Cara Menyembunyikan Nomor HP Saat Menelepon, Simak Penjelasannya

Cara Menyembunyikan Nomor HP
Cara Menyembunyikan Nomor HP. Foto: Ist/Net

Cara menyembunyikan nomor hp pada saat menelepon orang lain cukup mudah anda lakukan. Artinya, anda dapat membuat panggilan telepon private number dengan orang lain.

Maka nomor ponsel anda tidak akan tampil pada ponsel orang yang sedang anda telepon. Hal ini sebenarnya bukanlah hal yang baru pada dunia komunikasi dengan menggunakan ponsel.

Pada awalnya, untuk dapat melakukan privat number atau memprivasi nomor telepon, maka pengguna harus memasukkan kode tertentu.

Baca Juga : Aplikasi Pelacak Nomor HP Anonim, Bisa Mengetahui Identitas Penelepon Misterius

Akan tetapi, masing-masing perangkat Android yang hadir dengan berbagai merk mempunyai pengaturan sendiri untuk memprivasi nomor ponsel.

Ini Dia Cara Menyembunyikan Nomor HP Saat Telepon

Private number merupakan fitur yang sebelumnya ada pada featured phone yang dapat membuat nomor tidak tampak ketika menelepon orang lain.

Membuat telepon pribadi dengan sembunyikan nomor ponsel ketika menelepon seseorang memiliki beragam tujuan. Antara lain untuk menghindari balasan teleponnya serta cegah nomor ponsel anda tersimpan pada kontak penerima telepon dari anda.

Dengan privat number, maka anda dapat buat nomor ponsel anda tersembunyi sehingga pihak penerima telepon tidak mengetahui nomor ponsel anda.

Cara ini juga dapat anda manfaatkan ketika anda ingin membuat kejutan orang-orang terdekat anda saat menelepon mereka.

Baca Juga : Begini Cara Jitu Mengaktifkan WhatsApp Tanpa Nomor HP

Akan tetapi, terdapat resiko dari memprivasi nomor ponsel saat menelepon seseorang. Resiko tersebut adalah penerima telepon terkadang enggan untuk mengangkat panggilan tersebut, karena identitas pemanggil atau penelepon tidak dikenal.

Cara Menyembunyikan Nomor HP pada Android

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fitur privat number atau yang sering disebut dengan unknown number berguna untuk tak menampilkan nomor ponsel pada layar ponsel si penerima telepon.

Baca Juga : Cara Melacak Nomor HP dengan Mudah, Cepat, dan Akurat

Pada umumnya, pada HP penerima akan muncul tulisan “nomor tidak diketahui” pada saat terjadi panggilan telepon dari anda. Terlepas apapun alasan melakukan private number, hal ini memang sangat menguntungkan bagi sebagian orang.

Cara menyembunyikan nomor HP saat menelepon mungkin memiliki perbedaan antara merk HP yang satu dengan yang lainnya. Yang pasti, pengguna harus merubah ID pemanggil atau Caller ID terlebih dahulu.

Identitas anda tidak akan kelihatan meskipun melakukan beberapa kali panggilan. Berikut ini cara menyembunyikan nomor HP saat telepon pada Android, antara lain:

  1. Langkah pertama dalam menyembunyikan nomor telepon Android berbeda dengan saat menggunakan cara kode-kode layaknya pada HP jadul.
  2. Langsung saja masuk pada menu Pengaturan atau Settings pada smartphone anda. Kemudian masuk pada opsi “Panggilan atau Call”.
  3. Langkah berikutnya anda akan menuju pada menu pengaturan telepon, lanjut pada opsi “Additional Settings”.
  4. Setelah masuk pada menu Additional Setting, maka anda dapat melakukan tap pada opsi “Caller ID” untuk mencari menu privat number.
  5. Pada tampilan berikutnya, anda akan memperoleh 3 opsi yakni Network Default, Hide Number, dan Show Number.
  6. Untuk dapat menyembunyikan nomor telepon, maka anda dapat memilih “Hide Number”.
  7. Langkah terakhir, maka anda dapat langsung menelepon ke nomor yang akan anda hubungi. Secara otomatis nomor anda tidak akan tampil pada layar penerima telepon pada saat anda melakukan panggilan telepon.

Cara Menyembunyikan Nomor HP pada iPhone

Selain pada panggilan Android, anda juga dapat memprivasi nomor ponsel pada perangkat iPhone. Caranya pun cukup mudah, berikut ini cara mudah menyembunyikan nomor ponsel pada iPhone, antara lain:

  1. Langkah pertama pergi ke menu Settings serta pilih opsi Phone untuk melakukan pengaturan panggilan.
  2. Kemudian atur caller ID pada iPhone, anda tinggal pergi ke opsi “Show My Caller ID”.
  3. Untuk aktivitas telepon supaya nomor tidak anda ketahui pada perangkat iPhone, maka langkah yang harus anda lakukan adalah menonaktifkan Show My Caller ID dengan menggeser toggle.
  4. Secara otomatis nomor ponsel tidak akan nampak pada nomor ponsel penerima.

Namun bagi anda yang lebih suka menggunakan dial up, sebagai cara menyembunyikan nomor HP saat menelepon seseorang, maka anda dapat menggunakan kode *31# (nomor yang anda tuju). Cara dial up terbukti efektif untuk melakukan panggilan ke satu nomor tujuan saja. Akan tetapi, jika anda tidak hafal dengan nomor yang akan anda tuju, maka cara dial up malah akan menjadi lebih ribet. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto