Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Mengaktifkan Vulkan di Android Nougat dan Oreo, Simak Ulasannya!

Cara Mengaktifkan Vulkan di Android Nougat dan Oreo, Simak Ulasannya!

Cara mengaktifkan vulkan di Android adalah salah satu hal penting untuk anda ketahui. Vulkan merupakan suatu program besutan Khronos Group yang resmi hadir pada tahun 2015. Untuk saat ini, vulkan ini telah mendukung untuk Android dengan sistem operasi Nougat atau Android 7.0 ke atas.

Selain itu, vulkan API juga support pada Android yang telah menggunakan prosesor Snapdragon 625+ atau lebih. Mode vulkan yang tersemat dalam sebuah Android memiliki fungsi untuk meningkatkan performa HP.

Mampu meningkatkan kualitas Graphic pada sebuah smartphone. Lalu juga dapat meningkatkan daya tahan baterai serta dapat menjadi pengganti open GL. Open GL merupakan suatu program grafis standar dari AndroAud guna mengolah grafis pada smartphone.

Begini Cara Mengaktifkan Vulkan di Android dengan Mudah

Pada ROM Android dan Oreo, umumnya telah memiliki driver Vulkan API. Namun hal ini tidak aktif secara default.

Pasalnya, Play Store mengetahui jenis perangkat yang menerima API secara resmi ataupun yang tidak. Sebagai contoh pada Redmi Note 3 Pro. Meski dalam perangkat ini telah memiliki sistem driver yang mendukung, akan tetapi tidak mendukung API.

Baca Juga : Menghilangkan Internet Positif Android Tanpa Aplikasi, Berikut Ulasannya!

Oleh karena itu, dalam perangkat ini perlu menyamarkan perangkat. Lalu mengubahnya menjadi beberapa perangkat yang telah menerima vulkan secara resmi.

Setelah mengaktifkan mode vulkan API, maka para pengguna smartphone dapat memperoleh beragam manfaat. Baik untuk game ataupun aplikasi yang telah mendukung API.

Pengertian dan Kelebihan Vulkan

Sebelum mengetahui cara mengaktifkan vulkan di Android, penting bagi anda untuk mengetahui pengertian vulkan dan apa saja kelebihannya.

Vulkan adalah salah satu platform grafik 3D serta komputasi API dengan overheat yang rendah. Khronos Grup telah mengembangkan Vulkan pada tahun 2015 silam dengan menggunakan berbagai komponen dari AMD Mantle API.

Dalam hal ini, Vulkan menargetkan aplikasi grafik 3D realtime yang memiliki kinerja tinggi seperti untuk video game serta media interaktif pada berbagai platform.

Vulkan mulai dapat anda temui pada perangkat dengan Android versi 7.0 atau Nougat ke atas. Jika kita bandingkan dengan API grafik lainnya yakni open GL, vulkan terbukti mampu menghasilkan performa CPU ataupun GPU yang lebih tinggi serta lebih seimbang.

Baca Juga : Cara Mengganti Device ID Android dengan Mudah dan Aman

Selain itu, Vulkan mempunyai penggunaan CPU yang lebih rendah serta pemanfaatan multi core CPU yang lebih optimal. Untuk saat ini telah banyak smartphone yang mensupport vulkan. Akan tetapi, masih menggunakan open GL sebagai API untuk grafik utamanya.

Cara Cek Vulkan Support pada Android

Hal penting lain sebelum anda mengetahui cara mengaktifkan vulkan di Android adalah mengetahui cara cek vulkan support pada Android.

Lalu bagaimanakah cara mengetahui apakah perangkat anda mempunyai driver vulkan? Caranya cukup mudah, yakni dengan download AIDA64 pada layanan Play Store.

Selanjutnya buka AIDA64 -> Devices. Apabila terdapat kalimat “Vulkan Device-Adreno (TM) 510”, maka berarti perangkat anda telah mempunyai driver vulkan.

Lalu anda tinggal memakai vulkan aktivator dalam mengaktifkannya. Akan tetapi, jika perangkat anda belum mempunyai vulkan driver, maka anda dapat pasang terlebih dahulu vulkan drivernya yang selanjutnya pasanglah vulkan aktivator.

Cara yang kedua untuk mengetahui apakah perangkat anda memiliki driver vulkan sebelum mengetahui cara mengaktifkan vulkan di Android adalah dengan menggunakan DevCheck Hardware and System Info. Ini merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan secara spesifik mengenai hardware serta system dimanfaatkan.

Mulai dari CPU, memori, layar hingga yang lainnya. Berikut ini cara cek vulkan dengan DevCheck, antara lain download aplikasi DevCheck pada Play Store serta instal.

Baca Juga : Cara Mematikan Auto Download WhatsApp, Hemat Kuota dan Memori HP

Kemudian buka dan pilih tab Hardware atau perangkat keras. Lalu pada bagian grafik, anda akan mengetahui status vulkan support.

Mengetahui Cara Mengaktifkan Vulkan di Android

Berikut ini cara mengaktifkan vulkan di Android, antara lain:

  1. Download vulkan driver, vulkan aktivator, serta AIDA 64 pada Play Store
  2. Reboot ke TWRP
  3. Selanjutnya backup ROM yang tengah anda gunakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak anda inginkan. Pasalnya, dalam hal ini tidak terdapat file uninstalernya.
  4. Lalu instal driver vulkan.zip pada smartphone yang belum mempunyai driver vulkan
  5. Berikutnya install vulkan aktivator.zip untuk mengaktifkan vulkannya
  6. Reboot system

Setelah semua cara mengaktifkan vulkan di Android di atas telah anda lalui dengan baik, maka vulkan pun dapat aktif dengan tepat pada perangkat anda. Dengan demikian, anda dapat flash custom ROM melalui custom recovery yang telah terpasang. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -