Cara Menghindari Ghibah Berdasarkan Islam yang Wajib Anda Ketahui

Cara Menghindari Ghibah Berdasarkan Islam yang Wajib Anda Ketahui
Ilustrasi Cara Menghindari Ghibah. Foto: Ist/Net.

Cara menghindari ghibah adalah suatu hal yang harus benar-benar kita perhatikan. Karena menggunjing sendiri merupakan perbuatan tercela yang harus kita jauhi dan sebisa mungkin kita juga tidak melakukannya. Perbuatan tercela tersebut juga akan menimbulkan berbagai dampak negatif yang akan merugikan diri kita sendiri.

Ghibah satu kata penuh dosa ini terkadang orang-orang itu tidak sadar ketika melakukannya. Pasalnya, perbuatan ini terkesan sepele. Tapi dalam Islam, perbuatan ini sangat-sangatlah dilarang.

Baca juga: Adab dan Keutamaan Berdoa dalam Islam

Beberapa Cara Menghindari Ghibah yang Wajib Anda Ketahui

Dari ghibah, maka akan terbentuklah kelompok persatuan dan kesatuan dalam waktu seketika saja. Bahkan meskipun awalnya kita tidak kenal atau berteman, bisa saja langsung akrab karena perbuatan tercela tersebut. Bisa juga kita sudah kenal dan berteman lama rusak hanya karena menghasut. Astaghfirullah.

Berikut ini ada beberapa cara menghindari ghibah yang bisa anda terapkan pada diri anda sendiri atau bisa juga disampaikan kepada keluarga dan teman.

Bergaul dengan Orang Baik

Pada kenyataannya, pergaulan merupakan suatu hal yang dapat membawa dampak besar untuk kehidupan kita, terutama dalam kehidupan sehari-hari.

Intinya jika anda bergaul dengan orang-orang baik (baik kelakuan maupun lisannya) mau tidak mau, ingin tidak ingin, tanpa anda sadari juga bahwa anda akan mengikuti mereka.

Tetapi apabila anda bergaul dengan orang-orang yang berkelakuan buruk atau tidak baik, kepribadian anda pun juga akan terbentuk sesuai dengan pergaulan anda tersebut.

Jika teman-teman anda baik dan berakhlakul karimah serta paham tentang agama islam, In syaa Allah tidak akan mengajak anda menuju sesuatu yang dapat mengurangi pahala. Inilah cara menghindari ghibah.

Sedangkan orang-orang yang kurang baik plus tidak memahami betapa dosa besar jika ia melakukan perbuatan ghibah, ada kemungkinan bahwa ia akan mengajak dan menjerumuskan ke dalam neraka jahannam.

Baca juga: Keutamaan Surat Fatihah Serta Keistimewaannya

Menjaga Lidah

Berhati-hatilah dan cobalah berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Hal tersebut juga perlu anda tanamkan sejak dini atau semenjak masih kecil.

Karena ketika berhati-hati dan memikirkan dahulu apa yang akan kita katakan dan lakukan, bisa membantu anda untuk menghindari hasut.

Ketika anda menyadari dan mengetahui bahwa apa yang akan anda bicarakan itu hal yang buruk, sebaiknya anda menggunakan cara menghindari ghibah dengan menjaga lidah dan lisan ini.

Ajarkan kepada diri dan tanamkan dalam hati bahwa kita hanya akan mengatakan sesuatu hal yang baik-baik dan tidak merugikan kita.

Dari Sahl bin Sa’ad Radhiyallahu ‘anh, Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

Selalu dan Terus untuk Introspeksi Diri

Introspeksi adalah suatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan dalam cara menghindari ghibah. Pada kenyataannya yang terjadi justru malah seperti ini. Orang-orang lebih banyak dan lebih suka menilai orang lain daripada dirinya sendiri.

Banyak orang juga yang pandai mengkritik perbuatan orang lain mana yang salah dan benar, tapi lupa mengkritik dirinya sendiri. Na’udzubillahi mindzalik.

Baca juga: Keutamaan Shalawat Munjiyat dan Kisahnya

Larangan untuk Tidak Menggunjing

Agama Islam adalah agama yang kaffah. Oleh karena itu, Allah melarang umatnya untuk menjauhi segala sesuatu yang akan menambah dosa. Salah satunya adalah menggunjing.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Hujurat ayat 12:

Cara Menghindari Ghibah

Setelah anda mengetahui bahwa menggunjing itu merupakan perbuatan tercela dan Allah melarangnya, mulai saat ini mari biasakan diri kita sendiri untuk menjauhi dosa besar yang dapat mengurangi pahala kita ini. Dengan mengamalkan cara menghindari ghibah tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid