Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Simpan APAR di Mobil, Letakkan pada Tempat yang Terjangkau

Cara Simpan APAR di Mobil, Letakkan pada Tempat yang Terjangkau

Cara simpan APAR di mobil tidak bisa sembarangan. Padahal alat ini wajib anda letakkan untuk mengantisipasi jika suatu saat terjadi kebakaran. Namun, sayangnya masih banyak pemilik mobil yang enggan meletakkan komponen tersebut pada kendaraan.

Sehingga, saking pentingnya, maka APAR yang memiliki ukuran bervariasi tersebut wajib ada dalam mobil.

Anda bisa meletakkan peralatan tersebut pada kendaraan dengan ukuran dimensi yang cocok sesuai ukuran kabin. Akan tetapi, saat pemasangan, anda perlu memperhatikan beberapa hal.

Pada umumnya, pemasangannya bisa anda sesuaikan dengan klasifikasinya. Agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya, sebaiknya pemasangan APAR, anda letakkan dekat pengemudi.

Baca Juga : Beberapa Fungsi Roof Box Mobil yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Sebab, lokasi penyimpanan ini memiliki peran penting dalam efektivitas untuk mengatasi kebakaran. Jika anda ingin meletakkan barang tersebut, sebaiknya tahu juga cara simpan APAR di mobil yang tepat.

Mengapa hal ini harus anda perhatikan? Sebab APAR harus terpasang dengan baik, mudah terjangkau, dan tidak terpapar sinar matahari.

Sebenarnya peletakan APAR bisa dimana saja. Semua bisa anda sesuaikan dengan ukuran dan kenyamanan saat penggunanya beraktivitas.

Sebaiknya anda simpan alat pemadam kebakaran tersebut pada kendaraan. Hal ini bertujuan agar jika terjadi kebakaran pada kendaraan, anda bisa segera mengantisipasinya.

Bagaimana Cara Simpan APAR di Mobil?

Kasus kebakaran mobil memang sering sekali terjadi. Hal ini harus menjadi peringatan bagi anda untuk lebih berhati-hati. Keadaan seperti ini bisa terjadi kapan dan dimana saja.

Maka dari itu, sebaiknya cari cara untuk bisa mengatasinya lebih cepat. Salah satu anjuran yang bisa anda lakukan yaitu meletakkan APAR pada kendaraan.

APAR merupakan alat pemadam kebakaran yang bisa anda simpan di kabin mobil. Saat ini perlengkapan pemadam ini memang wajib ada dan tersimpan dalam mobil.

Baca Juga : Pengharum Mobil Terbaik, Begini Tips Memilih yang Aman

Sehingga ketika muncul percikan api pada mobil, anda bisa memanfaatkannya. Namun, saat anda meletakkannya jangan simpan sembarangan.

Sesuaikan dengan ukuran dan kemudahan untuk menjangkaunya. Sebaiknya anda simpan APAR pada tempat yang tepat. Anda bisa meletakkannya di bawah jok penumpang depan atau pengemudi.

Jika tidak, anda juga bisa menyimpannya pada bagasi bagian atas. Sebaiknya simpan pada lokasi yang mudah terjangkau sehingga semakin memudahkan ketika anda butuhkan.

Jenis APAR Sesuai Klasifikasinya

Pemasangan APAR pada mobil sebaiknya anda sesuaikan dengan klasifikasinya. Berikut ini ada beberapa jenis APAR yang memiliki klarifikasi 3 macam, antara lain:

1. Material Foam

APAR jenis yang pertama yaitu material foam yang biasa untuk memadamkan api yang tidak memiliki arus listrik. Misalnya pada kain, jok, plastik, dan bahan bakar.

Jenis yang satu ini menjadi pilihan tepat pada kebakaran yang disebabkan oleh bahan bakar. Sesuaikan dengan jenis kebakaran yang terjadi, baru anda bisa gunakan cara simpan APAR di mobil.

2. Dry Material Powder atau Bubuk

Cara simpan APAR di mobil memang tidak bisa sembarangan. Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan higienis dan ukurannya. Namun, pada umumnya anda perlu meletakkannya pada tempat yang terjangkau.

Untuk jenis yang satu ini biasa untuk semua jenis sumber api. Misalnya ketika terjadi konsleting, plastik, kain, dan paling tepat untuk material plastik.

3. Material Gas CO2

Pada jenis yang ketiga ini merupakan APAR yang bisa bermanfaat untuk segala jenis kebakaran. Bisa untuk jenis kebakaran plastik, konsleting, dan kain.

Selain itu, jenis yang satu ini juga menjadi pilihan tepat untuk memadamkan api yang bersifat elektrika. Selain itu, jenis APAR juga bisa digolongkan menjadi 5 fungsi pemadaman api.

Jenis tersebut antara lain kayu/kertas/kain, bahan bakar, komponen kelistrikan, komponen metal/lithium, dan minyak masak/lemak. Semua jenis APAR memiliki fungsi yang berbeda.

Tujuan anda tahu jenis APAR untuk mobil nantinya bisa memudahkan dalam mengantisipasi kebakaran. Apalagi saat ini peristiwa kebakaran itu sendiri sering sekali terjadi.

Agar tidak terjadi hal buruk, maka wajib adanya alat pemadam api ringan pada mobil. Dengan mengetahui jenisnya, hal buruk tidak akan terjadi.

Baca Juga : Fungsi Kondensor AC Mobil dan Cara Perawatannya

Sebab, jika kandungannya kurang tepat, maka justru bisa merusak komponen lainnya. Misal pada bagian kelistrikan justru bisa terjadi hal yang lebih merugikan.

Sebaiknya ketahui jenis dan cara simpan APAR di mobil agar bisa berfungsi dengan tepat. Peralatan keselamatan ini wajib ada pada mobil. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img