Cara Meredam Panas Kabin Mobil dengan Cepat dan Mudah

Cara Meredam Panas Kabin Mobil dengan Cepat dan Mudah
Ilustrasi cara meredam panas kabin mobil. Foto: Ist/Net

Cara meredam panas kabin mobil bisa anda lakukan dengan beberapa cara. Hal ini untuk dapat menunjang kenyamanan dalam kendaraan.

Meski sebagian besar orang sering mengabaikannya, namun hal ini justru penting. Kondisi kabin mobil yang terasa panas memang sering sekali terjadi.

Mungkin untuk sebagian orang, hal ini hanya dibiarkan saja. Bahkan justru timbul rasa panik saat mengalami kondisi tersebut. Padahal suhu yang panas justru akan mengganggu kenyamanan berkendara.

Sebenarnya hal ini wajar, apalagi ketika anda memarkirkannya pada tempat outdoor. Sehingga akan dengan mudahnya terpapar sinar matahari.

Sebagian besar pecinta otomotif tentu banyak tahu bagaimana cara meredam panas kabin mobil. Sebaiknya anda juga melakukan hal tersebut agar kenyamanan berkendara bisa anda dapatkan.

Baca Juga : Efek Peredam Kap Mesin, Mampu Menjaga Suhu Komponen Kendaraan

Apalagi jika mobil anda kenakan untuk perjalanan jauh, tentu akan mengganggu perjalanan. Bahkan jika hal ini anda tidak segera tangani, bisa menimbulkan masalah pada komponen dalam kabin.

Salah satunya yaitu merusak perlengkapan dalam kabin. Sebagai pemilik kendaraan dan sering melakukan perjalanan, sebaiknya anda bisa mengatasinya.

Dengan membuat kabin terasa tidak panas, tentu mampu meningkatkan kenyamanan berkendara. Sehingga anda akan merasa nyaman meski berkendara dalam waktu lama.

Tutorial Cara Meredam Panas Kabin Mobil dengan Cepat

Kabin mobil yang panas memang sangat mengganggu orang yang ada dalam kendaraan. Sehingga pengemudi dan penumpang akan merasa kurang nyaman karena kondisi tersebut.

Selain itu, masalah ini juga bisa mengakibatkan perlengkapan mobil di dalamnya mudah rusak. Salah satu yang bisa mengalaminya yaitu AC.

Sebab, komponen tersebut memiliki peranan yang cukup penting guna mendinginkan ruang kabin. Namun, jika AC bekerja secara terus-menerus, tentunya akan mudah rusak.

Bahkan fungsinya pun tidak bisa bekerja secara optimal. Bagi anda yang masih sering bingung untuk mengatasinya, kini bisa lega. Sebab, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, antara lain:

Gunakan Kaca Film

Cara meredam panas kabin mobil yang pertama yaitu dengan menggunakan kaca film. Menggunakan komponen tersebut memang menjadi cara yang cukup ampuh untuk mengatasi masalah suhu yang panas.

Baca Juga : Cara Cek Kompresi Mesin Diesel, Mempengaruhi Proses Kerjanya

Sehingga membuat kabin terasa lebih sejuk. Bahkan jika kaca film yang digunakan semakin gelap, akan menghalangi mobil terpapar sinar matahari langsung.

Sebaiknya anda pilih komponen tersebut yang berkualitas baik. Selain itu, sebaiknya perhatikan juga dari segi kenyamanan saat mengemudi.

Jangan biarkan komponen tersebut mengganggu jarak pandang anda. Namun, mobil yang berfungsi untuk mengangkut penumpang, biasanya harus mengikuti standar kegelapan kaca film mobil.

Parkir di Tempat Teduh

Ada cara meredam panas kabin mobil yang lain dan perlu anda perhatikan yaitu tempat parkir. Sebaiknya selalu usahakan untuk meletakkan mobil pada tempat yang teduh.

Hal ini bertujuan agar mobil tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Sehingga bisa melindungi mobil agar catnya tidak mudah rusak.

Dengan begitu, anda tidak akan menggunakan AC dalam jangka waktu yang lama. Sehingga AC pun bisa lebih awet tahan lama.

Peredam Panas

Beberapa cara memang perlu anda gunakan untuk dapat meredam panas pada bagian dalam kabin. Salah satu cara yang bisa anda gunakan yaitu dengan memasang peredam panas

Namanya juga meredam sehingga bisa mengatasi suhu panas dalam kabin. Bentuk dari komponen tersebut yaitu berupa alumunium foil lembaran yang bisa terpasang pada beberapa bagian.

Misalnya bagian dinding, atap, mesin, bahkan lantai mobil. Saat anda ingin membelinya, biasanya sudah diberikan ekstra pemasangan sekalian. Itulah cara meredam panas dalam kabin mobil.

Jok Mobil Berkualitas

Bagian komponen jok mobil memiliki peranan yang penting ketika suhu kendaraan bagian kabin terasa panas. Maka dari itu, sebaiknya untuk memilih jok mobil berkualitas yang bagus.

Baca Juga : Cara Kerja AirBag Mobil, Fungsinya Sebagai Fitur Keselamatan

Sehingga mampu menyerap suhu panas dengan cepat. Selain itu, saat berada dalam kendaraan pun, anda akan tetap merasa nyaman duduk meski cuacanya panas.

Pemilihan jok mobil ini memang berperan penting. Sehingga anda perlu memberikan pemilihan tepat pada semua komponen.

Ada banyak hal yang perlu anda perhatikan guna mendapatkan kenyamanan saat berkendara. Salah satunya yaitu menggunakan cara meredam panas kabin mobil. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto