Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami dan Mudah

Cara Mengatasi Sakit Gigi
Ilustrasi Cara Mengatasi Sakit Gigi. Foto: Net/Ist

Cara mengatasi sakit gigi dengan baik juga bisa kita lakukan dari rumah. Cara  mengatasinya pun terbilang sederhana dan mudah untuk kita lakukan.

Namun, sebelum melakukan pengobatan sebaiknya kita cari tahu terlebih dahulu apa penyebab nyeri pada gigi.

Jika Anda mengalaminya, coba rasakan atau lihat bagian yang sakit, apakah sebabnya bengkak atau nyeri atau gejala lainnya.

Setelah mengetahui penyebabnya, kita bisa mencari cara terbaik untuk mengobatinya supaya tidak terasa sakit lagi.

Hanya saja, ketika sudah kita obati namun sakitnya masih bertahan berhari-hari, tentu yang terbaik kita lakukan adalah berkonsultasi ke dokter gigi.

Selain itu, untuk Anda yang sedang hamil, sedang menyusui atau sedang memiliki kondisi medis tertentu, lebih baik konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan cara berikut.

Baca juga: Kebiasaan Penyebab Kerusakan Gigi yang Jarang Disadari

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Saat Anda mengalami nyeri atau bengkak pada gigi berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan dari rumah untuk mengatasinya.

Menggunakan Kompres Dingin

Saat sakit gigi sedang benar-benar terasa, hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan kompres dingin pada area yang sakit.

Pada dasarnya, kompres dingin dapat membuat pembuluh darah area tersebut mengerut sehingga dapat meredakan rasa sakit.

Selain itu, sensasi dingin juga bisa berguna untuk mengurangi peradangan atau bengkak pada gigi yang biasanya menjadi penyebab rasa sakit.

Kemudian, jika nyeri penyebabnya berawal dari trauma, kompres dingin juga dapat membantu meringankan rasa sakit dan membuat lebih rileks.

Kantong Teh Peppermint

Cara mengatasi sakit gigi selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan sisa kantong teh peppermint dengan mendinginkannya.

Kantong teh peppermint dapat kita gunakan untuk mengurangi rasa sakit serta dapat juga menenangkan gusi yang sensitif.

Pengobatannya dengan ini juga cukup mudah, Anda hanya  perlu mendinginkan bekas kantong teh peppermint di dalam freezer, kemudian setelah beberapa menit tempelkan pada gigi.

Selain untuk mendinginkan, ini juga bisa berguna sebaliknya yaitu untuk menghangatkan dengan menggunakannya tidak lama setelah selesai membuat teh.

Memanfaatkan Bawang Putih

Bawang putih memang sudah terkenal memiliki anti bakteri dan pereda nyeri, oleh karena itu bawang putih juga bisa berguna untuk sakit gigi.

Cara mengatasi sakit gigi dengan bawang putih juga terbilang mudah, bahkan jika Anda sanggup bisa dengan mengunyah satu siung pada bagian yang sakit.

Tapi, ketika tidak kuat kita bisa menghancurkan bawang putih hingga halus seperti menyerupai pasta, kemudian oleskan pada gigi yang bermasalah.

Daun Jambu Biji

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sakit gigi yaitu dengan memanfaatkan daun jambu biji.

Daun ini mengandung Antimikroba yang bermanfaat untuk merawat mulut supaya tetap bersih dari bakteri yang bisa saja membuat gigi sakit.

Selain itu, Dedaunan ini juga mengandung anti inflamasi yang bisa merawat luka sehingga bisa berguna untuk mengobati bagian gusi jika ada luka akibat bengkak.

Pengobatan dengan ini bisa melalui dua cara yaitu dengan mengunyahnya secara langsung atau membuatnya menjadi obat kumur.

Untuk membuat obat kumur, Anda hanya perlu merebusnya setelah dihancurkan terlebih dahulu hanya jangan sampai halus.

Setelah selesai merebusnya, sisihkan air pada gelas secukupnya untuk berkumur, jangan membuang daun jambu biji dari airnya.

Ekstrak Vanili

Cara mengatasi sakit gigi lainnya yang dapat kita lakukan dari rumah adalah dengan menggunakan ekstrak vanili.

Kandungan alkohol yang terdapat dalam ekstrak vanili dapat membantu untuk meredakan nyeri, selain itu kandungan antioksidan-nya juga dapat bermanfaat.

Anda hanya cukup mengoleskan ekstrak vanili ke jari atau ke kapas untuk menggunakannya, kemudian tempelkan pada gigi yang berlubang atau bagian yang sakit.

Baca juga: Perbedaan Gigi Susu dan Gigi Permanen Dari Berbagai Segi

Menggunakan Air Garam

Membersihkan gigi menggunakan air gara merupakan cara populer untuk mengobati nyeri pada gigi dan terbilang cukup efektif.

Air garam secara alami merupakan sebuah disinfektan yang mampu melonggarkan partikel makanan atau kotoran yang ada di sela-sela gigi.

Partikel kotoran atau makanan yang longgar akan akan lebih mudah untuk Anda bersihkan untuk mengobati sakit gigi.

Untuk membuatnya  yaitu dengan mencampurkan setengah sendok teh garam terhadap 200 mililiter air hangat dan gunakan untuk berkumur.

Itulah cara mengatasi sakit gigi yang dapat kita lakukan di rumah untuk membantu meredakan atau mengobati sakit gigi sebelum terlalu parah. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid