Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Selalu Kekurangan

cara mengatur keuangan
Begini cara mengatur keuangan rumah tangga. Foto: Ist/Net

Mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga dengan baik sangat penting agar Anda tidak kehabisan uang pada pertengahan bulan. Dengan mengelola secara disiplin Anda juga bisa belajar menghargai uang hasil keringat Anda.

Mengelola keuangan tak hanya merupakan bagian penting dalam dunia usaha. Anda yang telah berumah tangga juga penting mengelola keuangan bulanan secara tepat. Ini terutama penting bagi Anda yang memiliki penghasilan rata-rata.

Bahkan sebanyak apa pun penghasilan Anda, tetap akan sulit untuk mengendalikan pengeluaran bulanan jika tidak ada pengaturan keuangan sebaik mungkin. Terlebih dengan banyaknya iming-iming iklan yang selalu menggoda.

7 Langkah Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Jika Anda masih kebingungan dalam melakukan pengaturan keuangan, berikut ini cara mengatur keuangan yang baik. Anda tinggal mengikuti saja cara pengaturan yang ada agar Anda tidak selalu mengalami kekurangan pada akhir bulan.

Buat Anggaran Bulanan

Membuat anggaran bulanan termasuk bagian penting dalam mengelola keuangan yang baik. Tanpa pembuatan rencana anggaran bulanan, Anda akan kesulitan memisahkan antara kebutuhan primer atau utama dan kebutuhan tersier yang tidak begitu penting.

Seringkali seseorang kehabisan uang sejak pertengahan bulan karena tidak bisa memisahkan kedua kebutuhan tersebut. Oleh karena itu catatlah apa saja kebutuhan primer untuk setiap bulan dan berapa kebutuhan dananya.

Setelah biaya dan anggaran untuk kebutuhan primer terpenuhi dan masih ada kelebihan uang, barulah Anda bisa menyisihkannya untuk kebutuhan tersier.  Seperti untuk shopping atau sekedar makan ke rumah makan bersama keluarga.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Keuangan dan Pentingnya untuk Kemajuan Bisnis

Segera Bayar Tagihan

Dalam cara mengatur keuangan juga penting memastikan untuk segera memisahkan uang untuk pembayaran tagihan bulanan terlebih dahulu. Hal ini penting untuk mencegah Anda kehabisan dana sementara tagihan bulanan belum terlunasi.

Jika Anda melupakan langkah demikian tentunya Anda sendiri yang akan merasakan getahnya. Termasuk risiko terhadap denda hingga pencabutan layanan yang Anda gunakan.

Dalam kehidupan berumah tangga, biasanya ada sejumlah tagihan yang wajib kita bayar setiap bulannya. Contohnya tagihan bulanan yang umumnya ada pada setiap rumah tangga seperti tagihan listrik, air, pulsa, dan telepon.

Sisihkan Untuk Tabungan

Tahapan cara mengatur keuangan yang tak kalah penting selanjutnya adalah menabung. Berapa pun penghasilan bulanan Anda, biasakan menyisihkannya untuk Anda tabung meskipun jumlahnya tidak besar.

Kebiasaan menabung secara tidak langsung akan mendidik Anda untuk berhemat. Pada sisi lain, jika tiba-tiba membutuhkan tambahan biaya, Anda tidak akan kesulitan karena memiliki persiapan dana berupa tabungan tadi.

Segera Lunasi Hutang

Berhutang sudah merupakan hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih pada momentum tertentu seperti tahun ajaran sekolah, saat puasa dan Lebaran, atau saat liburan. Yang penting Anda selalu bisa melunasinya.

Oleh karena itu, segera lunasi hutang Anda saat sudah memiliki dana. Jangan menundanya karena bisa saja uang tersebut habis terpakai untuk kebutuhan lain yang tidak begitu penting.

Baca Juga: Manajemen Keuangan Keluarga dan Manfaatnya untuk Masa Depan

Catat Pengeluaran Harian

Mencatat pengeluaran harian juga termasuk dalam cara mengatur keuangan yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Dengan mencatat pengeluaran, Anda bisa mengetahui barang-barang apa saja yang sudah Anda beli.

Dari catatan pengeluaran harian tersebut nantinya Anda bisa melakukan analisa barang-barang yang sudah terbeli padahal tidak terlalu penting atau karena Anda belum begitu membutuhkannya. Dengan begitu, Anda lebih bisa menghemat pengeluaran di kemudian hari.

Investasikan Uang Anda

Meskipun Anda sudah menabung uang Anda ke bank bukan berarti Anda tidak perlu berinvestasi. Sebab dengan berinvestasi, uang Anda bisa bertambah dengan cepat. Tentu saja Anda perlu menanam investasi pada bidang yang tepat.

Simpan Uang Receh Anda

Salah satu cara mengatur keuangan yang tidak kalah pentingnya untuk Anda perhatikan yaitu terkait dengan uang receh yang Anda miliki. Biasanya sehabis berbelanja Anda memiliki banyak uang receh.

Daripada membiarkan uang receh tercecer, tentu jauh lebih baik jika Anda menyimpannya ke dalam celengan. Meskipun uang yang Anda masukkan dalam celengan berupa uang receh, tapi seiring waktu tentu isi celengan akan semakin banyak.

Nah, nantinya uang hasil celengan tersebut bisa Anda gunakan untuk kebutuhan tersier Anda. Hitung-hitung sebagai simpanan sampingan untuk menyenangkan anak-anak dan istri.

Itulah beberapa tahapan cara mengatur keuangan rumah tangga yang bisa Anda lakukan. Setiap keluarga yang telah memiliki anak tentunya mempunyai banyak kebutuhan yang membutuhkan pengelolaan keuangan dengan baik. (R11/HR Online)

Editor: Jujang