Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Angin Duduk Lengkap Dengan Gejala dan Penyebab

Cara Mengatasi Angin Duduk Lengkap Dengan Gejala dan Penyebab

Cara mengatasi angin duduk ketika menyerang salah satu anggota keluarga haruslah dengan pertolongan yang tepat. Hal ini berkaitan dengan keselamatan nyawa keluarga anda. 

Oleh karena itu, anda harus mengetahui secara persis bagaimana menangani angin duduk dan gejala seperti apa yang biasa terlihat saat terkena angin duduk.

Anda tentunya tahu apa itu angin duduk. Angin duduk merupakan nyeri menyerang dada yang muncul akibat gangguan di aliran darah ke jaringan otot jantung. Nyeri yang terasa ini sering kali mirip dengan nyeri dada penyakit lain.

Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi Angin Duduk

Gejala angin duduk pada seseorang secara mendadak berupa nyeri seperti tertindih. Bisa saja terjadi ketika anda beraktivitas atau kondisi jantung memompa darah dengan cepat. Cara menangani angin duduk yang tepat dapat dengan memperhatikan gejalanya.

Gejala yang timbul sangat bervariasi pada seseorang. Namun kebanyakan terjadi sekitar 5 menit. Beberapa gejala yang sering dirasakan oleh seseorang yang mengalami angin duduk adalah mual, kelelahan, berkeringat, dan pusing.

Baca Juga : Penyebab dan Gejala Angin Duduk, Serangan Jantung yang Kerap Dianggap Hal Biasa

Selain itu, juga sesak nafas, sakit atau nyeri, sensasi panas atau terbakar, perasaan yang tidak nyaman pada dada, dada terasa penuh, dada terasa berat, dan ada sensasi penekanan atau tindihan pada dada.

Ciri lainnya yang mungkin muncul adalah merasakan sakit di belakang tulang dada yang menyebar ke bahu, lengan tenggorokan, leher, punggung, atau rahang.

Dibalik gejala tersebut, terdapat beragam faktor resiko yang menimbulkan terjadinya angin duduk dan cara mengatasi angin duduk tersebut harus memperhatikan beberapa faktor ini. Seperti kolesterol tinggi, kencing manis, merokok, dan kelebihan berat badan.

Lalu juga karena makan dalam jumlah besar, terpapar suhu yang sangat panas atau dingin, tekanan darah tinggi, stress, obesitas, riwayat jantung, kurang olahraga, dan usia 45 ke atas.

Penyebab Angin Duduk

Sebenarnya jantung membutuhkan cukup darah yang kaya akan oksigen. Biasanya penyebab angin duduk ialah terjadinya penyempitan pada pembuluh koroner. Penyebab terjadinya angin duduk ada 3 jenis, yaitu:

Baca Juga : 7 Cara Ampuh Mengatasi Masuk Angin

Angin Duduk Stabil

Angin duduk ini penyebabnya karena aktivitas fisik. Seperti berolahraga. Olahraga membutuhkan banyak oksigen dalam aliran darah. Ketika oksigen tersebut tidak tercukupi dan aliran darah tidak lancar, maka akan menyebabkan penyempitan pembuluh koroner. 

Hal lain yang memicu adalah makan berlebihan, merokok, udara dingin, dan stress. Cara mengatasi angin duduk tersebut dengan menghindari pemicu angin duduk itu sendiri.

Angin Duduk Tidak Stabil

Angin duduk biasanya dikarenakan timbunan lemak atau pembekuan darah yang menghalangi aliran darah. Biasanya dengan mengkonsumsi obat pun, angin duduk ini masih tetap ada. Bisa menjadi serangan jantung.

Angin Duduk Varian 

Pada kasus ini arteri jantung mengalami penyempitan akibat spasme pembuluh darah. Biasanya terjadi pada seseorang yang sedang istirahat. Kasus ini dapat mereda dengan mengkonsumsi obat.

Cara Mengatasi Angin Duduk

Baca Juga : Efektif dan Ampuh, Begini Cara Mengatasi Masuk Angin Tanpa Obat

Untuk mengurangi keparahan yang terjadi dan menurunkan resiko terkena serangan jantung, sebaiknya anda meninggalkan kebiasaan buruk dan lebih kepada pola hidup sehat. 

Ketika seseorang terserang angin duduk, sebaiknya segera cek ke dokter dan mengikuti prosedur tindakan resep dokter dengan mengkonsumsi obat-obatan nitrat.

Obat ini untuk melemaskan pembuluh darah yang kaku sehingga dapat kembali lancar dan nyeri cepat mereda. Contoh nitrogliserin. Ada juga obat pengencer darah. Obat ini mencegah penggumpalan darah. Contohnya aspirin, ticagrelor, dan clopidogrel.

Bisa juga dengan obat antagonis kalsium. Cara mengatasi angin duduk dengan obat yang berfungsi melancarkan aliran darah serta melemaskan sel-sel otot pembuluh darah. Contohnya diltiazem dan amlodipine.

Lalu dengan penghambat beta. Fungsi dari obat ini adalah menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. Berbeda dengan ACE inhibitor yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah.

Atasi juga dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, tidur yang cukup, menjaga berat badan agar ideal, mengelola stres, tidak merokok, dan membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak.

Ada beberapa angin duduk yang tidak dapat diredakan dengan obat, maka anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapat tindakan medis.

Nah, cara mengatasi angin duduk mampu memberikan pengetahuan kepada anda sehingga anda dapat mencegah terjadinya angin duduk dalam keluarga. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -