Cara Menghapus Fingerprint Samsung dengan Mudah, Simak Ulasannya

Cara Menghapus Fingerprint Samsung
Ilustrasi Cara Menghapus Fingerprint Samsung. Foto: youtube

Cara menghapus Fingerprint Samsung dapat anda lakukan dengan mudah. Bagi para pengguna smartphone Samsung yang telah mengaktifkan fitur sensor sidik jari, tentu akan memperoleh manfaat dalam hal keamanan perangkat.

Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membuka smartphone ataupun mengunci aplikasi. Pada dasarnya, untuk mengaktifkan fitur sidik jari pada perangkat Samsung dapat anda lakukan melalui pengaturan kunci layar yang selanjutnya bisa anda setting.

Sedangkan smartphone Samsung yang telah memperoleh dukungan fitur Fingerprint, minimal telah memperoleh bekalan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow.

Akan tetapi, apabila anda merasa fitur ini tidak terlalu penting dan ingin menghapusnya dari perangkat anda, berikut ini akan kita jelaskan mengenai cara menghapus fitur sidik jari yang terpasang pada smartphone Samsung yang anda gunakan.

Cara Menghapus Fingerprint Samsung

Fitur pemindai sidik jari atau biasa disebut dengan Fingerprint merupakan salah satu fitur standar pada smartphone masa kini. Salah satu vendor yang tidak ketinggalan mengusung fitur ini adalah Samsung.

Fitur Fingerprint sangat praktis untuk anda gunakan. Hanya dengan menempel salah satu jari yang telah anda stel, maka anda langsung dapat mengakses smartphone yang anda gunakan.

Baca Juga : Pengaturan Cuaca di HP Samsung, Berikut Cara Mudah Mengaturnya!

Akan tetapi, jika anda tidak ingin menggunakan fitur ini pada perangkat anda dan ingin menghapus fitur yang telah terpasang pada HP Samsung, maka anda bisa menghapusnya dengan mudah.

Menghapus Fitur Fingerprint

Bagi anda yang ingin menghapus fitur sidik jari yang terlanjur terpasang karena fungsinya yang tidak maksimal pada smartphone Samsung yang anda miliki, berikut ini cara menghapus Fingerprint Samsung secara mudah, antara lain:

Hapus Fingerprint Melalui Pengaturan Fitur

Cara menghapus Fingerprint dengan menggunakan pengaturan fitur antara lain:

  1. Tap pada menu Pengaturan, pilih tombol Lock Screen and Security.
  2. Selanjutnya anda pilih opsi Fingerprints.
  3. Berikutnya anda dapat memasukkan PIN yang anda gunakan pada saat mengaktifkan Fingerprint di awal.
  4. Langkah selanjutnya, tap Edit yang terletak pada sudut atas serta pilih salah satu sidik jari yang telah ada. Sebagai contoh pada Fingerprint 1, kemudian anda pilih Remove guna menghapus fitur Fingerprint.

Cara Menghapus Fingerprint Samsung Melalui Info Aplikasi

Berikut ini cara menghapus fitur sidik jari yang terpasang pada smartphone Samsung, yaitu:

  1. Langkah pertama buka Settings, lalu Application Manager
  2. Dengan menggunakan cara ini, pastikan anda berada dalam tab All.
  3. Selanjutnya gulirkan ke bagian bawah, cari dan buka fitur sidik jari.
  4. Apabila anda sudah berada pada tampilan App Info, maka anda dapat tap tombol Clear Data.

Selanjutnya, setelah anda berhasil menghapus fitur sidik jari pada smartphone Samsung yang menggunakan sistem operasi Marshmallow, maka anda tidak perlu menggunakan pemindai pada saat akan membuka kunci layar.

Baca Juga : Filter Cahaya Biru Samsung, Ini Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkannya

Akan tetapi, jika suatu saat ini anda ingin menggunakannya kembali, anda dapat mengaktifkan ulang fitur Fingerprint sesuai dengan langkah awal.

Cara menghapus Fingerprint Samsung diatas dapat anda terapkan pada seri Galaxy S6, Galaxy J7 Prime, Galaxy J5 Prime, Galaxy A3, Galaxy S7, dan seri Galaxy lainnya.

Mengatasi Fitur Fingerprint yang Bermasalah

Selain dengan cara menghapus Fingerprint Samsung, anda juga dapat mengatasi fitur sidik jari yang sedang mengalami error tanpa harus menghapusnya.

Dengan demikian, anda dapat menggunakan kembali fitur tersebut pada perangkat anda. Langkah pertama, anda dapat mengecek secara kasat mata kondisi fisik pemindai sidik jari yang terdapat pada belakang ponsel.

Pastikan apakah banyak debu yang menempel pada alat scanner Fingerprint Samsung yang anda miliki. Jika alat pemindai terdapat di dalam layar atau sistem, pastikan kondisi layar tidak kotor serta tidak dalam kondisi basah.

Baca Juga : Kegunaan Smart Tutor di HP Samsung, Berikut Cara Menggunakannya!

Selain memastikan kondisi alat pemindai, anda juga perlu memastikan kondisi sidik jari anda. Terjadinya kegagalan saat memindai sidik jari pada perangkat, hal ini disebabkan oleh kondisi jari tangan yang kotor atau terlalu basah. Bisa juga adanya goresan pada jari yang kita integrasikan pada alat Fingerprint.

Masih banyak lagi tips untuk mengatasi error pada sidik jari HP Samsung, salah satunya adalah dengan melakukan flashing ulang HP Samsung atau penghapusan sistem dan install ulang. Dalam hal ini, anda dapat mengikuti cara menghapus Fingerprint Samsung di atas secara aman dan mudah. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto