Cara Mengganti Device ID Android dengan Mudah dan Aman

Cara Mengganti Device ID Android
Ilustrasi Cara Mengganti Device ID Android. Foto: youtube

Cara mengganti device ID Android merupakan salah satu hal penting yang perlu anda pahami. Dalam setiap perangkat smartphone ataupun tablet, maka akan memiliki satu baris angka serta huruf unik yang populer dengan sebutan ID device.

ID tersebut berfungsi sebagai identitas perangkat. Hal ini sama halnya dengan alamat IP pada saat terhubung ke internet. Dengan adanya ID device juga bermanfaat untuk membatasi aktifitas tertentu pada sebuah perangkat smartphone Android.

Sebagai contoh, membatasi satu perangkat untuk mendaftarkan lebih dari satu akun dalam aplikasi tertentu. Hal inilah yang seringkali dialami oleh perangkat Android.

Cara Mengganti Device ID Android

Secara umum dan legal, sebuah ID yang diperoleh tidak dapat diganti atau diubah secara sepihak oleh sang pemilik atau pihak lain.

Baca Juga : Cara Mengunci WA HP Android Sesuai dengan Merknya

Pasalnya, ID device merupakan salah satu identitas yang cukup vital. Sama halnya dengan nomor polisi pada kendaraan bermotor. Akan tetapi, bukan berarti anda tidak dapat mengubahnya sama sekali.

Terdapat beberapa cara mengganti device ID Android, yakni dengan menggunakan beberapa aplikasi serta fungsi root yang telah anda lakukan. Penting untuk anda ketahui bahwa penerapan tersebut juga memiliki resiko.

Resiko Mengubah Device ID Android

Jika anda mengubah atau mengganti ID device, maka kemungkinan besar file penting yang terdapat pada perangkat anda seperti video, gambar, aplikasi, atau yang lainnya dapat terhapus. Pasalnya, penggantian identitas akan mengikuti proses remove secara otomatis.

Baca Juga : Cara Menghapus Fingerprint Samsung dengan Mudah, Simak Ulasannya

Maka apabila anda benar-benar ingin melakukannya, pastikan terlebih dahulu untuk menyimpan semua data-data penting dengan baik. Atau melakukan back up ID device anda sebelum mengantisipasi hal-hal yang tidak anda inginkan.

Mengetahui Cara Mengganti Device ID Android

Untuk ubah device ID Android langkah penting pertama kali yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan fungsi rooting terlebih dahulu pada perangkat Android anda.

Langkah mengubah device ID Android selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi, baik aplikasi versi gratis atau berbayar. Keduanya memerlukan adanya rooting. Aplikasi yang dapat anda gunakan adalah ID Device Manager atau Android Id Charger.

Anda dapat mendownload salah satu aplikasi tersebut untuk mengubah device ID Android anda. Selanjutnya install aplikasi yang anda pilih, kemudian aplikasi dapat anda akses sebagaimanamestinya.

Cara Mengganti Device ID Android dengan Aplikasi Android ID Charger

Setelah proses install pada aplikasi Android ID Charger, maka anda dapat dengan mudah menggunakannya untuk mengubah device ID Android yang anda miliki. Caranya antara lain:

  1. Langkah penting yang perlu anda lakukan adalah dengan membackup terlebih dahulu device ID milik anda. Caranya dengan menekan tombol anak panah yang berada pada pojok atas.
  2. Selanjutnya, setelah menekan tombol anak panah pada tampilan aplikasi, maka anda dapat mengganti device ID milik anda dengan menekan tombol (+) yang berada di samping tanda panah yang anda tekan sebelumnya. Kemudian klik Save New ID.
  3. Langkah berikutnya, hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah dengan merestrat perangkat Android anda, maka mengubah device ID Android dengan menggunakan aplikasi Android ID Charger pun telah selesai.

Cara Mengganti Device ID Android dengan Menggunakan Aplikasi ID Device Manager

Salah satu aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mengubah device ID Android yang bernama ID Device Manager. Aplikasi ini sudah tersedia pada layanan Google Play Store secara gratis.

Akan tetapi, anda juga dapat menggunakan versi berbayarnya yang memperoleh kelengkapan fitur canggih. Namun di bawah ini kita akan membahas mengenai cara mengganti device ID Android dengan menggunakan aplikasi ID Device Manager versi gratis.

Jika anda telah menginstall aplikasi tersebut, maka anda dapat memasukkan ID device yang baru. Jika anda merasa kebingungan, maka anda dapat melakukan tap “random” untuk memiliki ID device versi terbaru.

Baca Juga : Menghilangkan Internet Positif Android Tanpa Aplikasi, Berikut Ulasannya!

Namun seperti langkah pada aplikasi lainnya, sebaiknya anda mencatat ID lama tersebut untuk mengantisipasi hal yang tidak anda inginkan yang mungkin terjadi pada sistem Android.

Seperti adanya masalah corrupt, error atau berbagai jenis masalah lainnya. Proses mengubah device ID Android dengan aplikasi ID Device Manager berikutnya adalah klik atau tap pada bagian fitur Generate ID.

Tunggu beberapa saat hingga proses generate dapat berjalan lancar. Lalu klik random pada Device ID. Jika proses pergantian selesai, maka akan muncul tampilan done. Hal ini tandanya cara mengganti device ID Android tersebut telah berhasil. ID identitas Android anda telah terganti secara otomatis. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

Aegis Boost Pro