Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat, Begini Langkahnya

Cara Mengatasi Insomnia
Ilustrasi Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat. Foto: Net/Ist

Cara mengatasi insomnia tidak selalu harus menggunakan obat tidur atau obat-obatan lainnya. Mengatasi insomnia juga bisa Anda lakukan dengan aktivitas dan pola hidup yang baik.

Insomnia sendiri merupakan sebuah keadaan tubuh yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk tertidur.

Penyebab gangguan tidur cukup banyak dan pada umumnya terjadi karena gangguan psikologis, karena obat-obatan, gaya hidup tidak sehat hingga faktor lingkungan.

Selain itu, terdapat penyebab lain yang dapat meningkatkan resiko seseorang mengidap penyakit Insomnia Seperti perubahan hormon saat menstruasi bagi wanita atau karena usia.

Masalah tidur ini bisa menjadi gangguan terhadap kehidupan seseorang melihat dampak buruknya yang cukup berbahaya khususnya dalam aktivitas sehari-hari.

Beberapa dampak buruk tersebut adalah tingkat kecemasan yang tinggi, lebih mudah marah tanpa alasan yang jelas hingga sulit untuk berkonsentrasi.

Insomnia juga dapat menyebabkan seseorang memiliki nafsu makan berlebihan yang tentunya dapat berdampak terhadap Kesehatan.

Namun, meski dampaknya besar kita masih bisa mencegahnya dengan beberapa aktivitas dan pola hidup yang baik.

baca juga: Bahaya Tidur Setelah Subuh yang Harus Diwaspadai

Begini Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketika mengalami kesulitan untuk tertidur atau sedang mengidap Insomnia.

Kurangi Stress dan Cemas

Masalah pada tidur seringkali terjadi karena seseorang sedang mengalami stress atau cemas, beban pikiran yang terlalu banyak karena terlalu larut dalam masalah salah satu penyebabnya.

hal ini akan mengganggu fokus dan membuat tidak nyaman secara berlebihan, Inilah yang kemudian menyebabkan seseorang mengalami kesulitan tidur.

Jika stress dan sulit tidur secara terus-menerus, lama kelamaan akan berubah menjadi pola hidup yang buruk hingga berakhir dengan Insomnia.

Oleh karena itu, ketika Anda mengalaminya alangkah baiknya segera lakukan pencegahan dengan mengurangi stress sebagai cara mengatasi insomnia sejak dini.

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stress dan cemas adalah dengan memikirkan hal-hal lain yang lebih positif.

Jika stress bermula dari masalah dengan seseorang, berusaha memaafkannya akan menjadi penawar yang sangat ampuh supaya beban pikiran berkurang.

Selain itu, Anda juga bisa mencegahnya dengan melakukan aktivitas Bersama orang lain yang sekiranya menyenangkan dan jangan terlalu banyak menyendiri.

Membatasi Tidur Siang

Tidur siang bisa jadi waktu istirahat yang enak untuk mengurangi kelelahan setelah bekerja atau untuk menambah waktu tidur setelah lembur.

Namun berbeda ketika Anda sedang mengalami insomnia, tidur siang justru bisa memperburuk pola tidur dan dapat menyebabkan kesulitan tidur di malam harinya.

Sementara itu, pola tidur yang baik sangat penting untuk tubuh baik sedang mengalami masalah tidur ataupun tidak.

Oleh karena itu, membatasi tidur siang merupakan salah satu cara mengatasi insomnia supaya dapat tertidur di malam hari.

Bangun di Waktu yang Sama secara Konsisten

Seperti disinggung sebelumnya, pola tidur yang baik sangat penting untuk mencegah masalah tidur tersebut supaya normal kembali.

Nah, bangun secara konsisten setiap harinya merupakan salah satu cara menciptakan pola tidur yang baik dan lebih teratur.

Hal ini juga dapat melatih tubuh supaya kembali terbiasa dengan siklus tidur dan beraktivitas dengan normal seperti pada umumnya.

Setelah sudah bisa tidur di malam hari, Anda bisa mencoba mengatur waktu pada pukul berapa akan bangun setiap harinya.

Membatasi Nikotin dan Kafein

Cara mengatasi insomnia yang selanjutnya adalah dengan membatasi minuman yang mengandung kafein serta membatasi nikotin.

Kedua zat ini dapat merangsang otak untuk terus berpikir atau berimajinasi, sehingga jika mengkonsumsinya terlalu banyak Anda akan mengalami kesulitan tidur.

Sehingga mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan merokok akan memperparah Insomnia atau membuat Anda semakin sulit mengatur pola istirahat.

baca juga: Penyebab Penyakit Step Anak, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Berolahraga Secara Teratur

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan berolahraga, tentunya berolahraga secara teratur karena aktivitas yang terpola dengan baik adalah obat insomnia yang utama.

Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas serta durasi istirahat malam Anda menjadi lebih baik.

Kualitas tidur yang baik dan durasi tidur yang sama setiap harinya juga baik untuk menjaga Kesehatan tubuh.

Cara mengatasi insomnia dengan berolahraga serta mengatur pola hidup yang lainnya akan sangat efektif untuk memperbaiki kehidupan Anda tanpa perlu menggunakan obat. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid