bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Berikut ini berbagai kelebihan dari metode secara hidroponik yang menguntungkan secara bisnis.

Tidak Membutuhkan Media Tanah

Jika bercocok umumnya membutuhkan media tanah, cara menanam hidroponik malah tidak membutuhkannya. Oleh karena itu, teknik bertanam ini bisa Anda lakukan di mana saja. Bahkan dalam ruangan sekalipun.

Selain itu, area bercocok tanam juga lebih bersih karena tidak menggunakan tanah sama sekali. Ini tentunya menguntungkan buat Anda yang tidak memiliki lahan sehingga bisa memanfaatkan area sekitar rumah secara optimal.

Pertumbuhan Tanaman Lebih Cepat

Sudah banyak terbukti kalau pertumbuhan tanaman lebih cepat jika menggunakan metode hidroponik. Ini karena menggunakan media air. Dengan menambahkan hara yang cukup akan membuat akar tanaman menyerap secara optimal.

Usaha pertanian yang menguntungkan tentunya yang waktu panennya cepat. Karenanya metode bercocok tanam yang satu ini merupakan salah satu solusi terbaik bercocok tanam cepat panen.

Baca Juga: Cara Menanam Cabe Rawit yang Mudah dengan Hasil Melimpah

Tidak Membutuhkan Banyak Tenaga Kerja

Dengan cara menanam hidroponik, tenaga yang Anda butuhkan untuk usaha ini tergolong sedikit. Pasalnya, kita tidak  membutuhkan pengolahan lahan dan penanaman secara permanen.

Selain itu proses penanaman dengan teknik modern ini juga lebih mudah. Tidak heran jika metode penanaman ini jauh lebih praktis dan efisien. Sehingga sangat tepat sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Hasil Panen Lebih Steril

Buah maupun sayuran sebagai hasil panen dengan metode hidroponik jauh lebih steril. Hal ini karena bebas dari pestisida maupun zat-zat berbahaya lainnya. Sehingga buah dan sayuran yang dipanen lebih segar dan lebih aman untuk konsumsi.

Selain itu keunggulan lain cara menanam hidroponik juga banyak. Seperti tingkat risiko terserang penyakit dan hama yang lebih sedikit, penggunaan pupuk yang lebih sedikit, serta waktu bercocok tanam yang tidak tergantung cuaca.

Baca Juga: Cara Membuat Aquascape untuk Pemula dengan Mudah dan Murah

Kekurangan Cara Menanam Hidroponik

Selain ada kelebihan tentunya metode ini juga ada kelemahannya. Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh metode bertanam secara hidroponik adalah sebagai berikut.

Membutuhkan Modal Besar

Kekurangan pertama dari metode hidroponik adalah kebutuhan modal awal yang besar untuk memulainya. Metode ini tidak cocok kecuali untuk budidaya tanaman dalam skala besar. Dengan skala besar, maka modal besar akan lebih cepat kembali.

Peralatan Budidaya Masih Langka

Karena cara menanam hidroponik masih tergolong jarang dilakukan di Indonesia, membuat peralatan untuk pemeliharaannya masih terbilang langka dan sulit ditemukan. Bahkan tidak setiap toko pertanian menyediakannya.

Kondisi ini semakin berat dengan minimnya ahli hidroponik di Indonesia. Karena itu jika kita mengalami kendala saat melakukannya akan kesulitan untuk berkonsultasi atau mencari solusi terhadap masalah yang ada.

Membutuhkan Kreasi yang Tinggi

Saat bercocok tanam  dengan metode hidroponik, kita dituntut untuk pandai berkreasi, khususnya dalam pembuatan aneka peralatannya. Namun hal ini berguna agar peralatan yang kita butuhkan tidak harus kita beli semua karena harganya yang lumayan mahal.

Demikianlah informasi mengenai cara menanam hidroponik beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum mulai bercocok tanam menggunakan metode ini untuk bisnis, sangat penting untuk mendalami teknik ini secara lebih lanjut. (R11/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img