Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Mudah

Cara Mengatasi Kulit Kering
Ilustrasi cara mengatasi kulit kering. Foto: The Indian Express

Cara mengatasi kulit kering bisa Anda lakukan dengan mudah tanpa memerlukan perawatan yang mahal. Kulit kering juga bisa kita obati dengan pengobatan rumahan.

Sebagian orang mungkin menganggap kalau perawatan untuk menangani masalah ini memerlukan biaya yang cukup besar.

Namun kenyataannya tidak selalu seperti itu, untuk kasus ringan seperti gatal-gatal atau hanya kering bisa kita tangani sendiri melalui aktivitas sehari-hari.

Pada kebanyakan kasus penyebab kulit menjadi kering adalah karena gaya hidup atau salah dalam menggunakan pelembab dan sabun.

Untuk kasus tertentu, penyebabnya bisa berawal dari penyakit serius seperti dertimatis atopik, ichthyosis atau parosis.

Ketika penyebabnya adalah masalah serius, membiarkannya akan mendatangkan masalah yang lain seperti dermatitis sehingga kulit mengalami gatal-gatal dan merah.

Oleh karena itu, mengetahui penyebab serta cara penanganannya dengan baik sangat kita perlukan agar hal-hal lainnya bisa kita cegah.

Namun kita tidak perlu terlalu khawatir untuk masalah kulit ringan karena penanganannya bisa kita lakukan dengan cara-cara yang sederhana.

baca juga: Cara Menghilangkan Daki Menggunakan 11 Bahan Alami

Beberapa Cara Mengatasi Kulit Kering

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat mengalami kulit kering, semuanya bisa dilakukan dengan mudah sehari-hari.

Memilih Kain Pakaian yang Sesuai

Sebagian orang terkadang memiliki kulit yang lebih sensitif, oleh karenanya kain yang tidak sesuai bisa saja membuat kulit bermasalah.

Kulit kering juga bisa bermula dari sini begitu pun masalah lain seperti gatal-gatal dan merah karena iritasi.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, penggunaan Kain katun atau sutra pada pakaian bisa jadi rekomendasi, pada umumnya kain ini baik untuk kulit.

Jenis serat pada kain jenis ini memungkinkan kulit untuk bernafas karena seratnya yang cenderung longgar mempermudah sirkulasi udara.

Sirkulasi udara yang memudahkan kulit untuk bernafas dapat menjaga kelembaban dan Kesehatan sehingga tidak membuatnya menjadi kering.

Menggunakan Humidifier

Cara mengatasi kulit kering dengan memperbaiki sirkulasi udara di ruangan bisa sangat efektif, karena sirkulasi udara yang baik juga baik untuk kulit seperti halnya pada penggunaan pakaian.

Udara yang panas dan kering bisa memperparah masalah ini, salah satu dampaknya adalah menjadi kering dan gatal-gatal.

Anda bisa memanfaatkan Humidifier untuk mengatur kelembaban udara atau peralatan lainnya yang bisa juga Anda gunakan.

Dengan mengatur kelembaban udara serta sirkulasinya Anda bisa mencegah masalah pada kulit termasuk kering dan gatal-gatal.

Namun, penting Anda perhatikan kebersihan dari pelembab udara ini, karena  udara yang lembab dan kotor menjadi tempat yang nyaman untuk pertumbuhan bakteri.

Batasi Waktu Mandi dan Gunakan Air Hangat

Mandi juga bisa jadi penyebab kulit kering ketika tidak Anda batasi waktunya terlebih ketika menggunakan air hangat.

Berendam di air hangat bisa menghilangkan minyak dari kulit meskipun di sisi lain ini memiliki manfaat terhadap Kesehatan.

Gunakan air hangat untuk berendam atau pada shower tidak lebih dari sepuluh menit ketika mandi dan jangan sampai terlalu panas.

Hindari Sabun yang Keras

Cara mengatasi kulit kering yang selanjutnya adalah dengan menggunakan sabun atau krim yang lembut untuk madi.

Sebaiknya menggunakan krim atau pembersih yang mengandung minyak serta lemak supaya kelembaban tetap terjaga.

Penggunaan sabun atau pembersih yang tidak tepat bisa membuat kulit semakin kering bahkan bisa terasa gatal setelah mandi.

Selain itu, hindari penggunaan deodoran, deterjen antibakteri serta pewangi dan pembersih yang mengandung alkohol.

Baca juga: Penyebab Komedo Putih dan Cara Mencegahnya yang Penting Diketahui

Gunakan Pelembab

Kelembaban kulit adalah hal ini untuk menjaga kulit tetap sehat, oleh karena itu menggunakan pelembab adalah cara mengatasi kulit kering yang cukup efektif.

Bahan yang ada di dalamnya membantu menjaga air supaya tidak keluar melalui penguapan dari permukaan.

Anda bisa mengoleskan pelembab beberapa menit sesudah mandi, namun sebelum itu keringkan dulu tubuh Anda dengan cara di Tepuk-tepuk supaya kelembabannya terjaga.

Setelah itu, oleskan krim pelembab untuk menambah kelembaban, usahakan pelembab yang berbahan petrolatum.

Selain bahan itu, kandungan gliserin, asam laktat serta urea juga bisa membantu menjaga kelembapan dan Kesehatan kulit.

Semua Langkah-langkah di atas bisa Anda lakukan untuk mengobati masalah yang tidak terlalu serius, untuk masalah serius sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

Itulah cara mengatasi kulit kering dengan hal-hal yang mudah untuk Anda lakukan sendiri tanpa memerlukan perawatan dengan harga yang mahal. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid