Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Menghilangkan Trypophobia Sesuai dengan Penyebabnya

Cara Menghilangkan Trypophobia Sesuai dengan Penyebabnya

Cara menghilangkan trypophobia sebenarnya bisa saja dilakukan dengan anda tahu apa saja penyebabnya. Trypophobia itu sendiri merupakan perasaan takut terhadap lubang-lubang padat sebuah bidang tertentu.

Misalnya pada lubang buah stroberi, biji polong, sarang lebah, gelembung, dan sejenisnya. Bagi penderita ketika melihat beberapa hal tersebut, akan merasa jijik dan kurang nyaman. Sehingga seseorang tersebut akan mengalami trypophobia atau mual.

Trypophobia tidak seperti fobia pada umumnya. Namun, gangguan ini merupakan bentuk pengembangan rasa takut. Dimana gangguan tersebut dipicu oleh warna kontras dan bentuk tidak simetris.

Meski demikian, ada beberapa cara menghilangkan trypophobia yang bisa dilakukan. Anda bisa mengatasinya sesuai dengan seberapa parah kondisi itu terjadi.

Salah satu alasan timbulnya masalah ini karena sebenarnya struktur atau pola pada DNA manusia tidak berulang. Namun, ada juga yang beranggapan jika gangguan ini terjadi akibat naluri atau insting.

Secara alami, keadaan ini akan melindungi diri dari berbagai hal yang menurutnya berbahaya. Ada faktor lain yang bisa mengakibatkan hal ini terjadi, yaitu timbulnya rasa curiga.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Emfisema, Gejala dan Cara Pengobatan

Bahkan adanya pengalaman masa lalu juga bisa mengakibatkan hal tersebut terjadi. Ketika hal tersebut anda alami, jangan panik. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan.

Simak Cara Menghilangkan Trypophobia dan Penyebabnya

Trypophobia merupakan gangguan yang berhubungan dengan ketakutan dibawah sadar. Hal ini terjadi ketika seseorang merasa ketakutan ketika melihat pola bintik-bintik pada tubuh. Misal pada kalajengking atau ular.

Sehingga akan timbul rasa jijik atau takut ketika melihatnya. Bahkan hal ini juga bisa terjadi ketika seseorang tersebut melihat gambar-gambar yang berhubungan dengan hal ini.

Bahkan ada juga yang merasakan gatal atau sesuatu merayap pada kulitnya. Sehingga seseorang yang menderita hal tersebut juga akan merasa takut ketika melihat benda seperti gelembung sabun, spons, karang, dan jenis lainnya.

Ada kondisi terparah bagi penderita trypophobia yaitu merasa takut hingga tertekan. Selain itu, juga bisa timbul rasa mual, berkeringat, hingga panik.

Maka dari itu, jangan anggap remeh gangguan yang terjadi. Jika terjadi secara terus-menerus, bisa membuat seseorang depresi dan badan terasa lemas.

Bagi anda yang memiliki masalah ini, sebaiknya segera kunjungi dokter. Sebab, ada cara menghilangkan trypophobia dengan mudah.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Varises, Gejala dan Cara Mengobatinya

Terapi Trypophobia

Cara menghilangkan trypophobia yaitu dengan cara terapi pemaparan. Terapi tersebut merupakan sebuah teknik yang secara langsung penderita akan bertemu dengan benda yang ditakuti.

Sehingga penderita akan menghadapi ketakutannya dengan pendampingan oleh terapis. Penderita akan berdiskusi tentang apa saja yang terjadi ketika melihat hal tersebut.

Sehingga akan bisa dengan mudah menemukan pemicu dan penyebabnya. Bahkan lama-kelamaan jika berhasil, masalah tersebut bisa teratasi.

Benda dan situasi hanyalah berupa ilustrasi yang semakin lama menjadi kenyataan. Dengan begitu, tingkatan kesembuhan bisa lebih baik untuk para penderita.

Penyebab Trypophobia

Ada beberapa penyebab yang membuat penyakit ini timbul. Namun jangan panik, ada juga cara menghilangkan trypophobia. Sebenarnya timbulnya rasa takut dan jijik ini yang menjadi penyebab utama.

Sehingga ketika melihat gambar lingkaran, insting memerintahkan untuk menghindari pandangan tersebut. Otak akan merasa kesulitan saat mengamati susunan tersebut yang secara kontras dan acak.

Hal inilah yang menjadi penyebab trypophobia timbul. Asupan oksigen yang lebih banyak dibutuhkan untuk memproses informasi yang didapat.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Anosmia dan Cara Tepat Mengobatinya

Sedangkan otak juga menggunakan 20% energi tubuh. Penggunaan oksigen yang berlebihan dapat membuat gelombang otak menjadi kacau.

Sehingga mengakibatkan saraf otak tidak bisa bekerja dengan maksimal. Hal ini mengakibatkan penderita merasa sakit kepala, mual, pusing, dan cemas.

Selain itu, ada penyebab yang bisa menimbulkan masalah ini terjadi. Salah satunya yaitu pemicunya dengan adanya kenangan saat masa kecil dan pengalaman yang kurang menyenangkan.

Ada banyak jenis fobia serta gangguan kecemasan. Salah satunya yaitu trypophobia saat ketakutan terjadi ketika seseorang melihat benda berbentuk bulat.

Ketika anda merasakan terjadinya hal tersebut, sebaiknya untuk segera menghubungi dokter yang tepat. Sebab, jika ketakutan ini sering terjadi, bisa menimbulkan masalah yang semakin serius.

Dengan pengobatan yang tepat, tentu gangguan tersebut bisa teratasi secara cepat. Selain itu, anda juga bisa menggunakan cara menghilangkan trypophobia dengan terapi secara rutin. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru